Mengenal Simbol Daur Ulang Plastik


Kitabahagia.com-Pasti di rumah memiliki barang yang terbuat dari plastik. Terkadang kita membeli minuman kemasan juga lebih memilih bentuk botol dibanding kaleng. Nah, saat ini jarang ada minuman kemasan botol dalam bentuk kaca. Selain kurang praktis, juga berat jika dibawa kemana-mana. Tidak heran, minuman kemasan dalam bentuk botol PLASTIk menjadi primadona. Nah bagi kita yang suka beli barang dalam bentuk plastik harus mengenal simbol daur ulang plastik.

Pernah tidak kita penasaran mengenai simbol-simbol yang terdapat dalam kemasan plastik, baik dalam bentuk botol maupun kotak makanan. Jika, teman penasaran itu bagus banget. Sebab, setiap simbol yang terdapat di samping atau di bawah kemasan memiliki arti yang berbeda. Jadi, jangan dianggap sama lho ya. Makanya, kita harus memahami dan mengenal simbol-simbol tersebut.

Recycle Now

Pernah tidak teman melihat simbol di dalam kemasan seperti ini: Panah dengan simbol hati diujungnya. Ini namanya simbol daur ulang atau Recycle now. Sudah tahu dong ya, simbol daur ulang berarti barang tersebut bisadi daur ulang.

Nah, simbol ini juga bisa seperti mengingatkan konsumen, termasuk teman untuk turut serta berperan aktif dalam aksi daur ulang. Simbol hati menunjukkan rasa sukacita dan kepedulian dalam aksi daur ulang. Aku sendiri, juga sudah beberapa kali membuat barang dari barang plastik yang bisa di daur ulang.

Cardboard and Paper Recycling Symbol

Awal mula bingung, ini simbol apa ya? Setiap membeli minuman kemasan gelas dalam kardus selalu saja terlihat simbol Mobius Loop dengan X% di tengah lingkaran. Nah, simbol ini menunjukkan bahwa persentase (x) dari kemasan atau produk yang dibuat dari bahan daur ulang. Jadi, luar biasa bukan. Kita nggak pernah menyangka, menggunakan barang dari daur ulang. Tentunya, hal itu sangat bagus. Sebab mengurangi sampah yang bisa merusak lingkungan.

The Mobius Loop

Pasti teman tidak heran apabila melihat simbol ini. Pasanya, simbol ini paling sering digunakan dan kita lihat dalam aktivitas sehari-hari kta. Nah, simbol ini paling banyak terdapat dalam botol kemasan. Baik di bawah atau di samping. Simbol ini diberi nama Mobius Loop.  Dimana barang yang memiliki simbol ini dibagi tiga langkah dalam siklus daur ulang. Pertama, mereka mengumpulkan bahan-bahan untuk didaur ulang. Mereka mengumpulkan barang dalam satu tempat. Kemudian dibersihkan dan dipilah untuk dijual ke pabrik.

Langkah berikutnya yakni yang kedua  barang tersebut akan di reproduksi atau di daur ulang menjadi produk baru untuk dijual, baik dijual secara komersial dan eceran. Kemudian, langkah berikutnya yakni ketiga yaitu teman membeli dan menggunakan produk yang dibuat dari bahan-bahan daur ulang.

PET or PETE (Polyethylene Terephalate Ethylene)

PET ini dikenal juga sebagai polyester, diwakili oleh simbol plastik daur ulang nomor 1. Barang yang memiliki simbol ini banyak digunakan  dalam bentuk botol makanan dan minuman. Barang ini termasuk jenis barang yang ringan dan murah. Karena itulah, kenapa banyak sekali barang plastik diproduksi. Dapat di daur ulang dalam bentuk bagian-bagian otomotif seperti dashboard rack, bumpers, panel pintu.
.
HDPE (High Density Polyethylene)

 HDPE (simbol plastik daur ulang nomor 2) merupakan jenis yang umum digunakan untuk kemasan produk-produk rumah tangga dan diyakini memiliki kontaminasi bahan kimia yang sangat rendah. Sama seperti PTE, HDPE direkomendasikan hanya untuk sekali pakai saja. Dapat ditemukan dalam botol jus, botol deterjen, botol shampoo, botol minyak, botol susu, kotak sereal. Dapat di daur ulang ke dalam botol deterjen, kursi plastik, pagar, mainan.

Nah, ini beberapa simbol-simbol mengenai barang plastik yang bisa kita pelajari. Sehingga kita bisa mengetahuinya dan memahami barang apa yang kita beli.



Salam dan Tetap Bahagia




Temukan Informasi menarik di blog yang dikelola Citra Pandiangan
Kerjasama, Kritik/Saran silahkan kirim ke email di  2travellife@gmail.com

No comments

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia

Cheaper hosting