Kamu Tim Air Dingin atau Air Hangat?

Manfaat Minum Air Es

Kamu Tim Air Dingin atau Air Hangat?

Kitabahagia.com- Belakangan ini di tempat kita terasa sekali panas menyengat, kalau cuaca panas seperti ini; memang enaknya minum air es (air putih dingin), benar tidak? Minum air es ini, sering kali Kiba mendapat teguran katanya tidak baik buat kesehatan! Apakah benar? Jadi timbul-lah pertanyaan, apakah air dingin baik untuk kita?


Minum Air Dingin atau Air Es

Kita semua mengetahui untuk sehat dan berbahagia, kita diharuskan minuma ir yang cukup. Sehingga air menjadi bagian list yang wajib dilakukan oleh semua orang, benar tidak teman? Sebab, air sangat penting untuk pencernaan, kesehatan organ, metabolisme, dan hampir semua fungsi tubuh.

Tidak bisa dipungkiri, apabila ada perdebatan tentang berapa suhu air yang paling sehat. Sebagian besar dari kita memilih segelas air dingin daripada segelas air hangat. Apalagi jika cuaca sedang panas-panasnya. Namun, apakah dengan minum segelas air dingin baik untuk teman?

Jujur, tidak ada yang lebih baik daripada meneguk segelas air dingin, apakah itu setelah berolahraga maupun ketika dahaga datang. Meminum segelas air dingin, memang terasa baik, itu tidak baik. Sebab, minum air dingin atau es akan memiliki beberapa dampak bagi kesehatan.

Salah satunya yakni SAKIT TENGGOROKAN? Hal itu bisa saja dikarenakan minum banyak air dingin atau air es. Dengan terus-menerus menghirup air dingin dapat menyebabkan penumpukan lapisan pelindung yang melapisi saluran pernapasan – yang dikenal sebagai mukosa pernapasan. Hal ini mengakibatkan sakit tenggorokan dan membuat saluran pernapasan lebih rentan terhadap infeksi.


Bahkan bisa saja, ketika kita minum air putih baik siang maupun malam air bisa memperlambat pencernaan. Hal itu dikarenakan air dingin menurunkan suhu tubuh kita, dan menyebabkan pembuluh darah kita menyempit dan tubuh harus memfokuskan energinya untuk mengembalikan suhunya ke normal. Padahal, jika kita minum air hangat, energi ini akan terfokus pada pencernaan. Selain itu, minuman dingin memperkuat lemak yang kita konsumsi. Artinya mereka tidak mudah rusak sehingga tubuh perlu menghabiskan lebih banyak energi untuk memecahnya.


DENYUT JANTUNG RENDAH

Teman tahu, Hal lain yang dilakukan air dingin adalah menurunkan detak jantung kita. Sehingga hal ini bisa mempengaruhi saraf vagus, yang memainkan peran kunci dalam sistem saraf otonom kita, dan memediasi penurunan detak jantung. Saat kita mengonsumsi air dingin, suhu air yang rendah merangsang saraf hingga menyebabkan detak jantung menurun.


Air Dingin bisa membuat sakit kepala semakin BURUK

Pernah tidak, ketika kita sakit kepala dan minum air dingin atau es. Eh, sakit kepala kita malah semakin parah? Berdasarkan hasil dari penelitian Departemen Ilmu Saraf Rumah Sakit Universitas Swedia mengungkapkan sejumlah besar peserta mengalami sakit kepala setelah mengonsumsi air dingin. Jadi, lain kali kita minum parasetamol untuk sakit kepala itu, ambil segelas air hangat untuk mencucinya.


Nah, yang jadi pertanyaan kita; apakah air dingin itu sehat?

Singkatnya, jawabannya adalah ya. Spesialis nutrisi Brooke Schantz menjelaskan bahwa air dingin sangat ideal untuk berolahraga, karena membantu mencegah suhu tubuh inti kita meningkat secara signifikan. Saat kita berkeringat dan bergerak, suhu tubuh kita meningkat, sebagian besar dari kita dapat menangani kenaikan suhu ini. Namun, minum air dingin membantu tubuh kita menurunkan suhunya lebih cepat. Jadi, kalau mau minum air dingin harus berolahraga dulu ya teman.


Kita sudah mengetahui cara yang tepat untuk meminum air dingin, tapi tahu tidak teman kalau minum air panas, banyak manfaatnya lho! Minum air panas membersihkan saluran NASA. Apabila kita merasa kesulitan bernapas dari hidung, air panas akan membantu kita keluar. Menghirup uap dari secangkir air panas dapat membantu membersihkan sinus yang tersumbat. Kita memiliki selaput lendir di seluruh sinus dan tenggorokan kita, jadi minum air panas dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dengan mengurangi kadar lendir.


Air hangat Menenangkan

Tidak mengherankan bahwa secangkir teh adalah jawaban untuk masalah apa pun, karena minum air panas dapat merilekskan sistem saraf pusat kita. Membiarkan pikiran dan tubuh kita tenang dan terkendali.


Nah, kiba penasaran manakah yang terbaik minum air panas atau air dingin? Menurut kamu seperti apa?





Salam dan Tetap Bahagia




Temukan Informasi menarik di blog yang dikelola Citra Pandiangan
Kerjasama, Kritik/Saran silahkan kirim ke email di  2travellife@gmail.com

No comments

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia

Cheaper hosting