Tips Olahraga di Musim Panas

Jangan Mager Meski Cuaca Panas

tips olahraga musim panas
 

Kitabahagia.com- Halo, apa kabar? Kiba ingat banget sampai detik ini, Mama Kiba selalu bilang kalau Kiba itu takut panas dan kepanasan. Apalagi di musim panas begini, sukanya mager. Alhasil tubuh jadi tidak sehat dan bugar. Memang banyak diantara kita yang menjadikan PANAS menjadi kelemahan kita untuk berolahraga, apalagi kalau summer time sudah tiba. Duh, keluar dari zona dingin itu rasanya malas bukan?

 

 Nah, no worry sekarang Kiba nggak lagi malas bergerak, apalagi olahraga meskipun cuaca di kota Tanjungpinang so ekstrim panasnya. Pengen tahu rahasianya?

 

Mandi air dingin

Bahkan sebelum latihan dimulai, kita mungkin ingin mandi air dingin. Setelah selesai mandi, jangan mengeringkan rambut yang habis di keramas. Nah, kita bisa tetap olahraga meskipun kepala kita basah. Hal ini untuk membantu kita tetap tenang selama berolahraga.

 

Tetap Terhidrasi dengan Cairan Tepat

Sudah tahu dong tubuh kita mrmbutuhkan cairan. So, otomatis air adalah teman terbaik kita tidak hanya pada saat musim penghujan saja, tetapi juga pada saat musim panas. Mengkonsumsi air minum membuat kita tetap terhidrasi. Nah, ada baiknya ketika kita merencanakan untuk olahraga selama lebih dari 60 menit, ada baiknya kita mengkonsumsi air minum yang tepat sebelum berolahraga, khususnya di waktu musim panas.

 

Pilihlah minuman berolahraga yang mengandung kalium dan elektrolit yang bisa merehidrasi dan mengisi kembali cairan dalam tubuh kita. Tingginya kadar natrium ada mungkin baik untuk tubuh kita dan juga natrium adalah bahan utama untuk hari yang panas.

 

 Pakailah pakaian yang ringan

Mungkin di antara kita suka menggunakan pakaian gelap ketika berolahraga. Padahal, warna-warna cerah baik karena mereka akan memantulkan sinar matahari dan juga membantu membuat kita lebih terlihat untuk lalu lintas yang akan datang. Pilihkan bahan katun pada pakaian yang digunakan untuk berolahraga, sebab bahan katun ini sangat ringan dan terjangkau yang dapat membantu kita tetap kering. Dikarenakan bahan katun ini mudah menyerap keringat.

 

Jangan lupa tabir surya alias Sun block

Kebanyakan perempuan alasan malas keluar rumah ketika cuaca panas adalah takut hitam atau kulit terbakar. No worry, sebelum olahraga ada baiknya menggunakan sun block atau tabir surya agar kulit tidak terbakar. Tentunya, jika kulit terbakar akan sulit untuk bergerak. Pilihlah tabir surya dengan SPF minimal 50 dan yang tahan air sehingga tidak lepas begitu Anda mulai berkeringat.

 

Pengaturan waktu adalah segalanya

Nah, paling penting sebelum membuat rencana olahraga adalah menentukan waktu yang tepat untuk berolahraga di musim panas. Pukul 10 pagi hingga 3 sore dikenal sebagai waktu terpanas di musim panas. Jika kita merencanakan latihan di luar ruangan, cobalah untuk melakukannya sebelum atau setelah waktu ini berlalu. Banyak atlet lebih suka berolahraga di pagi hari, dikarenakan bisa membantu mereka tetap berenergi sepanjang hari dan tidur lebih nyenyak di malam hari.

 

Jangan takut air

Musim panas adalah waktu yang tepat untuk menjadikan air teman kita. Pada hari-hari yang sangat terik, cobalah menambahkan aktivitas yang berhubungan dengan air ke latihan kita, seperti berenang, berselancar, atau Menaiki Paddle Boarding (SUP). Kegiatan-kegiatan ini akan membantu kita  tetap bugar dan sehat di musim panas dengan cara yang menyenangkan.

Lebih suka lari saja? Jangan khawatir, kita juga masih bisa ikut aksi air. Lain kali Anda melihat apa yang tampak seperti "hari hujan", pilihlah untuk lari dengan hujan daripada melawannya. Berlari selama hari hujan dapat membantu kita tetap tenang dan banyak atlet yang menganggap latihan ini menyegarkan dan menyenangkan.

 

Kunci untuk berhasil berlari di tengah hujan harus disiapkan. Kenakan pakaian yang cerah dan pastikan semua pakaian Anda kedap air (ini termasuk sepatu dan aksesori seperti kotak telepon seluler). Hindari berlarian di sekitar mobil yang mungkin membuat kita kesulitan melihat mereka dan begitu juga sebaliknya. Berlari dalam hujan sedikit tidak akan membahayakan kira, tetapi jika kita melihat kilat atau mendengar guntur, kita harus  ke dalam ke tempat yang aman secepat mungkin.

 

Ketahui batasan

Dengarkan tubuh kita dan jika kita mulai merasa pusing, mual, atau lelah, istirahatlah. Meluangkan waktu untuk istirahat lebih baik daripada terlalu banyak berolahraga dan sakit atau cedera dan harus berhenti berolahraga sama sekali.

 

Jika musim panas terbukti menjadi terlalu banyak tantangan untuk latihan intensitas tinggi standar kita, pisahkan menjadi beberapa latihan kecil sepanjang hari. Ini akan memberi waktu bagi tubuh kita untuk beristirahat dan mengisi bahan bakar tanpa membahayakan kebugaran dan tujuan latihan kita.

 

Nah ini adalah beberapa cara meskipun musim panas, kita tetap bisa melakukan olahraga. Jangan menjadi alasan untuk tetap dalam ruangan ber AC hanya sekedar takut keringat ya teman.

 



Salam dan Tetap Bahagia




Temukan Informasi menarik di blog yang dikelola Citra Pandiangan
Kerjasama, Kritik/Saran silahkan kirim ke email di  2travellife@gmail.com

No comments

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia

Cheaper hosting