Search This Blog

Sunday, 26 March 2017

Pentingkah Mainan Untuk Bayi

Mainan Bayi Mengajarkan Bayi Belajar

Kitabahagia.com- Memiliki anak adalah hal yang menyenangkan, benar tidak temans? Maklum Kiba belum memiliki anak, tetapi Kiba suka membelikan mainan untuk keponakan Kiba. Kiba suka mengirimkan beberapa mainan untuk keponakan Kiba baik yang berada di Balikpapan maupun di Lingga.

Nah, ternyata Kiba baru mengetahui bahwasanya meskipun mainan (toy) sekarang ini tidak sekedar untuk membuat anak senang tetapi juga ada tingkat usia mulai dari bayi berusia zero sampai mereka bersekolah. Apa yang bisa Kiba katakan selain, WOW that is so awesome. Karena sekarang perkembangan dan kebutuhan anak mulai dari bayi hingga batita sangat berbeda. Apalagi sekarang mainan bukan sekedar mainan. Melainkan alat sebagai edukasi.

 
Walaupun demikian bukan berarti temans wajib membeli mainan anak sampai berton-ton eh dalam jumah banyak. Melainkan temans harus pandai memilih mainan sesuai tingkat usia anak. Tidak perlu pusing dan panik ya, Kiba akan memberikan sedikit gambaran mainan yang sesuai dengan anak yang baru berusia beberapa hari hingga berusia enam bulan. Temans berada di jalur yang tepat untuk mengetahui hal ini.

Mainan yang disesesuai usia untuk perkembangan mental dan emosional anak akan membantu anak tumbuh dan berkembang. Mainan juga harus diperhatikan kualitas produk mainan anak, apalagi jika anak masih berusia 1-3 bulan, perhatikan apakah bahan tersebut sangat berbahaya bagi anak. Apakah aman, sebab meskipun plastik belum tentu aman dimainkan anak yang baru lahir sampai berusia tiga bulan.

 
Anak yang baru lahir hingga tiga bulan perkembangan signifikan anak mulai belajar visual objek, bayi juga baru bisa melihat hanya 8-14 inci di depan wajahnya. Karena itu kebanyakan bayi tertarik untuk melihat wajah. Sebab, pola kontras yang tinggi yang paling mudah untuk dilihat bayi. Jadi mainan apakah yang cocok untuk anak yang berusia 1-3 bulan ini? Mau tahu? Mainan yang cocok adalah cermin Bayi, gelembung, tikar Kegiatan dengan menggantung mainan, bola lembut Kecil, Whoozits Bayi, mainan komedi putar yang diletakan di atas kasur, mainan yang ada efek bergetar, koas kaki yang ada mode getaran.

 Sedangkan untuk anak yang berusia tiga sampai enam bulan perkembangan signfikan anak mulai mampu menangkap obyek, suka mengambil barang, belajar untuk duduk,  menempatkan segala sesuatu di mulutnya, sudah mulai mendorong tangan dan lutut ketika anak berusia lima bulan, gigi baru mulai tumbuh, sehingga tidak heran anak mulai suka menggigit mainan atau yang lainnya.  


 Mainan apa yang cocok untuk perkembangan anak usia 3-6 bulan ini, yakni mobil-mobilan, wayang tangan, boneka yang  lembut tetapi tidak berbulu,  cincin tumbuh tingi, item rumah tangga yang terbuat dari plasti seperti mangkuk plastik dan sendok,  mobil mainan bayi yang ramah lingkungan.  

Tetapi Kiba kasih contoh mainan untuk bayi berusia satunsampai enam bulan saja ya, sebab ada banyak sekali permainan anak yang tidak hanya untuk menyenangkan anak saja tetapi membantu anak dalam perkembangannya. Nah, temans memiliki anak yang usianya masih berkisar satu bulan dan bingung mencari mainan bayi 1 bulan? Tidak usah bingung ada banyak maian bayi untuk usia satu hingga tiga bulan. Jika tidak memiliki waktu untuk mencari di mall, temans bisa membeli di toko online, karena beberapa toko online ternama di Indonesia telah menyediakan mainan bayi untuk usia satu bulan.

 
Sudah tahukan mengapa sangat penting membelikan mainan bayi meskipun anak masih berusia satu bulan? Karena untuk membantu perkembangan anak dalam mengenal obyek. Sebab, di usianya segitu anak baru bisa melihat dengan jarak dekat. Sehingga mainan tersebut akan membuat anak belajar melihat dan mengenal secara tidak langsung.


 Tidak ada salahnya orang tua membelikan mainan untuk anak. Bukan memanjakan anak dengan berbagai mainan mahal, tetapi membelikan mainan sesuai dengan usia dan kebutuhan anak dalam perkembangannya.


Salam dan Tetap Bahagia



2 comments:

  1. Penting banget Mbak. Apalagi di atas anak yg bisa kmuter2 itu. Anak jadi aktif matanya nggak hana serah lho :) sepele tapi bikin otak anak jozzz

    ReplyDelete
  2. saat ini banyak sekali mainan edukatif dan yang mengasah stimulasi anak sesuai dengaan perkembangan usianya.

    ReplyDelete

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia


Follow by Email

Teman yang Bahagia

Google+ Followers

Subscribe