Search This Blog

Thursday, 8 September 2016

Pantang Menyerah untuk Sukses



Mengenal Sosok Mukhofas Alfikri

Kitabahagia.com ~ Hidup tak selamanya berjalan sesuai dengan keinginan kita. Impian tertunda bukan berarti tidak bisa diraih. Selama ada keinginan dan motivasi kuat, apapun pasti bisa di raih. Hal inilah yang ingin dibuktikan oleh seorang Mukhofas Alfikri. 
 
Yang membuat saya tertarik dunia blog. Waktu itu saya sudah mendekatin kelulusan SMP. Saat sedang mencari buku persiapan ujian nasional di toko buku,  stock sudah habis. Disini awal saya mengenal blog yang dietalase terpampang sebuah buku go blogging. Saya sempat merengek rengek ke ayah untuk membelikan buku itu tapi ayah tak mau membelikannya,” ujar Mukhofas Alfikri mengenang kenangannya saat masih duduk di bangku SMP.

Berhubung ayah tidak membelikan buku keinginannya itu, akhirnya keinginan untuk belajar ngeblog terpendam. Terpendam bukan untuk mati, melainkan masih tetap ada keinginan suatu saat nanti untuk belajar ngeblog. “Terus saat di kelas satu SMA, akhirnya saya membeli buku ngebog walaupun tidak seperti keinginan pertama. Saya beli “cara kaya dari dunia maya : 3 langkah mudah berbisnis di internet” paparnya.

Masih teringat jelas diingatannya, buku tersebut dibelinya sekitar tahun 2010. Dimana buku itu berisikan mengenai penjelasan dan  mengungkapkan kisah kisah sukses para pegiat internet. “Buku itu membahas mengenai pegiat internet sukses baik lokal hingga mancanegara,” ungkap Mukhofas Alfikri.

Mulai dari membaca buku itulah, Mukhofas Alfikri   lambat laun mulai mempraktekan ngeblog seorang diri. Walaupun masih duduk di bangku SMA, ia mencoba mempelajarin apa yang diketahuinya dari buku. “Memang waktu itu, saya tidak bisa konsisten penuh karena kesibukan sekolah,” akunya.

Mukhofas Alfikri  mengungkapkan,  ketika sudah lulus SMA  diirnya berjanji  untuk menjadi blogger sukses. “Dan ini menjadi mindset saya untuk terus maju kedepan walaupun banyak rintangan cobaan untuk mundur dari dunia blogging,” ungkapnya.

Dalam menekunin dunia ngeblog tidak lah mudah, ada suka dan duka di balik setiap blogger yang ada di Indonesia maupun mancanegara. Apapun niat awal untuk ngeblog, tetapi satu tujuan rumah dunia mayanya akan menarik minat pembaca tersendiri. “Dan akhirnya baik suka dan duka masa lalu, hari ini dan masa depan untuk memacu diri untuk terus tertarik dunia blog,” ujar Mukhofas Alfikri.

Tidak berbeda dengan para blogger lain, Mukhofas Alfikri juga mengharapkan pembacanya memberikan komentar. Sehingga memacu dirinya untuk lebih bergairah dalam menulis di dunia maya. “Kebahagian pertama yang saya harapkan apa yang sudah ditulis di blog mendapat komentar yang bermanfaat yang bukan sekedar “Mantap gan infonya” “pertamax” dan lain sebagainya tapi komentar yang bisa menunjukkan letak kekurangan dan memberikan masukan yang cerdas pula,” harapnya.

Tentunya setiap penulis ngeblog mengharapkan setiap tulisannya bermanfaat bagi pembaca. Sehingga mereka  (pembaca) merasa terbantu dan kemudian membantu share ke sosial media mereka. Sehingga teman-teman yang lain mendapatkan informasi berguna. Dengan kata lain, informasi yang dibaca tidak hanya putus kepada pembacanya saja. “Mereka bisa membantu share ke sosial media mereka atau share ke teman teman mereka. Dan tentu berkesan dan begitu berharga bagi pembaca,” ungkapnya.

Diakui Mukhofas Alfikri, dirinya akan sangat bahagia  ketika semua keluarga dekatnya mendukung rutinitas ngeblog. “Dulu orang tua belum sangat mendukung karena belum tahu apa itu blog? Dan lebih terkesan cuek saja, tapi saya selalu mengedukasi orang tua secara pelan pelan dan lambat lain mereka mengerti. Bahwa ngeblog juga bisa mendatangkan uang. Karena tanpa dukungan yang penuh maka ngeblog kita tidak akan bahagia malah murung, stress, galau dan gundah gulana,” aku ,” ujar Mukhofas Alfikri.

Setiap orang yang terjun ke dunia blog, tentunya memiliki tip dan trik berbeda dalam mendatangkan pembaca ke blognya. Bagaimanakah seorang  Mukhofas Alfikri mendatangkan pengunjung agar mau membaca hasil karyanya. “Cara saya memberikan sesuatu yang sifatnya gratis dan mudah. Misalnya ebook. Di blog saya ada page khusus ebook yang diberikan untuk pembaca blog saya,” ujar Mukhofas Alfikri menjelaskan.

Dari situlah, Mukhofas Alfikri mendapatkan pembaca khusus yang ingin mendapatkan Ebook gratis. Apalagi Ebook yang diberikan sangat bermanfaat bagi mereka. “Selain itu saya berusaha untuk membuat konten yang sangat sangat berkualitas. Karena untuk membuat satu konten yang sangat berkualitas prima tidak segampang artikel biasa,” aku Mukhofas Alfikri.

Tidak sampai disitu saja, Mukhofas Alfikri juga kerap kali meluangkan waktu untuk membalas komentar untuk komentator yang berkunjung di blognya dan kalau bisa berkunjung balik di blog mereka. “Kebanyakan para komentar menuliskan telah berkunjung dan padahal, kita bisa memberikan komentar  yang sangat cerdas dan bukan sekedar komentar visit balik gan,” ungkap Mukhofas Alfikri.

Hal itu yang kerap kali dirasakan para blogger yang rumahnya dikunjungi newbie blogger. Padahal, dengan memberikan komentar yang cerdas. Maka, secara tidak langsung pada pembaca artikel di rumah Mukhofas Alfikri akan bertandang ke blog mereka. Sebab, komentar yang diberikannya sangat menarik, membuat rasa pembaca Mukhofas Alfikri tertarik untuk sekedar mengintip dan malah bisa jadi menjadi pembaca setia blog mereka juga.

“Jadilah teman yang bisa membantu permasalahan pembaca kamu. Misal : ada chat masuk di WA yang menanyakan Kak bagaimana cara agar blog mendatangkan penghasilan. Nah ketika kamu membantu keluhan seperti ini dengan lengkap dan berniat tulus mau membantu bukan tidak mungkin dia akan merasa respek dengan kita. Bisa jadi dilain kesempatan akan berkunjung ke blog kita,” terang Mukhofas Alfikri.

Mukhofas Alfikri mengungkapkan rendah hati yang dimiliki seorang blogger juga bisa membuat pembaca ingin berkunjung kembali karena pemilik blog tidak sombong dan memiliki keterbukaan untuk saling bantu masalah yang dihadapi pembaca.

Bagaimanakah versi kebahagiaan dari seorang Mukhofas Alfikri? “Tips kebahagian versi saya. Dalam pedoman manusia sepanjang masa sudah ada Al-Qur’an. Masalahnya mau apa tidak kita? Tapi kebanyakan dari manusia tidak mengetahui,” ungkapnya.

Diakui Mukhofas Alfikri, bahagia tidak harus kaya, tidak harus punya uang banyak, rumah mewah dan lain sebagainya. “Bahagia itu sangat sederhana misalnya : kamu memberikan makan satu bungkus kepada anak jalanan pun sudah merasa bahagia. Bahagia bisa juga memberikan sesuatu yang tulus kepada orang lain. Missal :member komentar di blog orang secara tulus lebih baik daripada komentar dengan tidak tulus efeknya beda. Karena ketulusan diawal keberatan tapi dikemudian hari sebuah kebahagian terpancar dari hati,” jelas Mukhofas Alfikri mengenai makna bahagia untuk dirinya.

Sebab, bahagia tidak semata mata uang, tapi juga bisa ilmu atau manfaat yang baik untuk orang lain. Bukan kah hal itu benar pembaca kitabahagia.com? Bahwa berbagi, tidak mesti materi saja tetapi juga pengetahuan, pengalaman bisa mendatangkan aura positif dalam kehidupan kita.

SStss Mukhofas Alfikri berbagi tips bagaimana blog newbie bisa mendatangkan pembaca. Simak yuk tips yang diberikannya. Menurut Mukhofas Alfikri, cara yang sudah kerap ia lakukan dengan enam  point yakni:

          1.      Menulis posting di blog orang lain atau guest post. Dan ternyata hasilnya cukup efektif walaupun yang saya lakukan buat guest post masih sedikit sekali.
2.  Berkomentar di blog orang lain dengan memberi link url pada nama pengomentator. Bila didalam komentar kadang dianggap spam oleh pemilik dan malah menurunkan branding blog kita.
3.  Share di sosial media dan grup grup yang tepat sesuai artikel yang mau dishare. Dari hasil pantauan saya blog saya yang bisa mendatangkan kunjungan via sosial media : facebook, twitter, google+, linkdein dan tumblr
4.   Share di Instan Messanger semisal WhatsApp dengan share ke grup yang relevan pula. Bila ada orang bertanya/konsultasi ya dilanjutkan. Kalau sudah tepat bisa beri referensi dalam blog kita yang terkait dengan masalahnya. Jangan cek aja di baublogging.com (misalnya) jangan mereka kadang tidak akan membuka tapi ke inti masalah. selanjutnya tidak Cuma di WA saja masih ada aplikasi lain seperti:Telegram grup, Channel Telegram, Line Grup dengan ruang notesnya ini bisa menjadi solusi.
5.  Memikirkan gimana agar pembaca itu mau ikut share link postingan kita. Karena bila mereka share pengunjung juga naik pula
6.  Membuat kontes blog baik lomba nulis blog maupun lomba komentar menarik dan terbanyak. Dan dampaknya juga pengunjung naik.

Mukhofas Alfikri  mengaku Alasan memilih TLD lebih bagus dan terpercaya. “Tapi belum bisa diandalkan kalau web bertitel TLD menyandang bagus dan terpercaya. Masih ada yang bohong atau sekedar menipu saja. Saya memilih TLD karena harus memulai dari nol untuk mencari pengunjung. Tidak semua pengunjung yang pernah lihat lihat atau mampir di blog gratis tidak tahu url blog yang sudah berubah ke TLD Tapi bila sejak awal sudah membuat blog TLD tentu pengunjung tentu sudah tahu,” paparnya.

Mukhofas Alfikri mengatakan kelemahan pada TLD tentu harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk membeli domain dan sewa hosting. Dan akan menjadi sia sia kalau blog yang sudah ber TLD tidak diisi apa apa dan masih sedikit hingga masa berlakunya habis.
“Tapi bila kita serius dan konsisten dalam mengelola blog TLD dan megelola dengan baik bukan tidak mungkin akan mendapat kepercayaan jangka panjang,” akunya.

Ia menambahkan,  blog gratisan dirinya juga  benar benar diseriusin dengan cara  konsisten untuk terus update maka suatu saat nanti blog yang masih gratisan juga masih ada nilainya. “Daripada blog yang tidak dikelola dengan baik atau nol posting tentu tidak akan ada apa apanya. Kalau kita update di blog gratisan selama 5 tahun dan sudah mendapat 10000 postingan pengunjung atau pembaca akan ada. Buktinya blog saya yang postingannya 270 an dengan modal gratisan saja bisa mendongrak pengunjung organik,” papar Mukhofas Alfikri.

Mau mengetahui lebih lanjut mengenai Mukhofas Alfikri, temans bisa bertandang langsung ke blognya. Tidak tanggung-tanggung Mukhofas Alfikri langsung mengelola dua blog dengan tema yang berbeda tentunya. Apa saja itu? Ini dia  BauBlogging.com dan MukhofasAlfikri.com Tidak kenal maka tidak sayang, mau menjalin pertemanan lewat twitternya juga bisa. Tinggal follow saja di  @mukhofasalfikr


No comments:

Post a Comment

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia



Follow by Email

Teman yang Bahagia

Google+ Followers

Subscribe