5 Alasan Menulis Blog versi CitraPandiangan

No Matter What, Writing’s Hobby to get Money

Kitabahagia.com-Awal mula, Kiba menulis blog sejak tahun 2007, kalau tidak salah ingat! Ada banyak alasan untuk menulis di blog. Memikirkan alasan menulis blog, Kiba kembali pada masa lalu. Bagaimana dengan temans sekalian. Apakah alasan untuk menulis blog? Penasaran juga dengan alasan temans memulai menulis blog! Terus, bagaimana dengan Kiba?

  
Pastinya, Kiba juga memiliki beragam alasan untuk menulis blog. Bahkan, tanpa disadari, Kiba memiliki enam blogs diantaranya adalah kitabahagia.com, storycitra.com, chitchat.my.id, asiabutterflytraveler.com, dan jejakcantik.com. “Wah, banyak sekali.” Ada beragam alasan untuk memiliki enam blog dengan domain berbayar. Namun, kali ini bukan tentang itu pembahasannya, melainkan alasan kenapa menulis blog! Menilik asal muasal menulis di blog.

Go Greeen
Terbayang, berapa banyak kertas eh pohon yang harus ditebang untuk sejumlah kertas. Kiba termasuk orang yang demen menulis buku harian. Pernah pada suatu masa, buku harian Kiba ketinggalan disuatu tempat, dan dimana isinya beragam; pasti ada “rahasianya”. Berdasarkan pengalaman tersebut dan juga malas membawa buku harian kemana-mana. Kalau ditinggal di rumah juga berbahaya bisa dibaca orang juga. Itulah alasannya, Kiba suka bawa buku harian kemana-mana.


Akhirnya, Kiba putuskan untuk mencoba go green dengan membuat blog. Sehingga nggak butuh buku harian untuk menuliskan beragam aktivitas dan juga puisi. Makanya, Kiba suka banget dengan menulis di blog, karena mengurangi penggunaan kertas. Walaupun demikian, Kiba tetap masih suka menulis diatas kertas, tetapi bukan berarti Kiba boros dalam mengkonsumsi kertas. Berbeda pada masa sekolah dulu, pastinya.

Arsip
Bekerja sebagai jurnalis di tahun 2006an, Kiba suka berantem dengan “rekan” soal computer, karena arsip Kiba ada di computer. Pada masa itu, sistem penggunaan computer siapa yang duluan datang. Mereka bisa pakai dimana saja Nah, suka sebel, kalau data atau arsip Kiba tidak terlink di computer lain. Sehingga, Kiba putuskan untuk mengarsipkannya di blog. Nah, kala itu ada dua platform blog yang Kiba pilih multiply dan juga blogger.


Berhubung multiply “k.o” sehingga masih bertahan di blogger. Bahkan, tulisan konyol pada masa itu di tahun 2007an masih ada di diary-citra.blogspot.com dan hal-wanita.blogspot.com. Berhubung tidak bekerja lagi sebagai jurnalis, Kiba sempat vakum menulis dan timbul keinginan untuk menulis. Sebab, ada kerinduan menulis news eh berita kembali. Sehingga, Kiba kembali lagi eksis ngeblog.  

Berbagi
Ada banyak hal yang diberi dan diterima dari ngeblog. Salah satunya adalah persahabatan dan pertemanan. Ada beberapa temans yang Kiba kenal melalui blog gratisan Kiba di blogspot. Namanya teman cyber ya terkadang hubungan pasang-surut dan tenggelam. Jangankan pertemanan di dunia cyber, di dunia nyata saja juga demikian.


Meskipun demikian berbagi kisah harian di blog itu sangat menyenangkan. Bahkan, suka dijadikan tempat curhat dan mencari solusi bagi mereka yang tertimpa maslah pada tahun 2010. Di tahun 2019 blog gratisan masih suka dibaca orang, dan ada yang pernah bertanya, kenapa tidak dijadikan domain saja. Namun, Kiba lebih memilih tetap membiarkannya apa adanya saja. Meskipun demikian, Kiba terkadang masih suka menulis di blog gratisan. Walaupun sudah memiliki enam blog berbayar. Karena berbagi pengalaman, tulisan sangat menyenangkan. Sekaligus menjadi jurnal harian online yang tidak akan pernah usang dimakan waktu.

Berimajinasi

Menulis membuat Kiba senang berimaginasi, diantaranya ketika sedang menulis cerita anak dan puisi. Imaginasi itu baik, asal yang positive. Bahkan dengan sering melatih berimaginasi dan menulis, Kiba berhasil menulis beberapa buku. Walau, Kiba masih sedang berusaha menjadi penulis, bukan berarti setiap cerita harus diidentikan untuk mendapatkan uang. Meskipun, uang itu penting tetapi berbagi juga sama pentingnya di dalam kehidupan.


Melatih berimaginasi membuat Kiba semakin semangat untuk menulis, dan mewujudkan impian menjadi seorang penulis. Meskipun, Kiba masih belum termasuk kategori penulis. Setidaknya, sudah dapat kategori sebagai seorang blogger hahaha. Enggak ada salahnya bukan?

Mendatangkan Uang


Dengan melatih menulis di blog, menurut versi Kiba ya, kita juga bisa mendapatkan rejeki dari blog. Nah,  di era tahun 2018, ngeblog, digital marketing sangat diperlukan sekali untuk mendapatkan pemasukan. Jadi, sambil menyelam dan minum air. Bukan berarti setiap postingan di blog Kiba adalah content berbayar. No way, Kiba menulis karena suatu kebutuhan primer. Tidak ada salahnya bukan hobi mendatangkan uang. Asal, jangan semuanya diukur dengan uang.


Nah, diatas adalah versi Kiba kenapa menulis blog, bagaimana dengan kalian semua? Bukan berarti karena mengejar uang, Kiba memiliki enam blog. Melainkan Kiba sedang mengasah menulis satu tematik dengan beberapa angel yang berbeda dan terus terang. Hal ini sangat sukar dilakukan, jangan ditiru. Karena terkadang tidak bisa konsisten, jika kerjaan sedang banyak. Bagaimana bisa mendapatkan uang dari internet? Jangan Tanya sama Kiba, karena ilmu Kiba masih level 1, tetapi tanyakan pada diri sendiri, apa alasan temans untuk menulis di blog?



Salam dan Tetap Bahagia




Temukan Informasi menarik di blog yang dikelola Citra Pandiangan
Kerjasama, Kritik/Saran silahkan kirim ke email di  2travellife@gmail.com

11 comments

  1. Hai, Kak...

    Salam kenal sebelumnya, aku Hanna dari www.rizkyhanna.com :)
    Alasan pertama bener banget go green, karena luas hutan kita makin dikit dengan jumlah populasi yang meningkat pesat dan teknologi semakin canggih.

    ReplyDelete
  2. Keren banget loh kak sampe bisa punya enam blog dan berbayar semua. Aku punya satu blog aja kadang ga terurus, lol.

    ReplyDelete
  3. tadinya bingung kiba itu siapa..rupanya nama blognya

    ReplyDelete
  4. menulis bikin kiba bahagia juga nggak?

    ReplyDelete
  5. aku salfok sama dodolnya. but, dari tulisan ini ada beberapa sudut pandang baru saya tentang ngeblog. tks ya kak ...

    ReplyDelete
  6. Keren banget kak bisa manage 6 blog

    ReplyDelete
  7. Dulu malah nggak pernah terfikirkan alasan ngeblog itu untuk mendapatkan uang. Tapi kini malah hal itu sudah umum ya jadi alasan sebagian besar orang-orang.

    ReplyDelete
  8. Aku salut gitu. Bagaimana kak citra merawat enam blog sekaligus...

    btw, ia juga ya, dengan kita ngeblog secara nggak langsung udah bantu kampanye go green.

    ReplyDelete
  9. Go green ya Alasan pertama Kiba tulis blog... Keren krn memang kalau pakai diary kan boros kertas dan tinta...hehehe apalagi sekali nulis puluhan lembar... ��

    ReplyDelete
  10. Duh..kakak ini seseuatu banget deh, punya 6 blog warbiyasah. tetap semangat nulisnya kak?

    ReplyDelete
  11. Hai kak, salam kenal. salutlah punya 6 blog dan bisa komitmen jalan semuanya. saya punya 1 aja timbul tenggelam :D terima kasih inspirasinya

    ReplyDelete

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia

Cheaper hosting