Search This Blog

Monday, 3 October 2016

Pesona Kepri dalam Sail Karimata 2016




 Mengenal Kepri dari Wisata Bahari

cintai negerimu, hargai lautmu. Nikmatin dan jaga kebersihannya SP: sultrakini.com
Kitabahagia.com – Sudah bukan rahasia lagi, Kepulauan Riau (Kepri) terkenal dengan wisata baharinya, mulai dari wisata pantai, belanja hingga wisata kuliner. Apalagi seafood yang ada di Kepri antara lain, Batam, Tanjung Pinang, Bintan sangat terkenal kelezatan dan harga yang fleksibel bagi pecinta kuliner seafood. Kuliner seafood tidak hanya menjadi primadona warga lokal saja tetapi juga turis mancanegara, salah satunya negara tetangga, Singapura.

Masih teringat, waktu aku masih menjadi salah satu jurnalis di media lokal Kepri, saat itu hari liburku. Aku bersama teman, hendak jalan-jalan menggunakan transportasi umum, seperti busway. Kami menunggu di halte dekat Mega Mall. Mega Mall dekat sekali dengan Pelabuhan Internasional. Sepasang bule, yang baru kami ketahui berasal dari Swedia bertanya-tanya pada orang yang menunggu bus. Mereka tidak ada menjawab, akhirnya aku berbicara dengan pasangan itu. Mereka ingin menikmatin nature dan makan seafood yang terkenal fresh dan murah, dibanding harga di Singapura. Akhirnya, kami menjadi guide mereka, secara gratis tentunya. Kejadian itu, sekitar tahun 2007.

Dukung Even Tahunan Kepri dalam ajang Bahari Kepri 201 SP: beritakepri.com

Seiring perkembangan waktu, Pemerintah setempat, (Pemko Batam, Pemkab Bintan, Pemko Tanjung Pinang, dll) serta didukung Pemprov Kepri terus mengembangkan wisata yang ada di daerah mereka. Untuk mengenalkan wisata yang ada, khususnya wisata bahari. Salah satu even terbesar yang diselenggarakan adalah Festival Bahari Kepri yang merupakan serangkaian dari kegiatan event Pemerintah Pusat, Sail Selat Karimata 2016.

Apa itu Festival Bahari Kepri?
Nenek Moyangku seorang pelaut SP: sailselatkarimata.com
Agenda tahunan yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Kepri dalam mengenalkan wisata bahari dan juga permainan tradisional daerah. Tentu saja agenda tahunan ini akan menarik wisatawan untuk bertandang ke Pulau Bintan.

Penasaran dengan kegiatan apa saja yang ada di Festival Bahari Kepri 2016 ini? Yuk, kita saksikan bersama kegiatan festival yang jatuh pada bulan Oktober ini antara lain  Dragon Boat Race (DBR), Festival Gurindam dan drum band, hingga Wonderful Indonesia Sailling (WIS). Tidak hanya itu saja, ada juga Panggung Penyair, Sound From Motherland of Malay, Kepri Carnival dan Wonderfull Kepri Expo, yang bisa dinikmati. Yang pasti, paling mendebarkan adalah Parade Kapal Sungai Carang yang dikemas khusus malam hari dan Sky Lantern akan menjadi acara puncak yang dapat menghibur para peserta.

Kegiatan Festival Wisata Bahari Kepri ini dimulai pada 20-30 Oktober 2016! Wow, 12 hari. Apa saja yang akan dimasukan pada kegiatan tahunan ini? Apakah sama dengan tahun-tahun sebelumnya ataukah lebih menarik dan menyenangkan di tahun 2016 ini. You never know, if you don’t attend this festival, tapi untuk mengelitik rasa penasaran kegiatan apa saja yang akan disajikan ajang satu ini. Ini dia kegiatan, tempat dan waktu pelaksanaannya.

Serangkaian Even Festival Bahari Kepri 2016


  • => Eco Heroes  diselenggarakan di pembukaan acara yakni 20 Oktober 2016 dan berlokasi di Tugu Pinsil - Anjung Cahaya - Laman Bunda - Ocean Corner - Pelabuhan Sri Bintan Pura - Pelantar I - Pelantar II - Pelantar III.



Sekilas info tentang Eco Heroes: kelompok Sadar Wisata dari Tanjungpinang, Batam dan Bintan akan berkumpul di Tanjungpinang untuk perang melawan sampah di beberapa kawasan tepi laut Tanjungpinang dalam Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona

 
salah satu kegiatan yang ditunggu SP: disparbud.tanjungpinangkota.go.id

  • => Dragon Boat Race diselenggarakan 3 hari berturut-turut mulai tanggal 21-23 Oktober dan kegiatan ini diselenggarakan di Perarian Sungai Carang. Bagi yang belum mengetahui kegiatan apa itu? Dragon Boat Race adalah Lomba perahu naga dimana kapal-kapal yang dilombakan harus dihias dengan bentuk naga baik dibagian depan maupun belakang perahu. Dimana perahu yang berisikan beberapa orang tersebut yang tiba di garis finis sebagai pemenangnya.

 
Festival Kuliner Kepri - SP: travel.kompas.com

  • => Festival Gurindam, Festival Busana Melayu, Festival Kuliner 10 kampung diselenggarakan pada tanggal 25 Oktober di Anjung Cahaya. Dihari yang sama juga diadakan Festival Drumband se-Kepri di malam hari bertempat di Lapangan A.Yani-Pamedan. Tentunya, kegiatan ini jangan dilewatkan begitu saja, sebab di sini kita bisa mengenal kebudayaan Melayu mulai dari busana hingga kulinernya. Jangan hanya mau mendengarkan cerita saja, tetapi turut menyaksikan langsung. Kapan lagi bisa menikmatin kuliner Melayu yang lezat dan melihat peragaan busana melayu yang pasti anggun dan menarik.


Salah satu kegiatan yang ditawarkan Pelni menikmatin perairan Indonesia SP: m.tempo.co


  • => Wonderful Indonesia Sailing dan Wonderful Kepri Expo diselenggarakan selama lima hari berturut-turut. Mulai tanggal 26-30 Oktober dengan tempat terpisah yakni  sailing di Perairan Tanjungpinang dan Expo Kepri di Lapangan Dewa Ruci.



Sekilas Info: Berlayar di perairan Kepulauan Riau tentunya menyajikan panorama yang menawan. Dimana pada Wonderful Indonesia Sailing 2016 ini melalui dua pintu masuk dan keluar yakni Nongsa Marina Poin (NMP) dan Bandar Bintan Telani (BBT) Lagoi Bintan. Dimana diperkirakan diikuti  lebih dari 100  yatcher dari Eropa, negara tetangga dan banyak lagi. Sementara untuk Expo Kepri memberikan kesempatan untuk seluruh daerah di Provinsi Kepri untuk memamerkan pesona wisata yang ada di daerahnya. Mereka wajib untuk mengambil bagian dalam memperkenalkan lokasi destinasi tempat wisata di Kepri melalui pameran. Mulai dari informasi  lokasi destinasi wisata, cara menuju ke lokasi,  fasilitas yang tersedia. Plus kuliner yang dipadukan dengan seluruh pesona keindahan daerah masing-masing.

 
Salah satu kegiatan seni di Kepri sp: saidparman.wordpress.com

  • => Sementara Panggung penyair bertempat di Gedung Daerah, Pawai Budaya di Kota Lama- Anjung Cahaya, Parade Mobil hias di Terminal Sei Carang hingga Tepi Laut dengan harapan bisa memecahkan rekor MURI. Plus, Lomba memancing di perairan Tanjungpinang. Serangkaian acara tersebut diselenggarakan satu hari di tanggal 27 Oktober 2016.



  • => Sementara tanggal 28 Oktober ada tiga agenda menarik yakni Sound From Motherland of Malaysia di gedung daerah, Seminar Wisata Bahari di CK Hotel, Kepri Karnaval di sepanjang Jalan hang tuah (Star kegiatan di  Anjung Cahaya dan berakhir di Gedung daerah)



Sekilas Info: Kegiatan Sound From Mother Land of Malay atau Suara Bunda Tanah Melayu dalam mempromosikan budaya dan tradisi unik serta santun. Suara Bunda Tanah Melayu melalui parade tari, seni serta budaya di gedung daerah bahkan melalui seminar wisata bahari.


Sky lantern yang pernah diselenggarakan di Lagoi SP: blog.zhangjingna.com


  •  => Kegiatan Jet Ski di selenggarakan di jembatan Tugu RHF hingga Ocean Corner pada tanggal 28 Oktober. Sedangkan malam harinya diadakan kegiatan Sky Lantern di tepi laut. Kenapa Sky lantern dilaksanakan malam hari? Karena untuk menyaksikan sky lantern ini memang cocok dimalam hari, dimana lampu lantera ini diterbangkan dilangit malam dan menghias langit. Pastinya sangat menarik dan seru bukan? Baper? Makanya, catat tanggalnya


Diatas adalah sebagian dari rangkaian kegiatan even Festival Wisata Bahari, karena masih banyak agenda lainnya yang tidak kalah seru dan menarik untuk diikutin ataupun sekedar menyaksikannya, seperti dibawah ini:

Konten Event
Oktober
KET
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
Acara Puncak FBK,  Kegiatan antara lain:
Tepi Laut
a. Sailing Pass F16











b. Terjun Payung











c. Paramotor











d. Orkestra Senja











 Festival Sei Carang











Pelabuhan Sri Payung Batu 6 – Anjung Cahaya
 (Parade Kapal Hias)
pemecahan rekor MURI

   Pukul 19.30 WIB s.d selesai
Kepri Traditional & Modern Games

Jong











Tengah Laut - Anjung Cahaya
Sampan Layar











Anjung Cahaya (mengitari P. Penyengat)
Sampan Dayung











Jembatan Tugu RHF – Ocean Corner (PP)
Pukul Bantal











Bibir Pantai Anjung Cahaya
Nambat Itik











Bibir Pantai Anjung Cahaya
Bakiak











Melayu Square
Engkrang











Melayu Square
Renang Tradisional











P.Penyengat – Anjung Cahaya
Volly Pantai











Pinang Marina – Rimba Jaya
Layang-layang











Pinang Marina – Rimba Jaya
Melukis Profesional











Tema: “Bahari Kepri”
















SP: penulispro.com
Jadi jangan melewatkan kesempatan untuk menikmatin hidup. Karena kebahagiaan dan kesenangan dimulai dari mencintai perbedaan dan menjadi satu bagian dalam meningkatkan pariwisata negeri Indonesia tercinta.


Salam Bahagia


Quotes: Hargai Negerimu maka kamu akan mencintai budaya yang ada di negerimu, bukan hanya satu warna melainkan beragam warna, seperti pelangi yang menghias langit. Menampilkan beragam warna dan terlihat mempesona. +Citra Pandiangan 


4 comments:

  1. menarik ya mbak, sayang saya belum pernah ke kepri :)

    ReplyDelete
  2. Penasaran, belum pernah nonton aky lantern. Semoga kamera gak ngambek :D

    ReplyDelete
  3. @ Mbak Ninda
    Iya mbak Ninda menarik, yuk main ke Kepri mumpung ada event besar neh... pasti seru lho gak nyesel hehehe

    ReplyDelete
  4. @ mbak Sasmita
    gak mungkin kameranya ngambek mbak Sasmita, pasti dia juga mau tunjuk gigi karena kapan lagi bisa melihat lantern berterbangan di langit malam di tepi laut lagi... Mudahan tidak hujan, amin hehehe

    ReplyDelete

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia



Follow by Email

Teman yang Bahagia

Google+ Followers

Subscribe