Cara Menjaga Otak Tetap Sehat

Sehat Otak, Jiwa Sehat



Kitabahagia.com- Waktu cepat sekali berlalu, dua pekan tidak update. Eh, sudah mau aja penghujung bulan Mei. Senin panas ini, terkadang membuat otak jadi merasa tidak sehat! Apalagi akhir bulan hihi. Kiba sengaja menuliskan kalimat itu diawal. Pasalnya, Kiba ingin menuliskan artikel mengenai Cara Menjaga Otak Tetap Sehat.

 

Tidak bisa kita hindari perubahan pada tubuh dan otak akan terjadi seiring usia bertambah. Makanya, jangan heran kalau kita melihat orang tua kita terkadang tidak ingat atau pikun. Bahkan, ekstrimnya lagi, ada beberapa orang tua yang mulai terkena penyakit Alzheimer atau demensia. Bagaimana menjaga otak, yang ada di dalam kepala kita. Padahal, kita tidak bisa melihatnya secara langsung?

 

Caranya, bisa dimulai dengan olahraga teratur. Sebab, olahraga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, termasuk otak. Dengan melakukan aktivitas secara langsung dengan cara olahraga, membuat otak tetap sehat. Banyak penelitian menunjukkan orang yang aktif secara fisik, cenderung tidak mengalami penurunan fungsi mental dan memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit Alzheimer.

 

Sebab, dengan berolahraga dapat meningkatkan aliran darah ke otak ketika kita berolahraga!  Tidak perlu melakukan olahraga ekstrim atau bahkan menggunakan banyak waktu untuk berolahraga. Cukup beberapa kali seminggu selama 30 hingga 60 menit saja. Bahkan, olahraga bisa dilakukan sesuai dengan kegemaran kita, seperti berjalan, berenang, tenis, bulu tangkis, maupun aerobik.  Asalkan, pilihan olahraga nya bisa untuk meningkatkan detak jantung kita ya.

 

Selain olahraga, untuk menjaga otak tetap sehat ya dengan tidur yang cukup. Banyak diantara kita yang masih suka ber-gadang demi nonton drama Korea. Apakah kamu tahu, tidur yang cukup sangat penting bagi kesehatan otak kita. Sebab, ketika kita tidur, otak kita sedang melakukan pembersihan protein abnormal dan juga mengkonsolidasikan ingatan, yang meningkatkan memori dan kesehatan otak kita secara keseluruhan.

 

Jadi, masih ingin skip tidur yang cukup? Nah, mulai dari sekarang yuk coba tidur tujuh hingga delapan jam berturut-turut setiap malam. Dengan tidur berturut-turut memberi otak kita waktu untuk mengkonsolidasikan dan menyimpan ingatan Anda secara efektif. Bagi yang mengalami kesulitan tidur, bisa konsultasi ke dokter untuk menemukan cara mengatasi insomnia.

 

Sudah membahas olahraga, tidur, pastinya menjaga otak tetap sehat juga berhubungan dengan pola makan.  Ingat, diet kita bisa memainkan peran besar dalam kesehatan otak. Karena itu, ketika kita lagi diet. Lebih baik melakukan diet sehat, dibandingkan diet ekstrim. Jadi, diet itu baik bagi tubuh dan otak. Sebab, dengan diet sehat, maka otak pun akan sehat!

 

Nggak percaya, coba deh, kamu tidak makan, serta tidak puasa. Nah, bisa tidak kita konsentrasi? Tentunya mengalami kesulitan dalam berpikir. Otak yang sehat, adalah otak yang aktif. Banyak dokter menyarankan kita lebih banyak menghafal atau membaca buku, bukan ebook ya.  

 

Apakah kita tahu, bawasanya otak itu sangat mirip dengan otot. Dimana, kita perlu menggunakannya atau dia akan menghilang. Nah, ada banyak hal yang bisa dilakukan agar otak tetap sehat dan bugar yakni dengan membaca, bermain kartu, menyusun teka-teki, menjawab teka teki silang dan sebagainya. Sesederhana itu, tetapi bisa melatih otak kita lho. By the way, jangan terlalu banyak menonton TV ya, apalagi drama korea sebab aktivitas pasif itu tidak banyak merangsang otak. Sehingga tidak baik bagi kesehatan otak.

 

 Terakhir, tetapi sama pentingnya agar otak tetap sehat yakni dengan terlibat secara sosial. Nah, berinteraksi sosial bisa membantu menangkal stres dan depresi. Karena itu, penting untuk mencari peluang agar terhubung dengan orang yang dicintai, teman, dan orang lain, terutama jika kita tinggal sendirian. Ada penelitian yang menghubungkan kurungan isolasi dengan atrofi otak, jadi tetap aktif secara sosial mungkin memiliki efek sebaliknya dan memperkuat kesehatan otak.

 

Apakah kamu ingin otak tetap sehat? Nah, yuk kita coba lima cara mudah agar otak tetap sehat. Tidak hanya otak saja yang sehat, tetapi jiwa dan raga juga lho! Double keuntungan bukan?

 



Salam dan Tetap Bahagia




Temukan Informasi menarik di blog yang dikelola Citra Pandiangan
Kerjasama, Kritik/Saran silahkan kirim ke email di  2travellife@gmail.com

No comments

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia

Cheaper hosting