10 Destinasi Wisata Kepri Sensasional Buat Mupeng


MENIKMATI LIBURAN DI PULAU KEPRI


Kitabahagia.com-Tidak kenal, maka tidak sayang! Itulah yang aku pikirkan tentang Indonesia. Ada banyak sekali keragaman budaya, kuliner dan wisata serta atraksi yang penuh dengan warna-warni. Beruntung, sekarang ini Kepulauan Riau (Kepri) masuk dalam 10 destinasi wisata branding. Provinsi Kepulauan Riau yang hampir tidak terlihat di map Indonesia hanya berbentuk butiran titik-titik tetapi menyimpan beragam wisata yang membuat aku terpesona.

Kepulauan Riau (Kepri) ini memiliki banyak sekali pulau yang destinasi wisatanya bisa buat hati melayang tidak karuan. Banyak orang mengira berada di luar negeri, padahal itu di Kepri lho. Bagai harta kekayaan alam yang tersembunyi dan kini dunia perlu mengetahui keindahan alam, budaya dan atraksi yang bisa dijadikan agenda ketika berkunjung ke Kepulauan Riau. Dulu, sebagaian orang melihat Kepri, khususnya Batam sebagai pintu masuk dan keluar ke Singapura. Dibalik lokasi yang strategis ini, ada “harta karun” yang patut ditelusuri yang bisa membuat aku dan kamu speechless, ketika melihat keindahan alam Indonesia, khususnya Kepri untuk dijadikan tempat liburan kita juga.

10. Kemilau Pasir Putih di Pulau Beralas Pasir

Sinar mentari sudah mulai terik, ketika kapal berhenti berlayar dari Trikora ke Pulau Beralas Pasir. Lokasi Pulau Beralas Pasir dengan Trikora, tepatnya Teluk Bakau yang memakan waktu sekitar 20 menit saja. Harga per orang tiket kapal sebesar Rp 150,000 sudah bisa menikmati pemandangan yang ada di Pulau Beralas Pasir, sebagian orang menyebutnya white sand island. Pulau yang memang semuanya “beralas pasi.” Tempatnya sangat nyaman dan hanya ada satu managemen yang mengelola Pulau Beralas Pasir tanpa mengubah alam yang ada disana.

Pasir putih nan lembut itu berasa membakar kaki ketika bertelanjang kaki berjalan diatas pasir yang terlihat berkilau; karena terpaan sinar mentari. Teriknya mentari tidak akan membuat kamu takut untuk segera snorkeling di Pulau Beralas Pasir. Sebab, kebanyakan orang yang pergi ke pulau ini ingin menikmati sensasi snorkeling di air laut yang jernih. Duduk-duduk manja pun bisa, ada pondokan yang bebas digunakan pengunjung tanpa perlu mengeluarkan biaya ekstra.

 Lokasi: Pulau Beralas Pasir, Bintan
  
9. Pulau Sekeling, Destinasi Para Yatch  

Keberuntungan Provinsi Kepulauan Riau ini karena memiliki banyak pulau kosong tetapi memiliki pemandangan yang luar biasa. Sehingga di musim angin kencang pun, wisata di Kepri tidak pernah surut, malahan para pemilik yatch memanfaatkan moment tersebut untuk mengelilingi beberapa pulau di Kepri, tentunya resmi ya! Enggak illegal, karena event Regatta ini sudah mengantongi izin.

Di Bulan Febuari, dimana kondisi cuaca di laut penuh dengan gelora dan angina yang bertiup kencang tersebut malah menjadi sensasi tersendiri bagi komunitas yatch yang ada di Singapura maupun Malaysia memanfaatkan momen dimana para nelayan tidak bisa memancing untuk berlayar menggunakan angin yang bertiup. Pemandangan yatch di lautan biru Kepulauan Riau ini menambah sensasi pemandangan menarik. Bayangkan saja, kapal-kapal berlabuh di lautan Kepri untuk menikmati angin dan biasanya terakhir mereka (para yatch) ini menutup kegiatannya di Pulau Sekeling.

Berkesempatan menikmati kegiatan Naptune Reggata di Pulau Sekeling, jujur, pantesan para yatcher senang menghabiskan waktu dan menutup kegiatan mereka setelah berlayar dari Singapura, Batam, Bintan, dan beberapa titik lainnya sebelum akhirnya berlabuh di Pulau Sekeling sebelum kembali lagi ke negaranya. Pulau Sekeling ini benar-benar pulau perawan yang memiliki pemandangan fantastic dan deburan ombak yang berbeda antara pulau depan dan pulau belakang. Semoga tahun depan bisa menikmati sensasi berada di Pulau Sekeling yang tidak memiliki listrik sama sekali lho! Namanya aja pulau kosong ya dengan pemandangan laut yang luar biasa. Apalagi menjelang sunset, it’s so amazing banget deh!

Lokasi: Pulau Sekeling, Lingga
  
8. Pulau Mas Kawin, Saksi Sejarah Kerajaan Melayu

Siapa yang tidak pernah mendengar Pulau Penyengat yang merupakan pulau mas kawin dan saksi sejarah kerajaan Melayu. Meskipun sudah bertahun-tahun lalu, puing-puing bangunan dan juga masjid yang terbuat dari putih telur itu masih legend banget! Tidak hanya menikmati sejarah ataupun sembayang (sholat) ketika berkunjung ke Pulau Penyengat tetapi adventure di Pulau Penyengat seharian sangat seru banget. Bahkan, dari waktu ke waktu sudah banyak perubahan di Pulau Penyengat; Bahkan Pulau Penyengat merupakan salah satu titik pasar digital yang diselenggarakan setiap akhir pekan untuk menikmati makanan kuliner khas Melayu sambil menikmati pemandangan dari bukit kursi.

Tidak lengkap rasanya ke Pulau Penyengat tanpa pergi ke Balai Adat, karena disana kita bisa menyewa baju adat Melayu dan berphoto puas-puas. Sensasi liburan yang sangat menyenangkan lho ya, mengelilingi pulau Penyengat, melihat peninggalan sejarah dan banyak sekali spot photo kece yang bisa memenuhi feed instagram ketika berpetualang di Pulau Penyengat.

Lokasi: Pulau Penyengat, Tanjungpinang
  
7. Kampung Vietnam Batam, Belajar Kemanusiaan dan Menikmati Alam

Pergi ke Kampung Vietnam di Batam menjelang saat teduh itu sangat menyenangkan sekali lho. Perjalanan yang jauh seakan hilang begitu masuk begitu membayar tiket masuk per orang dikenakan Rp5,000; Nuansa hijau sudah terlihat dan udara segar pun seakan menyapa kulit yang tidak tertutup pakaian.

Sepanjang jalan tersebut banyak sekali terlihat monyet liar yang bekeliaran. Mereka tidak mengganggu pengunjung. Belajar kemanusiaan di Camp Vietnam Batam atau biasa disebut Kampung Vietnam Galang Batang; Dimana pada masa lalu, sekitar tahun 1970, Negara Vietnam sedang ada perang saudara. Banyak orang menggungsi menggunakan kapal dan kapal mereka banyak terdampar di lautan Indonesia, khususnya Kepri. Sehingga dijadikan satu, di pilihlah Galang Batang sebagai tempat pengungsian dan bangunan pada masa itu masih ada. Walaupun sudah terkikis oleh waktu. Disana kita bisa melihat monument perahu kayu; gereja klasik kampung Vietnam  dan juga kuil yang masih dilestarikan hingga saat ini. Menurut orang, kuil bernama Quan Nam Tu ini bisa mengabulkan orang yang ingin mendapatkan jodoh. Percaya nggak percaya, beberapa tahun silam, teman aku pergi kesana lantaran permintaan keluarganya dan tak lama kemudian mendapatkan jodoh.

Berkunjung ke Kampung Vitenam, aku belajar mengenai arti kemanusiaan yang sebenarnya sambil menikmati alam. Karena lokasi satu dengan yang lain lumayan jauh, namun sejuk. Bahkan, kita bisa mendengar suara burung dan melihat banyak sekali monyet liar yang berkeliaran di kamp tersebut. Bahkan, para korban perang keluarga, terkadang turun temurun mereka pasti berkunjung ke kamp tersebut untuk mengenang masa lalu yang pahit dan getir; Hidup penuh gelombang tetapi kebaikan hati bisa menenangkan jiwa. Liburan yang sangat menyentuh sekali.

Lokasi: Galang Batang, Batam
  
6. Mengejar Sunset di Senggarang, Perkampungan Cina

Kepulauan Riau ini sangat unik, beragam suku ada; Meskipun mayoritas Melayu yang identik dengan agama Islam tetapi bukan berarti kalian tidak menemukan hal-hal yang beraneka ragam, salah satunya Perkampungan Cina yang berada di Senggarang. Jelas bagi aku ini merupakan tempat wisata menarik, ada kuil dan patung Budha serta patung tokoh kera sakti. Tahu dong film si kera yang nakal dan akhirnya dihukum untuk menemani  biksu dalam misinya.

Paling suka kalau sudah menjelang sore hari ke Senggarang, karena pemandangan sunsetnya beneran indah kalau cuaca sedang cerah. Dari kejauhan bisa melihat Pulau Penyengat dan beberapa warga lokal yang belayar menggunakan kapal kayu kecil, orang lokal menyebutnya pompong. Provinsi Kepulauan Riau, khususnya Pulau Bintan luar biasa banget sensasi liburan yang menyenangkan.

Lokasi: Senggarang, Tanjungpinang

5. Kegembiraan di Lagoi Bay

Tidak sempurna tanpa kesenangan di Lagoi Bay, selain pemandangan pantai yang luar biasa indahnya. Menghabiskan waktu di Lagoi Bay itu memang penuh kegembiraan karena ada banyak atraksi menarik yang bisa menghibur keluaga. Atraksi yang bisa masuk semua umur mulai dari Rumah Imagi, Shopping sampai menikmati lentera ketika senja turun. Warna-warni lampu lentera tentu membawa sensasi tersendiri. Apalagi semua atraksi wisata di Lagoi Bay ini terjangkau dibanding resort mewah yang ada di daerah Lagoi. Liburan tak akan sempurna tanpa gelak tawa keluarga maupun teman, ketika menikmati waktu bersama.

Lokasi: Lagoi, Bintan
  
4. Ironman 70.3 Bintan yang Sensasional

Kegiatan tahunan di Pulau Bintan yang paling sensasional yakni Ironman 70.3 yang selalu penuh peserta dari berbagai Negara, termasuk Negara tetangga Singapura dan Malaysia senang mengikuti kegiatan satu ini. Dimana setiap peserta harus melalui tiga tahapan yakni berenang, bersepeda dan lari. Walaupun belum pernah menjadi peserta Ironman ini, tetapi paling suka melihat kegiatan tahunan ini. Lumayan nyuci mata sambil memberi semangat para peserta dari berbagai usia.

Kenapa wajib jadi penonton kalau tidak bisa jadi peserta, karena pemandangan Lagoi itu luar biasa, pantainya, tamannya dan pastinya atraksi wisata yang nggak kalah serunya, seseru melihat orang berlarian mengejar waktu.

Lokasi: Lagoi, Bintan

3. Gowes di Lingga

Aku beruntung sekali tahun lalu bisa menikmati sensasi gowes di Lingga, meskipun aku bukan pesertanya tetapi kegiatan bersepeda di Lingga ini sudah lama banget diselenggarakan komunitas lokal dengan Negara tetangga. Dimana para pesertanya kebanyakan dari Negara tetangga yakni Malaysia dan Singapura. Ini bukan gowes santai lho ya, tetapi medan sepedanya teruk banget kalau bahasa melayu bilang. Kalau Indonesia, berat banget kali ya. Peserta harus melalui rute tanjakan dan bahkan lumpur. Jangan salah bahkan ada peserta anak yang masih dibawah 10 tahun dan bisa tuntas lho mengayun sepeda. Kalau, aku! No way, kagak sanggup. Bagi kalian yang suka tantangan dalam bersepeda mungkin bisa join ikutan gowes di Lingga neh.  Setahun, tiga kali mereka ngumpul bersepeda ramai-ramai. Lumayan nambah teman dan saling bertukar pengalaman.

Setelah lelah bersepeda, pergi ke pemandian air panas yang ada di Dabo itu merupakan sensasi yang tiada tara deh, seru banget! Rasa lelah dan pegal ngayun sepeda, tuntas dengan berendam di pemandian air panas. Asyik bangetkan atraksi wisata di Lingga, Dabo Singkep ini.

Lokasi: Dabo, Lingga

2. Serunya Bajafash di Batam

Mungkin banyak yang tidak tahu event tahunan ini! Batam Jazz dan Fashion. Meskipun terbilang masih baru; tetapi para pemain jazz yang berkumpul di Batam merupakan pemain lama dari berbagai negara. Even Bajafash yang selalu sensasional dan rencananya tahun ke 5 yakni 2019 akan dibuat lebih seru lagi, dibanding tahun 2018 yang sempat menggundang Glenn Fredly dan lokasi eventnya berada di dekat pantai. Bagaimana tidak seru, jazz yang music klasik itu diiringi dengan peragaan busana.

Sejak menghadiri event Bajafash, aku jadi jatuh hati dengan musik jazz. Jangan dikira musik jazz itu untuk orangtua, anak muda juga patut dengar musik jazz karena varian musik jazz ini sangat banyak. Keren habis deh, tidak rugi lho menghadiri festival music jazz di Batam. Semoga tahun depan, bisa beli tiket masuknya dan menyaksikan kemegahan alunan musik jazz dari para pemain jazz professional.

Lokasi: Batam

1.  Festival Bahari Kepri penuh Sensasi

Jelas penuh sensasi kegiatan Festival Bahari Kepri yang sudah masuk agenda nasional sebagai atraksi wisata di Kepulauan Riau. Bagaimana tidak atraksi Festival Bahari ini terdiri dari bahari, alam, budaya dan permainan tradisional. Sudah dipastikan kegiatan ini sangat seru dan menarik perhatian! Bahkan, dalam festival Bahari juga ada rangkaian yatcher bisa berlayar di lautan Indonesia, khususnya Kepri. Siapa seh yang nggak suka melihat kapal yatch! Menonton pertandingan Dragon Boat, festival busana yang penuh dengan beragam pakaian unik. Keseruan ini patut masuk ke dalam agenda untuk liburan ke Kepulauan Riau.

Makanya, tidak kenal maka tidak sayang; Kalau sudah kenal tentang destinasi wisata maupun atraksi yang ada di Kepulauan Riau bakalan ngangenin untuk balik lagi liburan di Kepulauan Riau karena destinasi wisata dan atraksinya tidak ada matinya. Kamu yang orang Indonesia jangan mau kalah dengan wisata mancanegara yang sudah menikmati keindahan bahari Kepulauan Riau. Packing your bag dan explore destinasi Kepulauan Riau, semakin jauh “berlayar” semakin sensasi didapat tiada tara.

Lokasi: Sungai Carang, Tanjungpinang


The Link Map can see on bit.ly/Keprievent

Salam dan Tetap Bahagia




Temukan Informasi menarik di blog yang dikelola Citra Pandiangan
Kerjasama, Kritik/Saran silahkan kirim ke email di  2travellife@gmail.com

No comments

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia

Cheaper hosting