Bagaimana Tetap Sehat di Cuaca Panas

Let’s making Hot Go away

Bagaimana Tetap Sehat di Cuaca Panas


 

Kitabahagia.com- Saat ini Kiba tahu kondisi cuaca di Indonesia tidak bisa ditebak! Kiba ingat sebulan lalu, Kiba liburan ke Balikpapan dan sempat mencoba beberapa kuliner yang ada di sana seperti pisang gapit dan coto makassar; seru sih! Tapi, cuaca panas membuat Kiba merasa serba salah. Begitu pulang ke Pulau Bintan, perasaan panasnya mentari Balikpapan masih bisa dirasakan dengan kuat. Cuaca marah membuat kita gampang marah dan gerah! Terus, bagaimana tetap sehat di cuaca panas seperti ini ya?  

Ada empat cara untuk membuat kita tetap sehat dalam kondisi cuaca panas seperti ini! Mau tahu? Pastinya kalau cuaca panas, enak ngadem di ruangan ber AC ya. Namun, bagaimana kalau kamu nggak punya AC? Nah, cara untuk mengusir panas dengan rajin minum air.

 

Tidak ada salahnya, apabila kondisi cuaca panas; kita minum air meskipun tidak merasa haus. Bahkan, kita juga harus bisa mengecek warna pada pee kita lho! Tentunya, jika kita minum air yang cukup, warna pee kita akan berwarna putih. Nah, bila kondisi cuaca panas seperti ini, kita jangan memilih air minum yang bersoda apalagi manis, seperti kopi atau teh. Hal itu malah membuat kita merasa kehausan atau bisa disebut dehidrasi. Ada baiknya, minum air yang tak berwarna dan berasa.

 

Jangan lupa, kalau kita ada dinas di lapangan untuk membawa sebotol air minum. Boleh kah cuaca panas seperti ini, kita meminum minuman dingin? Tentu saja boleh, minum minuman dingin akan membuat badan kita tetap terasa dingin. Nah, ini paling penting ketika cuaca panas untuk tetap menjaga suhu badan tetap sejuk. Caranya mudah banget, minum minuman dingin dan makan makanan dingin seperti salad dan buah.

 

Selain itu, pakai lah pakaian yang terbuat dari bahan katun, kenakan pakaian longar dan warna yang cerah. Jauhi matahari hihi, bukan berarti kita vampire. Namun, ketika kita ada tugas ke lapangan. Lain cerita dong ya, nah kalau tugas diluar ruangan jangan lupa pakai tabir surya, gunakan topi. Nah, pasti pulang ke kantor rasa gerah dan bisa tidak konsentrasi bekerja. Tidak ada salahnya untuk merendam handuk kecil di air yang dingin, dan kalungkan pada bagian leher. Hal itu berguna untuk menurunkan suhu tubuh yang kepanasan, menjadi sejuk.

 

Selain itu menjaga rumah agar tetap sejuk, bagi ibu rumah tangga atau kita yang work from home juga sangat penting. Kita tinggal melihat bagian mana rumah kita yang tidak terpapar sinar matahari langsung. Biasanya bagian ruangan tersebut kondisinya tidak terlalu panas. Seperti Kiba, kalau cuaca panas. Kiba tidak bisa konsentrasi bekerja di ruang kantor yang berada di lantai dua. Bahkan, dinding kantor saja ketika dipegang berasa di oven. Meskipun ada kipas, uap panasnya itu terasa seperti di oven. Biasanya, kiba akan kabur ke bawah untuk menyejukkan badan yang terasa panas.

 

Nah, paling ekstrim lagi, kalau Kiba sudah nggak tahan dengan kondisi panasnya. Kiba kabur ke mall atau café yang ada AC. Sehingga Kiba bisa bekerja dengan tenang, tanpa rasa gerah hihi. Memang cuaca panas belakangan ini bisa membuat kita gila! Bahkan emosi bisa tak stabil. Namun, jangan keburu kepancing emosi, lantaran sinar surya tak bersahabat. Mandi air dingin, minum minuman segar seperti air dingin dan makan buah yang mengandung air. Niscaya, kondisi tubuh yang kepanasan akan berkurang. Tak percaya? Coba aja!

 


Salam dan Tetap Bahagia




Temukan Informasi menarik di blog yang dikelola Citra Pandiangan
Kerjasama, Kritik/Saran silahkan kirim ke email di  2travellife@gmail.com

No comments

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia

Cheaper hosting