7 Tanda Bahwa Perusahaan Memerlukan Inovasi



kitabahagia.com-Inovasi adalah salah satu kunci yang menjadi penentu keberhasilan dalam sebuah bisnis atau usaha. Walaupun sebenarnya ada banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan bisnis, inovasi adalah salah satu elemen yang mendasar.

Ada berbagai macam tujuan inovasi yang dilakukan, mulai dari efisiensi logistik, pengadaan produk, kesejahteraan karyawan, serta masih banyak lagi. Pengadaan inovasi tentu saja dilakukan demi menunjang kemajuan perusahaan.


Perusahaan bisa meningkatkan kualitas produk maupun kinerja dari para pekerja dengan adanya inovasi. Berikut ini adalah beberapa tanda bahwa perusahaan memerlukan inovasi pada saat ini seperti yang kutip dari Fortune Indonesia: Media Bisnis dan Ekonomi!

1. Pemasukan menurun

Salah satu tanda pertama dan yang paling utama ketika perusahaan membutuhkan inovasi baru adalah ketika pemasukan perusahaan sudah menurun. Sebagai pemain di pasar bisnis yang menyediakan layanan bertahun-tahun, sama sekali tidak bisa menjamin masa depan perusahaan.

Tentu saja tantangan eksternal maupun internal akan selalu ada, baik dari sisi kompetitor maupun sisi lain yang tidak terlihat. Inovasi adalah jalan keluar dari masalah tersebut.


2. Kompetitor lebih unggul

Kompetitor merupakan tantangan besar yang harus dihadapi oleh setiap pelaku usaha bisnis. Persaingan antara satu dengan yang lain tentu saja akan terus terjadi, menjadi salah satu ancaman yang besar bagi keberlangsungan perusahaan.

Inovasi adalah salah satu cara untuk memenangkan pesaingan di antara para kompetitor. Dengan ini, perusahaan bisa lebih menonjol di tengah persaingan yang berlangsung.


3. Strategi pemasaran yang membosankan

Inovasi tidak hanya dilakukan terhadap produk maupun layanan saja, tetapi juga mencangkup beberapa faktor lainnya. Strategi pemasaran yang terkesan membosankan harus mendapatkan inovasi agar perusahaan bisa tetap bersaing.

Dalam menjalankan strategi pemasaran, metode terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menjalankan taktik berdasarkan tren dan kondisi pasar. Adaptasi metode pemasaran sesuai dengan perkembangan zaman juga merupakan suatu bentuk inovasi yang bisa dipertimbangkan.




4. Teknologi sudah tidak relevan

Penggunaan teknologi tentu saja menjadi salah satu hal penting dalam keberlangsungan perusahaan. Seiring berjalannya waktu, diperlukan inovasi terbaru terhadap penggunaan teknologi yang sudah tidak relevan lagi.

Teknologi yang sudah ketinggalan zaman tentu saja akan menghambat kinerja perusahaan.


5. Tidak ada perubahan

Salah satu tanda lain bahwa perusahaan membutuhkan inovasi adalah ketika perubahan sama sekali tidak terjadi terhadap perusahaan. Perubahan ini maksudnya adalah perubahan yang mengarah pada kemajuan perusahaan.

Jika pengelolaan perusahaan tidak beradaptasi terhadap perkembangan zaman, maka kemajuan perusahaan juga tidak bisa terjadi. Oleh karena itu, inovasi diperlukan oleh perusahaan untuk membuat perubahan ke arah yang lebih baik


6. Turnover karyawan yang tinggi

Salah satu tanda lain bahwa perusahaan membutuhkan inovasi baru adalah perputaran karyawan yang terlalu cepat. Karyawan dengan potensi tinggi yang resign menjadi salah satu tanda bahwa ada yang salah dari organisasi perusahaan.

Kreativitas dan inovasi harus dihadirkan oleh perusahaan dengan memberikan karyawan bagian untuk ikut serta dalam memberikan masukan. Hal ini tentu saja akan memberikan semangat berlebih terhadap para karyawan, tingkat turnover juga bisa diminimalisir.


7. Tidak ada sosok pemimpin

Sosok pemimpin sangat dibutuhkan dalam mendorong inovasi perusahaan. Kunci Inovasi dalam perusahaan bisa didapatkan dengan menghilangkan rasa takut mengambil resiko kegagalan dan mengambil pelajaran penting dari sebuah proses kerja.


Oleh karena itu, dibutuhkannya CIO yang baik dalam inovasi perusahaan untuk menumbuhkan kreativitas bagi perusahaan itu sendiri.




Salam dan Tetap Bahagia



Temukan Informasi menarik di blog yang dikelola Citra Pandiangan
Kerjasama, Kritik/Saran silahkan kirim ke email di  2travellife@gmail.com

No comments

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia

Cheaper hosting