Cara Minum Air Putih Yang Benar

Nikmati Air Putih Demi Kesehatan

Cara Minum Air Putih Yang Benar

Kitabahagia.com- Apa kabar teman? Sudah lama ya Kiba tidak pernah menyapa kalian. Semoga teman-teman dalam keadaan sehat selalu. Saat ini, Kiba turut bersedih dengan kondisi dunia, khususnya Indonesia yang masih gawat darurat. Dikarenakan covid 19. Tetap jaga kesehatan dan mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah. Tetap berada di rumah, jika tidak ada kepentingan penting untuk keluar rumah. Apabila keluar rumah menggunakan masker, dan juga membawa hands sanitizer. Kali ini, Kiba mau berbagi informasi mengenai cara minum air putih yang benar!



Minum air putih kebanyakan orang dianggap hal sepele, bahkan tidak penting. Meskipun kita tahu bawasanya tubuh membutuhkan lebih banyak air, dibandingkan lemak! Namun, tetap saja dianggap tidak perlu diprioritaskan. Padahal, apabila tubuh kekurangan cairan akan berdampak banyak bagi KESEHATAN lho. Sadar atau tidak sadar, mari kita ubah cara pola hidup kita dengan tidak menyepelekan minum air putih.



Jadi, bagaimana kah cara minum air putih dengan benar?

Mari bebaskan tubuh dari hidrasi yang bisa menyebabkan masalah kesehatan di masa datang. Kiba bagi informasi cara dan waktu yang tepat untuk minum air putih, semoga kita selalu sehat, dan penuh energi.



Bangun Tidur, Minum Air Yuk

Ayo jujur, siapa di sini yang baru bangun tidur langsung cari minuman air dengan rasa manis atau pahit? Nah, kita ubah dulu yuk dengan meminum satu hingga dua gelas air bening atau air putih. Yang Kiba maksud adalah air yang tidak memiliki rasa dan bau, jadi air mineral ya. Hal itu bukan tanpa alasan lho, bayangkan saja kita bangun dan sudah mengalami dehidrasi; dengan segera meminum air putih akan menyegarkan tubuh.



Minum Air Sebelum Makan

Mungkin sebagian dari kita tahu, minum sebelum makan sangat baik bagi kesehatan. Dibandingkan minum sambil makan, karena tidak baik bagi pencernaan. Lambung kita akan bekerja lebih ekstra, ketika kita makan sambil minum air yang banyak. Nah, ada baiknya kita minum air putih sebelum memasukan makanan ke dalam tubuh kita!

Diantara kita pasti sudah tahu, peranan air dalam tubuh sangat penting, dan bahkan air juga memiliki peranan dalam manajemen berat badan. Bayangkan saja, apabila teman dalam proses diet, minum air putih setengah jam sebelum makan. Maka air tersebut dapat membantu teman merasa lebih kenyang. Serta membantu kita untuk tidak makan berlebihan. Oh iya, hal ini berdasarkan penelitian para ahli yang diterbitkan di jurnal Clinical Nutrition Research, pada Oktober 2018 lalu.



Minumlah Segelas Air untuk Membantu Mencuci Makanan

Dengan kita sering minum air, bahkan satu jam setelah makan. Kita telah membantu pencernaan kita lho. Sebab, serat bergerak melalui sistem pencernaan dan menyerap air, membantu membentuk tinja dan meningkatkan keteraturan. Apakah boleh, sambil makan minum air? Tentu saja boleh, asal jangan terlalu banyak minum air putihnya ya. Ingat, ketika makan ada baiknya pilihan minumnya bukanlah yang berwarna, apalagi perasa. Ada baiknya pilihlah air mineral. Dua jam setelah makan, baru bisa meneguk minuman yang memiliki aroma ataupun rasa.



Siang Hari, Pilih Air Putih Dibandingkan Kopi

Ayo siapa di sini kalau siang hari merasa mengantuk, dan butuh energi dengan meminum secangkir kopi? Nah, bagaimana kalau kebiasaan ini diganti dengan mengkonsumsi minum air putih! Nah, minum secangkir kopi enam jam sebelum tidur akan berdampak sangat tidak baik bagi kesehatan mood teman lho! Kita jadi lebih mudah marah, kesal dan bahkan susah tidur di malam hari. Hal tersebut dikarenakan kafein dalam kopi. Nah, ada baiknya minum saja air putih, boleh minum air putih dalam kondisi dingin untuk menyegarkan tubuh.



Minum H20 Saat Sakit Kepala

Salah satu penyebab sakit kepala adalah dehidrasi. Mungkin, kita tidak menyadari bawasanya tubuh membutuhkan air, tubuh sudah memberikan sinyal bawasanya tubuh butuh asupan cairan. Namun, dikarenakan kita sibuk. Kita melupakan waktu untuk minum air putih. Padahal 70 persen, tubuh kita membutuhkan cairan. Jadi, bagi yang sakit kepala tiba-tiba, jangan minum obat dulu, tetapi cobalah isi tubuh dengan cairan yakni minum air putih, kalau bisa minum H20. Minum apaan itu? Nah, diantara kita mungkin sudah tahu air H20 itu adalah air yang mengandung oksigen dan hidrogen.



Minumlah Satu atau Dua Teguk Air Sebelum Tidur

Jangan minum satu atau dua cangkir air sebelum tidur. Soalnya, tubuh bisa memberikan kita sinyal untuk bangun, dan membuang hajat. Ada baiknya sebelum naik ke tempat tidur minum air putih satu atau dua teguk saja. Berbeda, apabila dua jam sebelum tidur, teman minum segelas sampai dua gelas. Nah, minum air putih saja ada prosesnya bukan! Namun, hal itu bukan menjadi beban dalam keseharian kita, melainkan menjadikan kita lebih sehat dan panjang umur. Jadi, masih mau bolong-bolong minum air putih? Kalau, aku sendiri sih sudah mulai menerapkan pola hidup sehat, khususnya dalam mengkonsumsi cairan agar tubuh tidak mengalami dehidrasi. Kalau kamu bagaimana?

  Salam dan Tetap Bahagia





Temukan Informasi menarik di blog yang dikelola Citra Pandiangan
Kerjasama, Kritik/Saran silahkan kirim ke email di  2travellife@gmail.com

No comments

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia

Cheaper hosting