Mengambil yang Positif Menjadi Bahagia

Friday, 2 September 2016 2 comments


Mengenal Vety Fakhrudin Lebih Dekat
 
Kitabahagia.com-  Berawal bergabung pada salah satu komunitas yang berisikan para emak-emak, disitulah awal ketertarikan Vety Fahrudin ke dunia ngeblog. Menulis menjadi bagian dari hobinya untuk mendatangkan kebahagiaan tersendiri, disela kesibukannya sebagai seorang ibu.

“Saya tertarik dalam dunia blog awalnya, karena saya melihat salah seorang teman saya dari komunitas the sunduler. Yang beranggotakan emak-emak dengan dua balita berjarak usia dekat,” paparnya.

Diakui Vety Fahrudin, bermula dari bergabung pada sebuah komunitas dan melihat temannya  bisa "menghasilkan" dari hobi menulisnya. Membuatnya tertarik untuk menjadi bagian dari dunia para blogger.

Sebelum langsung terjun pada dunia blog, Vety Fahrudin menggali berbagai informasi terlebih dahulu. “Saya bertanya-tanya  tentang hobi menulisnya hingga saya mengenal dunia blog,” tuturnya.
Tentu saja dengan banyak bertanya dan mendapatkan beberapa support, masukan dan melihat beberapa teman di komunitas the sunduler yang ternyata, saat itu mengalami sedikit kesulitan saat mencari info yang spesifik mengenai kesundulan.

Hal itu membuat dirinya tertarik untuk menulis berbagai hal yang berhubungan dengan kehidupan emak-emak kesundulan. “Walaupun awalnya saya mengangkat tema kesundulan, tapi pada akhirnya terkadang ada tema umum yang saya bahas,” aku Vety Fahrudin.

Meskipun begitu, Vety Fahrudin tetap berusaha untuk tetap menulis  tema kesundulan agar tetap bermanfaat untuk teman-teman di komunitas. “Semakin kesini, saya melihat prospek blogger ternyata patut diperhitungkan, terutama untuk blog berniche travelling dan makanan,” paparnya.

Sehingga yang awalnya dirinya membuat blog sundulerparents.com dengan niche gado-gado. Ia pun mencoba peruntungan membuat satu blog lagi dengan url rafifjalanjalan.com “Ini yang sedang saya usahakan untuk fokus ke niche travelling atau wisata,” ujar Vety Fahrudin.

Sebagai seorang ibu, tentu saja Vety Fahrudin memiliki kesibukan yang tidak bisa dibayangkan. “Dengan keruwetan, saya menjalani aktivitas seharian, ngeblog membuat saya lebih berwarna,” ucapnya.

Diakui Vety Fahrudin, dengan melakukan kesibukan yang digemarinnya, dirinya bisa menuangkan segala beban yang ada dipikiran.

Karena itulah, Vety Fahrudin selalu menulis hal-hal yang bersifat positif. Walaupun hal itu tidaklah mudah. “Beberapa waktu lalu saya sempat miss komunikasi dengan salah satu teman di medsos (FB), yang berakhir saya disindir-sindir habis-habisan,” tuturnya.

Sebagai manusia, Vety Fahrudin mengaku sempat ingin marah, merasa kecewa dan ingin membalas sindirannya melalui FB juga. Namun hal itu tidak dilakukannya. “Menurut saya jika saya membalas hal itu, itu tidak menyelesaikan masalah. Sehingga saya mencoba mengambil hikmah dari kejadian tersebut. Saya mencoba melihat dari segi sisi positif yang kemudian bisa saya tuangkan menjadi tulisan yang bersifat positif,” jelas Vety Fahrudin.

Tentu saja, tidak ada manusia yang merasa bahagia jika dipojokan, namun hal bijak yang dilakukan untuk tetap bahagia adalah mengabaikan hal-hal negatif, dan menyalurkan menjadi hal yang positif. “Begitu aura negatif marah yang sebelumnya bercokol dalam hati saya berubah menjadi aura positif yang bisa mendatangkan kebahagiaan untuk saya termasuk anak-anak dan suami saya,” ucap Vety Fahrudin.

Ngeblong selalu mendatangkan kebahagiaan tersendiri bagi para blogger. Walaupun setiap tujuan para blogger berbeda-beda. Itu juga lah yang dirasakan Vety Fahrudin. “Dengan ngeblog saya juga bisa berbagi pengalaman yang mungkin bermanfaat untuk teman-teman saya pada khususnya dan pembaca lain pada umumnya,” ungkapnya.

Menulis di dunia digital tentu mengharapkan adanya pengunjung di blognya. Sehingga blog itu tidak hanya dijadikan tempat jurnal harian online. Melainkan menjadi suatu wadah yang berguna dan bermanfaat bagi diri sendiri dan juga orang lain. Nah, ini dia siasat yang dilakukan Vety Fahrudin agar pembacanya tertarik untuk terus berkunjung.

“Kalau usaha saya sih salah satunya dengan membuat url blog yang unik seperti pada sundulerparents.com, dengan harapan jadi bikin penasaran pembaca. Sebaliknya untuk rafifjalanjalan.com saya mencoba memberi nama yang lebih Indonesia agar lebih mudah diingat,” jelasnya berbagi informasi pada kitabahagia.com

Tidak hanya itu saja, Vety Fahrudin  juga berusaha terus  memperbaiki tampilan blog, mempelajari tema apa saja yang paling diminati, dan tentunya berusaha memperbaiki kualitas tulisan dari yang di posting pada blog miliknya.


“Saya sih maunya all out dalam memperbaiki kualitas tulisan di blog saya. Sehingga saya berusaha mengikuti kelas blog yang beberapa kali diadakan teman-teman blogger. Saya juga berusaha berguru kepada teman-teman blogger di beberapa komunitas blog yang saya ikuti, agar saya lebih punya gambaran blog yang bagaimana yang bisa memikat para pembaca,” tuturnya.

Disamping itu usaha yang dilakukan seorang Vety Fahrudin dengan berkonsultasi pada seorang temannya. “Saya memiliki seorang teman yang dulunya pernah bekerja di bidang jurnalistik. Beberapa kali  saya masih kena tegur, karena menurutnya tulisan saya ada beberapa yang bertele-tele, sehingga rawan membuat pembaca bosan dan malas kembali ke blog saya. Ah saya sendiri masih harus banyak belajar,” ujarnya.


Makna kebahagiaan setiap orang berbeda, bagaimana makna kebahagiaan versi Vety Fahrudin?  “Versi kebahagiaan, saya mengutip slogan ibu saya saja, bahwa kebahagiaan itu tidak bisa dicari namun bisa diciptakan. Jadi sebenarnya kebahagiaan dalam kehidupan itu tergantung dari bagaimana kita menjalaninya,” terang Vety Fahrudin.


Vety Fahrudin menceritakan, pernah suatu ketika ada seorang teman yang selalu mengeluh tentang kehidupannya, disitu temannya yang lain pernah berkata kepadanya (saya anggap nasehat juga sih untuk saya), intinya janganlah kita terlalu terus-terusan meratapi hidup kita seakan-akan kita hidup paling sengsara didunia ini. Padahal masih banyak yang lebih sengsara dari kita.

“Menurutnya daripada mengeluh lebih baik mensyukuri apa yang sudah kita dapat. Dengan kita mengeluh dan terus-terusan meratapi hidup secara tak langsung kita mensugesti hal-hal negatif pada diri kita, hal itu tentunya akan mendatangkan aura negatif juga ke kita. Kalo lagi suntuk minimal bagi senyumlah jangan malah murung,” tegasnya.


Walaupun mengaku sebagai newbie dalam ngeblog, Vety Fahrudin tetap mau berbagi kebahagiaan dalam menikmatin keasyikan ngeblog. “Saya juga newbie sih, tapi beberapa kali saya perhatikan artikel saya yang paling rame dikunjungi salah satunya yang mengupas tentang profil orang-orang yang memiliki banyak fans di medsos. Selain itu ternyata artikel review produk yang diminati ibu-ibu (ini karena kebetulan blog saya lebih ke arah blog ibu-ibu kali ya) juga lumayan bisa mendatangkan banyak pengunjung,” akunya.


Diakui Vety Fahrudin, dirinya lebih memilih TLD (Top Level Domain) karena mengikuti saran mentor  di kelas blogger yang diikutinya saat pertama kali terjun di dunia ngeblo. “Waktu jaman saya benar-benar mulai dari nol. Menurutnya jika kita menggunakan domain .com lebih dilirik oleh pembaca,” paparnya.

Ia menambahkan, memang menggunakan .com memang keliatan lebih keren. Selain itu juga beberapa agency pemberi job review biasanya memang lebih tertarik dengan blog ber TLD.

“Hal ini saya simpulkan dari beberapa tawaran job review yang selalu mencantumkan syarat minimal blog harus TLD,” tukasnya.

Mau mengenal Vety Fahrudin lebih jauh lagi? Kenapa tidak langsung saja bertandang ke rumah mayanya yang beralamat di sundulerparents.com tentu saja di url yang satu ini, temans akan mendapatkan banyak informasi terkait dunia parenting. dan  rafifjalanjalan.com yang memang spesial untuk membahas mengenai jalan-jalan | Walaupun memiliki dua blog sekaligus. Vety tetap konsisten pada hobinya yang mendatangkan kebahagiaan.

Kebahagiaan di mulai saat kita merasakan kebahagiaan berbagi dengan yang lain. Walaupun terkesan berbagi adalah hal yang sederhana. Namun, makna dan rasa bagi yang memberi dan menerima sangatlah mendalam pada kedua orang tersebut. Nah, teman blogger yang lain mau mengikutin jejak mereka dalam berbagi kebahagiaan. Silahkan mengirimkan email ke kitabahagia.com dan mari rasakan berbagi kebahagiaan, walaupun hanya sekedar berbagi hobi dan kesenangan dalam blogging.

Salam Bahagia

2 comments:

Post a Comment

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia