Makanan Khas Bali yang Wajib Anda Cicipi Saat Berlibur

Makanan Khas Bali yang Wajib Anda Cicipi Saat Berlibur

kitabahagia.com- Masakan khas Bali merupakan hidangan tradisional masyarakat dari pulau Bali. Menu makanan Bali terkenal sebagai salah satu hidangan yang paling kompleks di dunia. Karena dibuat menggunakan variasi yang luar biasa. Mulai dari rempah-rempah, dicampur sayuran segar, daging, serta ikan. Berikut ini ada beberapa rekomendasi menu makanan khas Pulau Dewata.


1.Rujak Bulung

Kalau biasanya rujak di dalamnya berisi buah buahan, berbeda dengan rujak bulung. Masakan khas Bali satu ini memakai bahan rumput laut. Kemudian disiram dengan kuah pindang lalu ditambah kelapa parut dan kedelai goreng. Unik sekali, bukan? Kalau Anda berkunjung ke Bali, hidangan ini wajib masuk daftar makanan yang harus dicicipi.


2. Batun Bedil

Bila masakan khas Bali sebelumnya identik dengan rasa pedas, lain halnya dengan menu Batun Bedil ini. Batun bedil memiliki cita rasa manis. Hal ini yang membuat Batun Bedil cocok dijadikan sebagai hidangan penutup. Bentuknya mirip bubur candil yang terdapat di Jawa. Penasaran ingin mencicipinya, bukan?


3. Siobak Khe Lok

Walau awalnya kuliner satu ini berasal dari Tionghoa, tapi masyarakat daerah Bali mulai memodifikasinya. Kemudian ada banyak orang yang menjadikannya sebagai salah satu makanan khas Bali.


Siobak Khe Lok adalah campuran olahan daging Babi. Dalam penyajiannya, hidangan ini diberi kuah kental. Bagi Anda pecinta olahan daging babi, sayang bila melewatkan menu satu ini.


4. Bulung Kuah Pindang

Masih menggunakan bahan dasar rumput laut, Anda pun wajib mencicipi hidangan bernama bulung kuah pindang. Makanan satu ini memiliki cita rasa paduan pedas gurih. Kuliner satu ini adalah rumput laut yang dimasak dengan cara direbus. Kemudian saat disajikan disiram dengan kuah pindang yang pedas dan gurih.


5. Nasi Sela

Dalam bahasa masyarakat setempat, sela mempunyai makna ubi. Sehingga nasi sela adalah nasi yang disajikan dengan lauk tertentu. Kemudian ditambah dengan cacahan ubi. Umumnya umbi umbian yang dipakai dalam hidangan ini adalah ubi jalar.

Oleh sebab itu, terdapat kesan manis yang menyertai hidangan ini. Unik sekali, ya hidangan Pulau Dewata satu ini. Dijamin, Anda tak akan menemukan hidangan seperti ini di daerah lain.


6. Nasi Ayam Kedewatan

Nasi ayam kedewatan dapat dikatakan nyaris mirip dengan nasi campur yang banyak terdapat di daerah lain di Indonesia. Namun, hal yang menjadi ciri khas hidangan ini adalah rasa pedas dari sambal matah.

Biasanya sambal matah memang disuguhkan bersama dengan kuliner tersebut. Paduan gurih, pedas, dan segar dijamin akan membuat Anda ketagihan dengan makanan satu ini.


7.Rujak Buleleng

Rujak buleleng sudah banyak dikonsumsi bersama dengan menu bulung kuah pindang. Kuliner satu ini bentuknya mirip dengan rujak buah pada umumnya. Rujak Buleleng menawarkan cita rasa segar yang berpadu dengan pedas secara bersamaan. Cocok sekali disantap saat siang hari sambil menikmati panorama pantai di Bali.

Nah, itu tadi 7 rekomendasi makanan khas Bali yang wajib Anda cicipi. Bagi kalian yang tengah berlibur ke Pulau Dewata dan ingin mencicipi hidangan khas daerah tersebut  yang terkenal.


Tentu hal ini dapat diagendakan lebih dahulu. Untuk mendapatkan berbagai kuliner tersebut, menemukannya amatlah mudah.


Mengingat sekarang ini sudah banyak rumah makanan sampai hotel yang menawarkan menu-menu tersebut. Karena ada banyak wisatawan yang menyukainya. Apakah Anda juga suka dengan kuliner khas Bali?



Salam dan Tetap Bahagia




Temukan Informasi menarik di blog yang dikelola Citra Pandiangan
Kerjasama, Kritik/Saran silahkan kirim ke email di  2travellife@gmail.com

No comments

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia

Cheaper hosting