Search This Blog

Tuesday, 22 November 2016

Ceritakan Dongeng Pada Anak Yuk

 Mengapa Kita Harus Baca untuk Anak Kita

Kitabahagia.com- Sebagai orang tua, kita memiliki kekuatan untuk meningkatkan potensi belajar anak-anak  hanya dengan membuat buku merupakan bagian integral dari kehidupan mereka. Terkadang, sebagai orangtua, kita suka lupa bahwa anak-anak tidak hanya butuh materi saja tetapi juga kasih sayang dan didikan langsung dari kita.

Salah satu yang paling banyak dilupakan oleh orangtua adalah melupakan anak-anak butuh orangtunya untuk membacakan buku. Kenapa, kita harus membacakan buku untuk anak-anak kita? Nah, Kiba akan bagi sedikit informasi manfaat pentingnya membaca untuk anak temans yang masih berusia dua hingga lima tahun.  

 
#1 Membangun Hubungan yang Kuat
 Sebagai anak mereka akan bertumbuh sangat cepat. Dimana anak akan mulai  bergerak-bermain, berlari, dan terus-menerus menjelajahi lingkungannya. Nah, salah satu efektif untuk mmbangun hubungan yang kuat antara orangtua (ayah-ibu) bukan dengan “kekersan” seperti mengeluh dengan sikap anak yang tidak bisa diam. Melainkan, ajarkan sejak dini untuk menghambat aktivitas anak yang tidak bisa diam dengan sebuah buku. Ajak anak temans untuk duduk manis dan membaca. Ini akan menjadi aktivitas pengasuhan yang akan membawa Anda berdua lebih dekat bersama-sama.

#2 Menghasilkan Nilai Akademik yang Bagus
Salah satu manfaat utama dari membaca ketika masih balita dan anak-anak prasekolah dengan mengembangkan bakat yang lebih tinggi untuk belajar pada umumnya. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa siswa yang suka membaca sebelum prasekolah lebih mungkin mendapat nilai yang lebih baik.  

#3 Keterampilan berbicara dasar



Masa balita dan prasekolah, anak  belajar bahasa dan ucapan keterampilan yang penting. Dengan mendengarkan kita membaca cerita “Kumpulan Dongeng Mancanegara”,  anak temans memperkuat suara dasar yang membentuk bahasa. "Berpura-pura membaca" -

#4 Keterampilan Komunikasi yang Baik
 Ketika kita menghabiskan waktu membaca bagi balita, mereka akan  lebih mudah mengekspresikan diri dan berhubungan dengan orang lain dengan cara yang sehat. Dengan menyaksikan interaksi antara karakter dalam buku-buku yang kita bacakan.  Serta ketika kita membacakan buku kepada anak, kita membuat kontak dengan mereka saat bercerita (membaca). Sehingga kedepannya, anak kita memiliki  keterampilan komunikasi yang baik.

#5 Penguasaan bahasa
Membaca awal untuk balita telah dikaitkan dengan pemahaman yang lebih baik tentang dasar-dasar bahasa ketika mereka mendekati usia sekolah.

#6 kemampuan berpikir lebih logis
Ilustrasi lain tentang pentingnya membaca untuk anak-anak adalah kemampuan mereka untuk memahami konsep-konsep abstrak, menerapkan logika dalam berbagai skenario, mengenali sebab dan akibat, dan memanfaatkan penilaian yang baik. Sebagai balita atau anak prasekolah mulai berhubungan skenario dalam buku-buku apa yang terjadi di dunianya sendiri, dia akan menjadi lebih bersemangat tentang cerita yang sedang kita bacakan. 

 
 #7 Peningkatan konsentrasi dan disiplin
Balita awalnya mungkin menggeliat dan menjadi terganggu selama waktu cerita, tapi akhirnya mereka akan belajar untuk tetap tinggal saat buku dibacakan. Seiring dengan pemahaman bacaan datang lebih kuat disiplin diri, rentang perhatian lagi, dan retensi memori yang lebih baik, semua yang akan melayani anak kita ketika mereka mulai  memasuki sekolah.

Paket Nina Bobo Kumpulan Dongeng Mancanegara

Judul Buku        
Kumpulan Dongeng Mancanegara
Penulis
Citra Pandiangan
ISBN
926-602-407-076-2
Penerbit
Laksana Kids
Editor
Mahadewa
Desain cover   
Ferdika
Ilustrasi 
Agus S
Tanggal Terbit
2016
Harga
45.000 IDR
Tebal
108 Halaman



Blurb:
Kebanyakan dongeng dari luar negeri adalah mengajarkan kepada kita tentang pentingnya bertindak berani karena benar serta setiap perbuatan jahat pasti akan mendapatkan balasan setimpal.
Dongeng-dongeng pangeran dan putri pada ini dirangkum dari banyak negara. Gambar dan cerita pada buku ini akan membuat buah hati Anda terkesan. Selain diambil hikmahnya, membaca buku ini juga akan memperkaya ilmu kita tentang kehidupan di penjuru dunia.

Nah, salah satu buku yang bisa dipilih untuk anak temans adalah Kumpulan Dongeng Mancanegara. Kenapa? Karena buku ini adalah buku hasil karya pertamaku, walaupun tidak 100 persen karya sendiri, harus mengubah dan mengolahnya untuk bacaan anak-anak. Sesuai judulnya dongeng mancanegara, jadi diambil dari berbagai negara yang ada di dunia ini. Dalam buku ini ada 36 cerita tentang pangeran dan putri yang menarik. Disetai ilustasi yang membuat anak kita mengembangkan imajinasinya. Jadi tunggu apalagi, beli di toko buku dekat rumah temnas ya.....

Salam Bahagia
 




2 comments:

  1. Sekarang gantian anakku yg cerita Mbak. Jadi biasanya aku kasih gambar cergam, terus krucil cerita sendiri versi dia hihihi. Lucu2 lho olahan bahasanya, alurnya, kadang bikin ketawa

    ReplyDelete
  2. iya mbak bagus tuh untuk mengembangkan imajinasi anak

    ReplyDelete

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia


Follow by Email

Teman yang Bahagia

Google+ Followers

Subscribe