Search This Blog

Tuesday, 6 September 2016

Memanfaatkan Blog sebagai Portofolio Online



Mengenal Sosok Inne dalam Ngeblog


Kitabahagia.com~ Adanya perubahan teknologi seiring waktu tentunya memudahkan pengguna dalam memanfaatkan sarana dan fasilitas yang ada. Karena tidak ada lagi batasan dalam mengakses informasi dan mendapatkan maupun berbagi informasi. Hal itu juga dirasakan Inne.

“Sebagai ibu rumah tangga sekaligus freelancer, blog sangat penting bagi saya karena dapat membuka wawasan serta menjadi "portofolio" online,” ungkapnya.

Diakui Inne, perkembangan dunia teknologi yang semakin pesat membawa perubahan dalam proses perekrutan tenaga pekerja lepas.

“Dulu, kami harus membuat penawaran dan menyerahkan CV secara fisik. Sekarang, hanya dengan membuat profil di LinkedIn, menyisipkan akun sosial media dan membuat website sendiri, pihak pemberi order dapat melihat dan menguji kemampuan yang saya punya secara online,” paparnya.


Adanya perubahan teknologi, dirasakan Inne sebagai dampak positif. Hal itu membuatnya lebih bebas “bergerak” dan tidak ada batasan ruang dan lokasi. Hal itu tentu saja menunjang dirinya yang berstatus sebagai pekerja lepas alias freelance.

“Bahkan kadang tidak memerlukan wawancara atau pertemuan secara langsung. Cukup memanfaatkan aplikasi video-call. Jadi menurut saya, blog adalah salah satu komponen vital dalam kehidupan online saat ini,” aku Inne.


Tentu saja, perkembangan teknologi jika dimanfaatkan dengan baik. Memudahkan ruang aktivitas baik dalam mendapatkan pertemanan, rejeki dan juga meningkatkan kemampuan. Karena banyak hal positif yang bisa dirasakan bagi pengguna internet aktif maupun pasif. Hal itu tentu saja akan mendatangkan kebahagiaan tersendiri bagi pengguna internet. Yang memanfaatkan fasilitas yang ada.


“Yang membuat saya bahagia saat menulis blog adalah ketika pengunjung dapat mengambil manfaat dari informasi yang saya bagikan,” ungkap Inne.


Internet sebagai wadah internasional yang menyajikan beragam informasi, tentunya banyak hal yang bisa dipetik. Karena itu, Inne selalu memberikan informasi dengan gaya bahasa yang ringan tetapi sarat informasi. Tidak hanya itu saja, Inne juga berbagi trik bagaimana pembaca tertarik untuk berkunjung ke rumah maya.

Cara saya untuk membuat pembaca betah dan setia untuk membaca blog saya adalah rajin menulis dan membuat postingan baru. Tidak setiap hari, namun minimal seminggu sekali saya usahakan dapat menampilkan tulisan baru disana,” terang Inne.


Tentu saja, walaupun tidak setiap hari update di rumah mayanya, Inne selalu menyajikan tulisan dengan gaya bahasanya dan menjadikan blognya berbeda dengan yang lain. “Saya selalu menuliskan "Just My Two Cents" di akhir artikel yang saya postkan di blog saya,” ucapnya.


Bagaimanakah versi kebahagiaan menurut seorang Inne yang selalu memiliki kesibukan sebagai seorang ibu, dan juga pekerja lepas dan bahkan di undang ke beberapa acara sebagai pembicara. “ Tips kebahagiaan versi saya adalah dengan mensyukuri setiap nikmat yang Allah titipkan kepada kita. Sebagai manusia, tentulah sudah kodrat kita untuk tidak pernah puas dengan semua pencapaian duniawi yang ada. Namun, jika kita bersyukur dan selalu melihat ke bawah, maka kebahagiaan itu akan datang sendiri tanpa harus dicari ataupun dikejar. Karena, kebahagiaan datang dari diri sendiri, bukan dari orang lain,” jelasnya.


Memang kehidupan adalah milik kita, bagaimana kita menerima dan menyikapi kehidupan tergantung daripada diri kita sendiri. Karena itu cara yang mudah yang dimaksudkan Inne adalah bersyukurlah apa yang dimiliki, bukan pada apa yang dimiliki orang lain yang membuat kita selalu merasa kurang. Tetapi dengan melihat kebawah, kita akan merasa bersyukur dengan segala bentuk kehidupan yang datang kepada kita. Apabila kita memandang keatas maka kita tidak akan pernah merasa bahagia, karena kehidupan dirasa tidak membawa kebahagiaan pada diri kita. Karena kita hanya memandang apa yang tidak dimiliki.


Tidak terlepas apapun gaya kehidupan kita, tetapi berbagi adalah salah satu langkah untuk mendapatkan kebahagiaan, termasuk dalam dunia blogger. “Supaya banyak pengunjung yang tertarik untuk membaca blog saya, biasanya saya akan membagikan posting terbaru di akun media sosial yang saya punya,” ucap Inne.


Penasaran ingin mengetahui rumah maya Inne. Kira-kira Inne memiih menggunakan domain apa ya? “Saya memilih TLD inne.web.id karena saya ingin menjadi seorang blogger profesional dan menunjukkan keseriusan saya dalam dunia blogging,” tukasnya.


Ingin mengenal Inne lebih dekat, langsung saja yuk capcus ke rumah mayanya www.inne.web.id pasti temans akan mendapatkan berbagai informasi yang berguna dikala waktu luang. Jadi, mari bertandang dan menambah pertemanan di dunia ngeblog.


Salam Bahagia


2 comments:

  1. sama-sama mba Inne, terimakasih atas waktunya. Terus berkarya dan menikmatin kesenangan dalam menulis

    ReplyDelete

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia



Follow by Email

Teman yang Bahagia

Google+ Followers

Subscribe