Search This Blog

Thursday, 1 December 2016

Tips Travel Seorang Diri Bagi Perempuan

 Bahagianya  Menikmati Kebebasan Seorang Diri


Kitabahagia.com- Desember adalah momen terindah dalam hidup Kiba, ingin rasanya mengulang kembali kenangan saat melakukan perjalanan seorang diri. Walaupun masih sebatas lokal, maksudku masih di negara tercinta kita Indonesia.

Tidak heran, jika setiap orang menginginkan ME TIME!  Baik perempuan maupun pria. Sayangnya, hanya segelintir atau sekian persen saja perempuan yang berani traveling seorang diri. Padahal, sangat menyenangkan melakukan perjalanan seorang diri. Nah, Kiba mau berbagi pengalaman apa yang harus kita pertimbangkan saat berpergian seorang diri, khususnya saat kita menuju lokasi, daerah atau negara yang belum pernah kita kunjungi.


Baca juga: Pulau Penyengat Warisan Budaya Melayu

Let’s check this out on berbagi pengalaman dalam Kamis indah.  Apakah temans seorang wanita yang sedang mempertimbangkan untuk bepergian seorang sendiri? Jika jawabannya YES, maka temans dapat  melakukannya dengan aman. Tidak peduli  lokasi, negara, atau  bagian dari dunia mana temans hendak bepergian. Namun, ada beberapa hal yang semua wanita harus ingat ketika temans akan bepergian.

#1 Selalu Katakan kemana kita akan pergi dan apa yang akan kita lakukan
INGAT! Temans ini adalah hal yang paling penting untuk diingat! Apabila, temans hendak berpergian  seorang diri. Selalu, pastikan untuk memberitahu temans atau keluarga apa yang akan temans lakukan setiap hari. Tidak butuh waktu lama, mengirim WA, SMS, Email tentang apa saja rencana yang akan dilakukan hari ini.


Pengalaman Kiba: Kiba memang baru beberapa kali keluar negeri, lah, lokal aja belum semua dijelajahi atau dikunjungi. Dulu, selalu membuat planning dengan temans, mau liburan ke sana dan ke mari tetapi selalu berujung GATOT (Gagal Total). Akhirnya, Kiba mencoba untuk melakukan perjalanan seorang diri. Puji Tuhan, semua berjalan dengan baik. Kiba selalu memberitahukan kepada orangtua melalui SMS atau telepon singkat bahwa Kiba berencana hari ini jalan ke Kawah Putih. For example.

 #2 Berpikir Cerdik saat menulis status di Sosial Media
Zaman sekarang, siapa seh yang tidak suka pamer posisi kita sedang berada di mana. Apalagi, saat sedang liburan, internet sudah dengan mudah tersambung di ponsel pintar. Check in menunjukan keberadaan kita disuatu tempat. Nah, temans tahan diri ya untuk tidak check in dalam status di sosial media. Hal ini bertujuan, lebih baik hanya temans dekat saja yang mengetahui keberadaan kita. Sebab,  Siapa saja di media sosial dapat melihat apa yang kita lakukan atau di mana kita berniat untuk pergi. Hal ini juga untuk menghindari kita dari niat jahat atau orang asing yang hendak berencana jahat pada kita.  


Pengalaman Kiba: Kiba jalan-jalan seorang diri, senang dan bangga akan hal itu. Rasanya pengen check in atau buat status di semua sosial media yang kiba punya, tetapi kiba mencoba menahan diri. Bagaimana, jika ada yang berniat jahat, bukankah niat jahat itu ada karena ada kesempatan? Jadi, Kiba posting foto setelah Kiba pergi ke daerah berikutnya.
Baca juga: Filosopi Kehidupan Daun Pandan

#3 Selalu Beli Asuransi Perjalanan
Nah, kalau yang ini sangat penting, jika kita berpergian keluar negeri. Asuransi perjalanan benar-benar layak. Jika kita mendapatkan apes seperti mengalami tindak kejahatan atau kecelakaan, asuransi bisa  menyelamatkan hidup kita. Jika bagasi kita hilang, atau jika kita berakhir di rumah sakit, maka asuransi perjalanan akan menutupi semuanya.

Sebelum temans membeli asuransi perjalanan, selalu melakukan penelitian sebanyak yang kita bisa ya. Karena beberapa asuransi mungkin tidak mencakup apa pun yang bena-benar kita butuhkan dalam mengcover perjalanan kita.
 

Pengalaman Kiba: Kiba tidak pernah membeli asuransi perjalanan, sebab Kiba hanya jalan-jalan ke Singapura dan Malaysia dan hanya untuk dua hari saja. Sehingga, kiba pikir tidak butuh asuransi. Berbeda dengan pengalaman teman Kiba yang membeli asuransi untuk perjalanan ke Australia. Saat itu, sedang musim dingin, dia ternyata tidak tahan dengan cuaca dingin. Liburannya berhimbas pada flue berat yang mengakibatkan dia harus di rawat di RS. Untung ada asuransi perjalanan yang mengcover biayanya. Jika tidak, duh biaya  pengobatannya sangat mahal.

Biar tipsnya tidak kepanjangan, Kiba akhiri tiga poin saja. Mudahan di lain kesempatan Kiba bisa menambahkan beberapa poin lagi. Hidup adalah anugrah, menikmati hidup adalah kebutuhan. Sebab, manusia ditakdirkan untuk mencapai kebahagiaannya sendiri. 


Salam dan Tetap Bahagia




Image Credit - Featured, 1, 2, 3, 4, 5

6 comments:

  1. Aku belum pernah bepergian sendiri yang jauh2 Mbak. Takut...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe doeluuu aku juga berpikiran seperti itu.... tetapi saat melakukannya. Ternyata sangat menyenangkan

      Delete
  2. Traveling sendiri awalnya bikin was" karena takut kalau nanti ada apa" selama perjalanan, tp setelah mencobanya bikin ketagihaann. Karena quality timeee banget sama diri sendiri 😁 bebas bisa kemana aja tanpa saling tunggu 😇

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali.... setuju mbak. Awalnya wonder gitu ya tapi setelah dilakoni jadi seperti candu. Mau lagi... lagi dan lagi.... sebab sudah merasakan dampak positivenya

      Delete
  3. yang terpenting hati-hati serta waspada saat perjalanan, tutup rapat celah yang mengundang perhatian banyak orang

    ReplyDelete
  4. @ Bro Trik Pos
    saran yang bagus bro

    ReplyDelete

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia


Follow by Email

Teman yang Bahagia

Google+ Followers

Subscribe