Search This Blog

Thursday, 9 February 2017

Mengobati Dan Mencegah Kesepian

Jangan Sampai Rasa Kesepian Membuat Sakit

Kitabahagia.com- Sudah tidak sabar untuk membaca kelanjutan dari Kamis lalu mengenai Apakah Kesepian Berpengaruh pada Kesehatan?  Dan Kiba menjanjikan di Kamis Manis di bulan Penuh Cinta ini, Kiba akan memberikan jawaban dari cara mengatasi dan mencegah kesepian. Tidak bisa dipungkiri, bahwasanya manusia adalah makhluk sosial yang mengadalkan keamanan, kenyamanan di dalam kehidupan. Sehingga, sebagai manusia  kita bisa merasakan kesepian.


Kesepian itu sendiri adalah  buah dari pemikiran yang berkaitan dengan perasaan sedih ataupun tertekan terhadap diri sendiri. Bahkan merasa terasaing dari dunia luar. Seperti, bully yang kerap terjadi di antara anak sekolah. Ini juga bisa menyebabkan keputusasaan bagi korban bully. Nah, kamis manis ini tidak perlu mengulang terlalu panjang terkait artikel Kamis lalu. Sebab, teman bisa membacanya kembali di sini.

Kali ini, Kiba datang dengan tips cara mengatasi kesepian yang bisa temans terapkan dalam keseharian.  Semoga tips ini bisa bermanfaat bagi temans yang sedang merasa galau dan kesepian ya.

Kenali Dan Pahami Kesepian
Kenali kesepian sebagai tanda bahwa sesuatu telah mengubah kehidupan temans dan memahami efek  kesepian dalam kehidupan teman miliki, baik secara fisik dan mental.


Kata Kiba: Kesepian yang kerap Kiba rasakan adalah ketika kehilangan seorang sosok ayah dalam kehidupan Kiba. Kiba merasa sunyi dan sepi. Karena sosok ayah bagi Kiba adalah sosok yang luar biasa. Setelah Kiba mengenalisa perasaan sedih dan kesepian itu, baru Kiba bisa melangkah lebih jauh untuk keluar dari pemikiran yang merongrong diri Kiba untuk selalu merasa sepi dan bersedih.

Terhubung atau Tidak Terhubung dengan  Teman Dan Keluarga
Fokus pada pengembangan kualitas hubungan dengan orang-orang yang berbagi sikap yang sama dengan teman, seperti memiliki kepentingan yang sama, dan nilai-nilai yang sama dengan temans sekalian. Memiliki kontak atau hubungan dengan orang yang memiliki minat, interest dan hobi yang sama dengan teman untuk mencegah kesepian dan perasaan terisolasi.


Kata Kiba: Kiba pindah lagi dari kota besar dan kembali ke kota mungil. Kiba merasa terasing dan seorang diri. Kiba mencoba untuk menghubungi beberapa teman lama Kiba dan alhasil. Kiba tidak merasa terisolasi atau kesepian. Jadi, bagi teman yang merasa kesepian dan merasa tidak memiliki seorang teman. Boleh kontak Kiba koq, GRATIS tidak bayar via EMAIL. Karena, Kiba tahu bagaimana rasanya tidak memiliki orang yang bisa memahami teman dan mendukung temans bukan menjudge teman dari apa yang mereka lihat.

Hang Out dan Nikmati Hidup
Terkurung dalam rumah dan tidak pernah keluar akan membuat temans merasa depresi dalam kesunyian dan kesedihan mendalam. Cara mengatasinya dengan pergi keluar, hang out dengan menghadiri kegiatan Sosial, berolahraga, bahkan sesekali teman bisa mengunjungi rumah seorang teman atau bahkan menjadi tenaga sukarelawan untuk membuang aura kesepian yang bisa menyebabkan teman sakit. Jika dipendam berlarut-larut.


Kata Kiba: Jangan menolak atau enggan untuk pergi keluar. Sekedar shopping atau bahkan Cuma window shopping. It’s ok. Setidaknya keluar dari ruangan tempat teman merasa depresi. Nikmati hidup, entah pergi seorang diri atau bersama kawan dengan membuat janji terlebih dahulu. Tidak ada masalah, pergi, nikmati waktu dan lebih berguna lagi jika teman bisa membuat kegiatan sosial atau bahkan menjadi tenaga sukarela agar teman bisa merasakan makna kehidupan yang lebih dalam lagi.

Sukarelawan
Tadi, sudah Kiba singgung mengenai Sukarelawan. Membantu orang lain adalah cara yang bagus untuk membantu teman merasa lebih terhubung. Jadi, cobalah untuk keluar dari zona kesedihan dengan melakukan kegiatan yang positif.


Temans tahu kesepian  dapat memiliki efek negatif yang besar pada tubuh kitta, tetapi dengan kontak sosial, beberapa efek buruk bisa dihentikan. Lebih dari apa pun, obat untuk kesepian  terletak bagaimana kita membuat siklus negatif dari pemikiran yang menciptakanny, hilang dari pemikiran kita. Namun, jika kesepian dan isolasi sosial yang menyebabkan temans merasa tertekan, temans harus mendiskusikan kekhawatiran temans dengan  ​​konselor atau orang yang terpercaya. Jika tidak ada orang yang bisa dipercaya. Teman bisa menghubungi Kiba. Kiba senang bisa membantu.




Salam dan Tetap Bahagia

 





Jangan lupa berkunjung juga ke kotacinta dan  Blog Rumpi   temukan artikel menarik lainnya




4 comments:

  1. aku kadang lebih bisa menikmati kesepian di banding dengan keramaian
    dalam hening banyak yg bisa kita lakukan
    yah tp bukan berarti menutup diri begitu kan?

    ReplyDelete
  2. @mbak Maya
    menikmati kesepian dan merasa kesepian adalah hal yang berbeda mbak :)

    ReplyDelete
  3. Kalau kesepian, lakukan apa yg nggak bisa kita lakukan pada saat kita sibuk dengan orang. Biasanya sih saya gtu, lumayan waktu jd produktif lagi

    ReplyDelete
  4. @ Mbak Amanda
    Benar banget mbak, jadi semua di nikmati saja ya :) karena hidup terlalu indah untuk perasaan sedih

    ReplyDelete

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia



Follow by Email

Teman yang Bahagia

Google+ Followers

Subscribe