Kembangkan Kepribadian Menjadi Lebih Baik

Kita pantas Glowing dengan Kehidupan

Kembangkan ke Pribadian Menjadi Lebih Baik
 

Kitabahagia.com- Dua tahun belakangan ini, apakah teman merasakan hal yang sama seperti Kiba rasakan? Berat banget kehidupan ini. Bahkan, kita merasa tidak ada perkembangan dalam menjalani kehidupan, bahkan roda perekonomian terasa lambat dan melelahkan. Ingatlah teman, bawasanya kita istimewa dan kita bisa mengembangkan ke pribadian menjadi lebih baik. Tapi, bagaimana caranya?

 

Nah, saat ini Kiba ingin membahas mengenai perkembangan kepribadian. Pastinya, langkah awal dalam mengembangkan kepribadian yang hebat adalah merasa PERCAYA DIRI dengan diri sendiri. Ingat!! Jangan pernah untuk membandingkan diri kita dengan orang lain.  Sebab, dengan membandingkan diri kita dengan si A, si B malah akan menghalangi kekuatan kita sendiri dari pandangan.

 

Kualitas yang kita inginkan ada dalam bentuk benih

Semua orang hebat, hanya saja kita tidak menyadari hal itu. Terkadang, tanpa kita sadari kita merasakan cemburu dan tidak aman dengan kualitas dari teman maupun rekan kerja. Hal itu malah membuat kita lemah secara mental. Padahal, kita bisa memuji kualitas teman-teman maupun rekan kerja yang kita sukai.  Serta menyadari bawasanya kualitas tersebut juga ada dalam diri kita, namun masih dalam bentuk BENIH.

 

Pastinya, benih itu bisa mati atau bertumbuh; tergantung bagaimana kita bersikap dan berpikir. Dengan perhatian dan latihan, kita bisa mengembangkan kualitas dan kemampuan yang sama dalam diri kita. Hal itu dikarenakan mindset pada pemikiran yang berkembang. Hal ini bisa membuat kita sukses. Jujur, Kiba pernah berpikir benar tidak ya gelas yang baru beli di letakkan di sini. Bagaimana kalau jatuh ke senggol. Kayanya, tidak mungkin.

 

Alhasil gelas yang baru dibeli dengan susah payah tersebut. Pada akhirnya beneran jatuh, karena tersenggol orang. Nah, pemikiran buruk ini pada akhirnya menjadi kenyataan. Coba, Kiba tidak berpikir hal seperti itu. Pasti, tidak akan terjadi. Konon, apa yang kita pikirkan baik dan buruk, alam semesta akan mengabulkannya cepat atau lambat.

 

Bersikap baik kepada diri sendiri

Pernah kah tanpa kita sadari, kita tidak bersikap baik pada diri sendiri. Kita bisa menghibur teman yang mengalami problem dan memberikan nasehat yang luar biasa. Bahkan, dorongan positif untuk mereka maju. Namun, kita tidak pernah bersikap baik pada diri sendiri. Sebab, pemikiran negatif selalu merongrong diri sendiri.

 

Bersikap baik pada diri sendiri itu seperti apa sih?  Tentunya dengan berpikir positif seperti optimis, bahagia dan gembira. Itulah, sebabnya, kita juga pantas mendapatkan perhatian seperti orang lain. Dengan cara memberikan perhatian pada diri sendiri, berpikir positif dan semangat.  Tidak ada seorang pun yang SEMPURNA. Sebab itu, ketika melakukan kesalahan dalam hidup; jangan terlalu keras dengan diri sendiri.

 

Yup, terkadang tanpa disadari kita berpikir mengenai keburukan diri sendiri dan mengatai diri sendiri tidak berguna. Sehingga melakukan kesalahan. Namun, kesalahan adalah bagian dari kehidupan untuk membuat kita menjadi lebih baik lagi kedepannya.  Jadi jangan terlalu kritis pada diri sendiri.

 

Sebab, manusia itu tidak ada yang sempurna. Tidak ada salahnya, kita memberikan ruang kepada ketidak sempurnaan dari diri kita. Penting untuk bisa memberi ruang pada ketidaksempurnaan. Sebab, tidak semuanya bisa berjalan seperti apa yang kita kehendaki; baik dalam keluarga, maupun pekerjaan. 

 

Karena itu, jadilah ringan dalam pikiran dan hati. Coba, kita pikirkan, ketika kita berpikir ringan dalam hati; tentunya hal itu akan tercermin dalam prilaku. Bagaimana caranya? Dengan tidak terlalu banyak berpikir dan menganalisa. Jangan biarkan hal negatif apa pun seperti rasa malu, marah, iri hati atau keserakahan tinggal terlalu lama dalam diri kita. Untuk itu, mari kita belajar untuk bersikap santai, memaafkan dengan mudah dan membuang dendam terhadap orang-orang yang membuat kita emosi dan kesal.

 

Ingat, kita juga bisa merasa bahagia dari dalam. Ketika hati dan pikiran kita damai. Pastinya, kita aka merasa bahagia. Ayo coba tebak, siapa diantara kita yang tidak suka orang bahagia? Pastinya, banyak ya! Itu dikarenakan sikap cemburu dan iri hati. Coba, kita ikut merasakan kebahagiaan teman yang sukses, pastinya tidak akan timbul rasa cemburu dan iri hati, karena kesuksesan teman kita.

 

 Tetap semangat

Banyak dari kita yang gagal dalam mengembangkan kepribadian. Dikarenakan, TIDAK memiliki SEMANGAT. Untuk itu, sangat penting bagi kita untuk bisa membuat diri sendiri semangat. Caranya mudah, dengan cara membuat tugas sehari-hari jadi lebih menyenangkan dan juga bisa menarik orang ke arah kita. Sebab, semua orang pasti menyukai orang yang antusias. Bahkan, dengan cara meditasi juga bisa membuat kita tenang dan bersemangat.  

 

Nah, apakah kamu pernah kehilangan SEMANGAT dalam hidup! Jujur, Kiba pernah! Kehilangan pekerjaan, kehilangan orang terdekat; membuat semangat Kiba kendur dan tidak bergairah untuk hidup. Terus Kiba teringat masih memiliki Mama dan jalan kehidupan yang panjang. Apabila Kiba pesimis dalam hidup, maka kehidupan suram akan datang terus menerus. Bukan kah, pelangi akan kelihat ketika ada badai menerpa?

 



Salam dan Tetap Bahagia




Temukan Informasi menarik di blog yang dikelola Citra Pandiangan
Kerjasama, Kritik/Saran silahkan kirim ke email di  2travellife@gmail.com

No comments

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia

Cheaper hosting