Cara Melindungi Mata dari Layar Ponsel dan Komputer

Jaga Mata agar Tetap Sehat

Cara Melindungi Mata dari Layar Ponsel dan Komputer
 

Kitabahagia.com-  Apakah kita pernah merasakan mata lelah dan berair dikarenakan kita terlalu lama menatap layar komputer dan ponsel? Apakah kita pernah berpikir, mata akan terasa tegang dan lelah bisa disebabkan karena kita terlalu lama menatap screen ponsel kita. Sebenarnya, perlu kah kita untuk menjaga dan melindungi mata kita?  

 

Pasti, jawabannya perlu. Namun, tidak bisa dipungkiri bawasanya sekarang kita hidup di era dimana kita membutuhkan ponsel dan komputer untuk bekerja. Namun, kita bisa melakukann pencegahan agar mata tidak rusak.

 

Cara Melindungi Mata dari Layar Komputer

 

Pernah tidak kita mendengar aturan 20/20/20? Jujur, Kiba tidak pernah mendengar aturan tersebut. Namun, teman Kiba mengingatkan Kiba untuk mencoba melakukan aturan tersebut yakni   apabila kita menatap layar monitor selama 20 menit, maka kita harus melihat diluar monitor yang berjarak 20 kaki selama 20 detik. Hal itu bertujuan agar mata kita tidak terus-terus menatap monitor.

 

Mata kita tidak dirancang untuk melihat monitor terus menerus. Sehingga penting untuk menerapkan rule 20/20/20 agar untuk mengalihkan pandangan dari layar. Sehingga mata bisa istirahat sejenak.

 

Selain itu, pastikan ruangan kerja atau kamar ketika menggunakan computer memiliki cahaya yang cukup.  Hal itu agar mata tidak cepat lelah untuk menatap layar monitor. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan mata rutin agar mata tetap sehat.

 

 Kiba pernah melihat layar monitor teman Kiba yang super silau. Wah, rupanya cahaya laptop yang terlalu silau itu tidak baik bagi mata. Ada baiknya mengurangi bright light laptop lho, agar bisa menyesuaikan dengan kondisi cahaya dan tidak bekerja terlalu keras. Sehingga menyebabkan mata kemerahan dan kelelahan.

 

Lalu, bagaimana dengan smartphone atau ponsel? Nah, kita tinggal menyesuaikan saja pengaturan cahaya. Ingat aturan untuk cahaya setiap orang berbeda ya, kita tinggal sesuaikan dengan kenyamanan mata kita saja. Jujur, Kiba suka menggunakan pencahayaan yang rendah untuk layar ponsel jika di tempat gelap. Sehingga mata tidak akan terasa silau.

 

 Begitu juga ketika berada di dalam rumah, biasanya Kiba menurunkan tingkat kecerahan. Berbeda ketika berada di luar ruangan.

 

Selain itu, kita juga harus memastikan jarak yang masuk akal. Nah, coba deh kita lakukan memberikan jarak sekitar 16-18 inci dari mata kita. Jangan terlalu dekat dan pertimbangkan juga untuk menggunakan mode malam. Hal tersebut untuk mengurangi ketegangan pada mata.

 

 Simple but sometimes kita suka lupa. Jangan lupa untuk BERKEDOP ya. Sebab, dengan berkedip, kita menjaga mata kita tetap lembab dan memfokuskan kembali mata kita. Lakukan sering untuk menghindari ketegangan dan kekeringan. Menurut teman, apakah saran di artikel ini berguna untuk menjaga kesehatan mata kita ketika harus fokus di layar komputer maupun smartphone?

 

 



Salam dan Tetap Bahagia




Temukan Informasi menarik di blog yang dikelola Citra Pandiangan
Kerjasama, Kritik/Saran silahkan kirim ke email di  2travellife@gmail.com

No comments

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia

Cheaper hosting