Bersihkan Pantai hingga Penanaman Pohon

Monday, 12 December 2016 2 comments
HUT Pertamina ke 59 di Tanjunguban

Kitabahagia.com- Sabtu (10/12) pagi kemarin, aku dan empat teman lainnya pergi ke Tanjung Uban, tepatnya di Kampung Bugis untuk menghadiri acara ulang tahun Pertamina ke 59. Oh iya, aku ke sana dalam rangka “tamu” undangan yang di khususkan untuk komunitas blogger Kepri. Jadi, dari Batam ada 11 orang lainnya. Beberapa belum aku kenal dan sudah bisa dipastikan, acaranya sungguh menawan. Dimana Pertamina memang menyelenggarkan kegiatan Ulang tahun yang ke 59 ini dengan tema #PertaminaBersihPantai.

sapu-sapu, bersih-bersih pesisir pantai sakera rangkaian HUT Pertamina

Otomotis berdasarkan tema tersebut, sudah bisa ditebak dong? Benar, kegiatan utamanya adalah membersihkan bibir or kita bisa menyebutnya pesisir pantai. Kegiatan ini, dilakukan serentak di lima kota. Nah, beruntung dari lima kota tersebut, Kepulauan Riau (Kepri) juga terpilih sebagai ajang kegiatan memeriahkan HUT Pertamina ke 59. Begitu, kami tiba, wow, sudah ramai orang yang datang, mereka tampak antusias, salut.....
 
maaf, jangan arahkan pandangan pada pipi tembebku tapi backgroundnya ya hehe


Musik dari kejauhan terdengar samar-samar, karena masih pagi, sehingga bisa melihat sekeliling dahulu. Jadi, aku melihat stand UKM Kabupaten Bintan yang dibuat space khusus. Dimana, mereka memamerkan hasil kerajinan tangan dan juga produk pangan yang bisa dikatakan sebagai oleh-oleh. Pulau Bintan terkenal dengan makanan lautnya, sehingga “limbah” alias sampah tersebut bisa terbilang WOW, aku rasa double wow. Karena itu, UKM ini bergerak dibidang memanfaatkan limbah laut.

Nah, jangan membayangkan limbah laut itu tidak bisa diolah menjadi karya yang luar biasa. Sisik ikan pun ditangan mereka bisa disulap menjadi bros, bunga yang cantik. Keren! Sisik ikan saja bisa mereka ubah menjadi sesuatu yang menakjubkan. Apalagi, sisa gonggong, tempurungnya pun tak luput dijadikan perhiasaan dan juga kalung.


Kerajinan ini, sudah pasti menjadi kenangan yang wajib kalian eh temans beli saat berkunjung ke Pulau Bintan, khususnya Kabupaten Bintan. Sambil, menanti acara, jalan-jalan dulu eh, menelusuri lokasi,  tampak ombak di pantai terlihat syadu alias tidak terlalu besar. Cuaca juga tidak terlalu panas, musik dan suara MC meramaikan suasana lokasi Pantai Sakera. Bahkan, sambil menanti acara resmi seremonial di buka oleh Direktur Keuangan dan Strategi Pertamina, Mr. Arief Budiman dan juga Wapimpred Kompas, Mrs Ninu Wardan juga turut hadir untuk membuka kegiatan HUT Pertamina yang diselenggarakan di Kepulauan Riau.



Tidak lama kemudian, peserta yang hadir sekitar 1000 orang mulai dari tua dan muda termasuk remaja terlihat memenuhi area pantai Sakera. Mereka tampak antusias mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir. Bahkan, saat melakukan kegiatan bersih-bersih pantai. Direktur Keuangan dan Strategi mengingatkan untuk mengutamakan keselamatan dengan menggunakan sarung tangan yang sudah disediakan panitia kegiatan. Bahkan, kantong plastik yang berisi sampah pantai yang ada di sepanjang bibir pantai lokasi pembersihan juga disediakan TPS untuk mengangkut sampah tersebut.

Jelas, terlihat perbedaan sebelum dan sesudah dibersihkan. Bibir pantai di daerah pesisir tersebut terlihat bersih dan sudah dipastikan tampak menarik sejauh mata memandang.  Mereka (warga tempatan, staff pertamina, TNI, aparat kepolisian, pelajar) saling bahu membahu semangat untuk membersihkan bibir pantai. Walaupun, sinar matahari semakin siang semakin terik, tetapi semangat tidak surut.

Usai membersihkan bibir pantai, kegiatan dilanjutkan dengan penanaman pohon yang dilakukan seremonial oleh manajemen Pertamina, perwakilan Kompas dan juga penjabat pemerintahan Kabupaten Bintan. Awal pertama, diperkirakan tanaman mangrove, tetapi saat dilapangan di pilih tanaman pohon ketapang yang ditanam di bibir pantai.

Bp. Arief sedang menanam pohon ketapang, walau dua kali salah tetap semangat

Bapak Arief Budiman, selaku manajemen Pertamina berharap penanaman pohon ini akan membantu melestarikan pantai pesisir. Usai, menanam pohon, kegiatan pun terus berlanjut seiring jarum jam berputar tiada henti. Mereka, meninjau stand UKM yang memang disediakan, bantuan yang diberikan Pertamina diharapkan membantu progran UKM di Kabupaten Bintan, khususnya daerah pesisir Kampung Bugis, Tanjung Uban, Kepulauan Riau. Aduh, Bapak ganteng eh Pak Arief Budiman mendapatkan oleh-oleh dari salah seorang peserta UKM yang mengadakan pameran di sana. Kata mbak yang memberikan, untuk oleh-oleh istrinya. Baik sekali ya, karena kebaikan itu adalah akar dari kebahagiaan lho.

 
Tidak hanya itu saja, bantuan juga diberikan kepada 59 anak yatim yang ada di Kabupaten Bintan, taman bacaan dan juga pengobatan masal yang berlangsung selama acara HUT Pertamina ke 59 diselenggarkan. Tentu saja, ajang pengobatan gratis mulai pemeriksaan tensi, cek kadar gula darah dan juga dokter umum disediakan untuk melayani warga tempatan yang ingin melakukan pemeriksaan. Warga berharap kegiatan seperti ini akan berkelanjutan untuk membantu meningkatkan perekonomian daerah pesisir, khususnya program bantuan UKM.


Sehingga semakin banyak anggota UKM yang ada di daerah pesisir. Dengan begitu, maka akan meningkatkan jumlah pendapatan daerah tempatan. Sehingga perekonomian daerah pesisir semakin baik di masa datang. Apalagi memang kerajinan tangan di daerah pesisir, Kabupaten Bintan sungguh kreatif dan menakjubkan. Bagaimana tidak, aku saja tersentuh dan kagum, sisik ikan yang merupakan limbah bisa diolah menjadi bros dan bunga yang cantik.

blogger kepri sibuk live tweet acara HUT Pertamina ke 59

 Sebagai pecinta negeri, aku sangat mendukung gerakan eh kegiatan yang membantu meningkatkan perekonomian daerah pesisir dengan memberikan bantuan peralatan yang dibutuhkan. Sehingga, usaha kecil ini bisa berkembang dengan baik. Apalagi, memanfaatkan limbah ikan, kerang, gonggong menjadi nilai jual yang menawan, siapa yang tidak suka akan hal itu. Menurut temans bagaimana?

ini baru beberapa komunitas blogger kepri dan Mbak Rika

Sebagai salah satu  “undangan” blogger, tentunya berkesempatan menghadiri kegiatan ini sangat memberikan manfaat tersendiri. Kita jadi mengetahui potensi daerah lebih dalam lagi dan pastinya, kegiatan bersih-bersih pantai ini sangat bermanfaat. Sehingga, menambah daya tarik wisata baik lokal hingga mancanegara untuk menelusuri pantai yang ada di Pulau Bintan. Apalagi, pulau Bintan tersebut salah satu daerah yang memiliki hiding “paradise” dimana masih banyak orang Indonesia yang belum mengenal daerah ini.





             

Salam dan Tetap Bahagia  







Citra Pandiangan

Baca juga artikel di Kompasiana: Semangat Kampung Bugis di HUT Pertamina ke 59. linknya di sini

Feature photo, koleksi pribadi dan temans blogger kepri

2 comments:

Post a Comment

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia