Search This Blog

Thursday, 15 December 2016

10 Cara Mengubah Hidup Kamu Hari Ini (1)

 Mulai Perbaharui Hidupmu Menjadi Lebih Baik


Kitabahagia.com- biasanya neh, setiap akhir pekan eh menjelang akhir tahun, Kiba suka tuh menelusuri kisah sepanjang tahun 2016. Mulai dari pencapaian hingga kegagalan. Sebab, tidak ada hidup yang sempurna dan seratus persen bahagia selama 12 bulan atau sepanjang tahun. Sebagai manusia, pastinya Kiba juga berusaha untuk terus mengubah kehidupan yang terpuruk menjadi lebih baik.


Sayangnya, ada saja orang yang melakukan jalan pintas yakni dengan bunuh diri. Bahkan, Kiba tak menyangka pemeran Anandi juga melakukan hal itu. Bunuh diri karena putus cinta di bulan April 2016 lalu. Ironis, sekelas artis bisa bertindak dramatis. Apa yang salah dengan dunia ini? Eh, dengan diri kita? Nah, Kamis ini, Kiba ingin berbagi cerita, motivasi atau pandangan bagaimana kita bisa mengubah hidup kita hari ini di mulai dengan diri kita sendiri.

 
Kiba tahu, setiap orang memiliki problem kehidupan yang berbeda. Persoalan Kiba belum tentu dialami oleh temans semua, tetapi yakinlah apapun itu pasti selalu ada cara mengubah hidup kita hari ini menjadi lebih baik. Dimana itu harus dimulai dari diri kita sendiri. So, are you ready to know about this?

Baca juga: Kisah Inspirasi Batu, Kerikil dan Pasir

 Cari Makna Kehidupan

Baca juga: Filosofi Kehidupan Daun Pandan

Tiap orang terus mencari makna kehidupan bagi diri mereka, termasuk Kiba. Karena itu, ada baiknya luangkan waktu dengan memilah apa yang penting dalam kehidupan kita dan mengapa hal itu penting? Ingatlah! Apa yang ingin kita capai dalam hidup kita? Apa impian kita? Apa yang membuat kita merasa senang? Makna kehidupan akan memberikan kita pencapaian tujuan dan menetapkan arah bagaimana kita inginkan dalam kehidupan kita.

Ciptakan Mimpi 

Kiba masih ingat, ketika masih anak-anak, Kiba suka melamun sepanjang waktu, memikirkan sesuatu hal yang tak pasti. Melamun akan masa depan. Puji Tuhan, beberapa hal mimpi di masa kanak-kanak tercapai, walaupun semua tidak abadi. Seperti, mimpi menjadi guru, penulis dan jurnalis. Tidak disangka, mimpi yang hanya sekedar mimpi menjadi kenyataan. Nothing imposible if you believe it, tetapi seiring kita beranjak dewasa, mimpi itu hanyalah mimpi. Bahkan, beberapa temans Kiba takut bermimpi. Oh, ghosss, please you are not one of them. Come on! Ciptakan mimpimu dan capailah mimpimu, temans. Tidak perlu takut untuk menciptakan mimpimu.

Based on my experience: Kiba selalu menuliskan perencanan atau mimpi apa yang ingin di raih. Nah, misalnya mimpi tahun 2016 tidak teralisasi semua. Maka sisa mimpi itu akan dimasukan ke dalam perencaan 2017. Menuliskannya di beberapa tempat, misalnya menempel di dinding kamar dan buku note dimana akan dibuka dan dilihat pertama kali.

Baca juga: Travel seorang diri bagi wanita

Tetapkan Tujuan  Untuk Mencapai Impian  

Mimpi bukan sekedar mimpi, melainkan menggengam mimpi menjadi nyata. Karena itu, terapkan tujuan untuk mencapai impian menjadi kenyataan. When read about this, kita berpikir itu sangat sederhana dan mudah. Namun, dalam prosesnya tidaklah mudah. Karena itu, terapkan tujuan untuk mencapai impian tersebut. Kiba selalu membuat tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Hal itu untuk memudahkan Kiba menggapai impian Kiba. Kalau temans?

Based on my experience: dalam proses pencapaian tujuan selalu saja ada perubahaan. Kiba selalu fleksibel dengan pengaturan untuk mencapai tujuan yang Kiba inginkan. Sebab, kita tidak pernah tahu perubahaan apa yang terjadi di masa depan. Seperti, Kiba meninggalkan pekerjaan impian Kiba, ketika tiba-tiba Kiba mendapatkan kabar bahwa papa meninggal dunia. Kiba pulang kampung dan masih terdampar di kampung ini. Padahal, pekerjaan impian Kiba sudah didepan mata dan tinggal di kota metropolitan dengan berbagai tujuan dan ambisi yang ada.

Baca juga:  Kebersihan Pangkal Kecantikan

Lepaskan Rasa Penyesalan

Sebagai manusia biasa, Kiba menyesal menolak pekerjaan impian tersebut. Tetapi, menyimpan penyesalan hanya akan membuat Kiba tidak merasa bahagia. Jadi, Kiba terus mencoba dan berusaha melepaskan rasa penyesalan tersebut. Sehingga, Kiba bisa merasakan kebahagiaan baru.  Memang, penyesalan hanya akan menghambat kita dalam menjalani kehidupan. Penyesalan adalah peristiwa masa lalu dan jika kita menghabiskan seluruh waktu kita dengan berpikir tentang masa lalu. Maka, kita akan kehilangan masa sekarang dan masa depan. Sebab, kita  tidak dapat mengubah apa yang kita lakukan atau tidak lakukan di masa lalu. Satu-satunya cara dengan  membiarkannya pergi. Kitalah yang memiliki kendali di dalam kehidupan kita. Karena kitalah yang menjalani kehidupan ini di masa sekarang maupun masa depan. 

Baca juga: Manfaat Pelukan bagi kita
Based on my experience: Bagaimana Kiba bisa move on dari rasa penyesalan yang mendalam. Karena keputusan yang salah. Sebenarnya, Kiba enggan berbagi rahasia ini hehehe..... tetapi, karena kebaikan adalah sumber kebahagiaan, Kiba mau menceritakan berdasarkan pengalaman Kiba. Kiba menuliskan di kertas dan kemudian membakar kertas itu sebagai tanda pengucapan selamat tingal selamanya.  

Pilih Hal yang Menakutkan dan Lakukan
Pernah tidak kita melakukan sesuatu di luar zona nyaman kita? Jika belum pernah, let’s do it! Pilih hal yang menakutkan diri temans dan lakukan hal itu. misalnya saja, Kiba tidak suka tidak bisa memasak. Sewaktu di rantau, Jakarta mau tidak mau Kiba harus memasak dan pergi ke pasar tradisional. Jadi, kiba mulai menelusuri pasar tradisional yang sumpek dan apek. Bahkan, becek. Mencoba menawar barang dengan harga yang masuk di akal. Keluar dari zona nyaman. Biasanya, Kiba selalu bangun jam 6 atau bahkan jam 7. Karena, kerja di Jakarta dan macet. Kiba harus bangun jam 4 pagi untuk membuat bekal makan siang dan mandi lebih awal. Keluar dari zona nyaman. Hal itu, sangat menakutkan bagi Kiba. Untunglah, sekarang telah berakhir untuk sementara waktu.  


Nah, temans, buatlah daftar hal-hal menakutkan yang ingin temans lakukan dan hal apa yang sangat menakutkan bagi temans. Misalnya, tempat tidak berani berbicara di depan umum. Nah, temans bisa memulai dari situ.  Jangan pernah berhenti melakukan hal-hal menakutkan karena jika kita melakukannya hidup kita akan menjadi puas dan nyaman.



Untuk lima poin ke depannya kiba akan sambung Kamis depan, so don’t miss it to visit my blog. Sometimes, we need out from comfortable zone.

Salam dan Tetap Bahagia





1 comment:

  1. Aku setuju banget Mbak.
    Pengalaman pilih hal yg menakutkan dan lakukan kualami waktu ngetor jadi trainer. Ngomong depan orang tuh plekak plekuk duer deh. tp heran juga kok ketrima jadi trainer. Ada senior trainer yg aku curhatin, terus nasehatnya masih kuingat sampai sekarang. Takut? lakukan! dan bener mbak ituh!!! manjur banget

    ReplyDelete

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia


Follow by Email

Teman yang Bahagia

Google+ Followers

Subscribe