Menangis, Adakah Manfaat?

Tetesan Air Mata

Menangis, Adakah Manfaat?
 

Kitabahagia.com- Terkadang ada perasaan sedih yang kita rasakan. Pernah tidak bertanya pada diri sendiri. Apakah kita boleh menangis? Adakah manfaat yang kita rasakan ketika menangis?  Tentunya, menangis merupakan respon kita sebagai MANUSIA terhadap pelbagai emosi, diantaranya kesedihan, kegembiraan dan juga ketika merasa frustrasi.  

 

Terkadang, ada yang merasa tidak pantas untuk menangis, biasanya untuk kaum ADAM. Mereka beranggapan menangis adalah hal yang dilakukan perempuan. Padahal, menangis bukan hal yang aneh.  Sebab, menangis merupakan respons alami terhadap emosi, maupun iritasi seperti debu di mata.

 

Nah, bicara soal menangis, sebenarnya ada lho manfaat menangis bagi kesehatan.  Memang, tidak ada salahnya jika ada teman kita yang mencoba menahan air mata. Sebab, mereka tak ingin dianggap sebagai kelemahan. Padahal menangis bisa memberikan manfaat yang baik lho.

 

 Tidak percaya?  Menangis bisa memberikan efek menenangkan. Koq bisa, ketika kita menangis dan kita bisa mengatur emosi kita sendiri. Bisa dikatakan menangis bisa memiliki efek langsung dan menenangkan diri pada orang yang sedang mengalami kesusahan. Sebab menangis mengaktifkan sistem saraf parasimpatis (PNS), yang membantu orang rileks.

 

Bayangkan saja, ketika seorang teman mendapatkan kabar duka, apakah kita tidak merasa sedih? Apalagi ketika kita dekat dengan orang tersebut, menangis juga bisa membantu seseorang menenangkan diri. Menangis bersama bisa memberikan rasa dukungan bagi seseorang tersebut.

 

Kenapa anak kecil kalau terjatuh, dan terluka akan menangis? Bahkan, setelah menangis dia akan merasa lebih baik. Sebab, dengan menangis secara tidak langsung membantu meredakan nyeri. Selain memberikan efek menenangkan, dengan meneteskan air mata emosional melepaskan oksitosin dan endorfin.

 

Zat tersebut membuat kita merasa lebih baik dan meringankan rasa sakit pada badan atau fisik, maupun emosional.  Tidak heran, ketika kita merasa sedih dan mengeluarkan air mata. Ada perasaan menenangkan dan meningkatkan suasana hati.  Memang benar, dengan menangis membantu mengangkat semangat, dan membuat kita merasa lebih baik. Selain menghilangkan rasa sakit, oksitosin dan endorfin dapat membantu meningkatkan mood. Inilah sebabnya mengapa mereka sering dikenal sebagai bahan kimia "merasa baik".

 

Selain itu, menangis juga bisa membuat kita menghilangkan stres dan racun dalam tubuh. Sebab, ketika kita menangis sebagai respons terhadap stres, air mata mengandung sejumlah hormon stres dan bahan kimia lainnya dalam tubuh. Bahkan, kita terkadang tidak menyadari ketika kita habis menangis; kita merasa lelah dan bisa tidur dengan nyenyak.

 

Pasalnya, efek menenangkan dapat meningkatkan suasana hati, dan menghilangkan rasa sakit. Sehingga setelah menangis bisa membantu seseorang tertidur lebih mudah. Tidak hanya itu saja, menangis bisa membantu membunuh bakteri dan menjaga mata tetap bersih. Dikarenakan air mata terdapat cairan lisozim yang membantu mengurangi risiko yang ditimbulkan oleh agen bioteror, seperti antraks. Sehingga, bisa membantu penglihatan lebih baik.

 

Eits, menangis memang memberikan manfaat yang baik bagi perasaan hati, dan juga kesehatan. Namun, kalau keseringan menangis juga bisa sebagai tanda DEPRESI.  Yuk, gejala depresi bisa dikenali dengan terlalu sering menangis, menangis tanpa alasan yang jelas, menangis mulai mempengaruhi kegiatan, dan banyak sekali tanda depresi. Apakah kita sudah mengetahui tanda depresi? Mudahan, meskipun kehidupan kita pasang surut, menangis bisa memberikan kelegaan. Asalkan jangan terlalu sering hingga membuat kita tidak bisa beraktivitas dan juga tidak bisa konsentrasi. Hidup penuh dengan warna, begitu juga dengan air mata.



Salam dan Tetap Bahagia




Temukan Informasi menarik di blog yang dikelola Citra Pandiangan
Kerjasama, Kritik/Saran silahkan kirim ke email di  2travellife@gmail.com

No comments

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia

Cheaper hosting