Tidak Sekedar Manis, Coklat Banyak Manfaat


source: acu.edu.au
Kitabahagia.com-Suka makanan manis, tetapi takut dengan efeknya di kemudian hari? Ada kabar baik teman penggemar coklat. Sebab mengkonsumsi coklat, khususnya secangkir coklat panas sangat bermanfaat bagi kesehatan lho, teman. Nah, kalau ada yang bilang coklat bisa menggemukan badan, semua itu tergantung dari jumlah konsumsi dan juga jenis coklat yang dipilih. Karena ada “coklat yang isinya lebih banyak gulanya dibanding coklatnya” itulah yang membuat coklat jadi “tercemar”

Coklat itu sangat baik dan bahkan banyak manfaatnya. Pengen tahu, manfaat meminum secangkir coklat panas. Yuk, kita baca sama-sama artikel ini mengenai manfaat secangkir coklat untuk kesehatan:

#Meningkatkan Suasana Hati

source: foodstantly.com

Teman tahu alasan kenapa tetangga Eropa kita yang suka minum Coklat? Alasan warga Perancis meminum secangkir coklat panas untuk meningkatkan suasana hati sedih dan menangkis rasa amarah. Sebab, dalam kandungan coklat berisi serotin yang bertindak sebagai anti depresi dan  memicu produksi hormon endorfin yang membuat orang merasa senang. Apalagi dengan ada antioksidan yang tinggi dapat menenangkan tingkat hormon stres.  

#Pencegangan Kanker  
Sebuah studi Cornell menemukan secangkir coklat menawarkan dua kali lebih banyak antioksidan pelawan kanker. Berdasarkan penelitian hal itu karena  tingkat flavonoid yang lebih tinggi. Teman, para peneliti juga menyarankan kita minum secangkir coklat di pagi hari, bukankah minum secangkir coklat panas di pagi hari adalah cara yang baik untuk  memulai hari?

 #Meningkatkan aliran darah
source: awomenshub.com
Flavonoid pada coklat ini dapat membantu tubuh dalam memproses oksida nitrat. Stsstss teman, hal ini untuk mencegah pembekuan darah dengan membuat trombosit kurang lengket dan meningkatkan aliran darah, yang pada gilirannya menurunkan tekanan darah dan membantu jantung tetap sehat.   Belum lagi kemampuan anti-pembekuan, pengencer darah ini secara signifikan mengurangi risiko teman terkena stroke lho.

#Menstimulasi pikiran
Meningkatnya aliran darah ke seluruh tubuh berarti peningkatan oksigen ke otak. Minum secangkir cokelat panas dan pikiran teman akan lebih tajam. Menurut American Association of Advancement of Science, peneliti percaya minum coklat dapat membantu mencegah demensia dan membantu mengobati mereka yang sudah memilikinya. Kerenkan teman?

#Mengurangi risiko penyakit jantung
Teman, CDC melaporkan penyakit jantung adalah nomor satu penyebab kematian bagi pria dan wanita di negara tetangga yakni Amerika Serikat. Bahkan 1 dari setiap 4 kematian karena penyakit jantung, mudahan teman tidak mengalami hal tersebut ya. Salah satu cara untuk menurunkan risiko penyakit jantung, teman mengkonsumsi sekitar 1 ons cokelat hitam per hari. Mengurangi peradangan dan membanjiri tubuh teman dengan flavonoid dan antioksidan yang melindungi dari radikal bebas terkait dengan penyakit jantung dan kanker tertentu.  

#Berat badan
Will Clower, Ph.D. neuroscientist dan penulis buku Eat Chocolate, Menurunkan Berat Badan mengatakan memiliki cokelat lima menit setelah makan atau 20 menit sebelum makan akan mengurangi nafsu makan teman sebanyak 50 persen. Kuncinya di sini adalah moderasi. Mengkonsumsi sejumlah kecil coklat gelap dapat menurunkan nafsu makan dan, karena mencegah lonjakan insulin, membuat kemampuan pembakaran lemak tubuh lebih kuat.

#Melindungi kulit
source: ilovefoodsomuch.com

Secangkir  cokelat hitam di pagi hari  sarat dengan flavonoid, sangat dicintai untuk meningkatkan hidrasi kulit dan meningkatkan kulit. Mereka juga menyerap cahaya UV yang berbahaya, melindungi teman dari kanker kulit (tapi jangan lupa untuk memakai tabir surya lho).


#Tinggi di Vitamin dan Mineral
kakao gelap kaya akan kalium, tembaga, magnesium, zat besi dan vitamin penting dan mineral lainnya. Ini mendukung kesehatan yang baik dan melindungi DuKoCin dari anemia, diabetes tipe 2 dan penyakit jantung yang berbahaya.

#Meningkatkan kekuatan otak
Minum cokelat panas dapat membantu meningkatkan kekuatan otak dan meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan. Flavonoid dalam cokelat panas meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak, membantu berpikir lebih baik. Nah, bagi readers yang ingin meningkatkan memori, cobalah minum dua cangkir cokelat panas. Readers tidak hanya akan meningkatkan memori tetapi suasana hati. Pastikan jangan terlalu banyak gula dalam cokelat panas ya. Karena gula berlebih pada tubuh sangat tidak disarankan.

#Mengandung lebih banyak antioksidan


Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Cornell University, cokelat panas mengandung lebih banyak antioksidan dari teh hijau dan anggur. Selain itu, minum cokelat panas adalah salah satu cara paling lezat untuk mendapatkan antioksidan cokelat yang kuat. cokelat panas mengandung sedikit lebih banyak antioksidan daripada sebatang coklat, yang dilepaskan ketika minuman ketika panas.

#Membantu Teman menurunkan berat badan
Jika temans sedang mencoba untuk menurunkan beberapa kilo, minum cokelat panas dapat membantu readers mencapai tujuan penurunan berat badan. Ketika dilakukan dengan benar, cokelat panas adalah minuman lezat dan rendah kalori yang dapat teman nikmati setiap kali DuKoCin memiliki hasrat memimum cokelat. Plus, minum secangkir coklat rendah kalori membantu mencegah asupan kalori tinggi daripada makanan manis seperti donat, kue-kue, dan kue.

Okey teman sudah paham mengenai manfaat coklat untuk tubuh kita dan membuat pikiran mood tetap dalam koridor yang diinginkan.



Salam dan Tetap Bahagia




Temukan Informasi menarik di blog yang dikelola Citra Pandiangan
Kerjasama, Kritik/Saran silahkan kirim ke email di  2travellife@gmail.com

No comments

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia

Cheaper hosting