Liburan Pulang Kampung ke Medan

Menikmati Nuansa Perkotaan dan Durian Sibolang
 
Kitabahagia.com-Menikmati nuansa liburan itu sangat menyenangkan, apalagi kata orang “Balik Kampung.” Papa Kiba itu orang Batak dan Mama Kiba orang Jawa. Kiba beberapa kali saja pulang kampung ke tempat papa. Belum pernah sampai jalan-jalan ke Medan, hanya berkunjung ke Kampung Siantar.

Dulu, waktu liburan ke Medan naik bus dari Dumai dan membutuhkan perjalanan yang panjang. Sekarang, tidak perlu lagi ke Medan dengan menempuh perjalanan laut dan darat yang bisa memakan waktu seharian. Dari Batam ke Dumai naik feri memakan waktu sekitar enam jam. Terus lanjut lagi dari Dumai ke Medan naik bus, kurang lebih 8-10 jam. Wah, tak kebayang rasa capeknya kan. Sekarang, enggak perlu lagi seperti itu, karena sudah ada tiket pesawat ke Medan lho. Sudah tahu belum beli tiket di PegiPegi itu selain mudah, banyak sekali informasi harga tiket yang murah hingga mahal. Bahkan bisa dapat harga diskon kamar maupun pesawat.


Nah, waktu sampai ke Medan, nuansanya beda banget! Rasanya sangat menyenangkan dan Kiba harus istirahat terlebih dahulu sebelum melakukan pertualangan. Apalagi short gate away ke Medan ini hanya dua hari saja, namun puas pastinya pergi ke beberapa tempat dan juga menikmati beberapa kuliner, khususnya DURIAN MEDAN. Siapa yang tidak suka durian? Kalau Kiba hantunya lho.

Istana Maimun
Kiba rental mobil selama di Medan berserta supirnya. Supir Kiba menawarkan untuk mengunjungi istana Maimun. Nah, penasaran seperti apa istana maimun. Kiba pun setuju saja diajak kesana. Istana Maimun berlokasi di Jl Brig. Katamso Kel. Sukaraja Kec. Medan Maimun. Mobil pun melaju ke istana maimun, berhubung jalan Medan itu kebanyakan satu arah jadi lumayan muter-muter dan akhirnya sampai juga.


Beberapa kios yang menjual oleh-oleh pun berteriak menawarkan souvernir yang mereka jual. Namun, Kiba focus untuk menuju istana maimun. Namun, sayang begitu tiba disana, istana Maimun tutup! Kebanyakan turis yang sudah datang kesana, hanya puas untuk duduk-duduk diluar istana Maimun sambil photo bagian luarnya.

Padahal, sewaktu driver yang kami hire itu menceritakan di istana maimun, kita bisa sewa pakaian adat untuk photo-photo cantik. Ya sudahlah, belum rejeki untuk menikmati keindahan yang ada di dalam istana maimun. Berarti, Kiba mesti balik lagi untuk liburan ke Kota Medan.
  
Note:
Istana didirikan sekitar tahun 1888 dengan arsitektur gabungan antara Islam, Spanyol, Melayu, India dan Italia. Istana peninggalan Kesultanan Deli ini luasnya mencapai 2.772 m2 dengan 30 ruangan. Saat memasukinya, traveler bisa mengenal lebih jauh tentang peninggalan pemerintahan Kesultanan Deli.

Penangkaran Buaya Asam Kumbang Medan

Pertualangan Kiba pun berlanjut lebih jauh lagi yakni melihat penangkaran buaya asam kumbang. Penasaran deh melihat buaya ala konsep Medan. Maklum, Kiba kan lahir dan besar di Balikpapan, sudah biasa melihat penangkaran buaya di Kalimantan Timur. Makanya, penasaran pengen lihat penangkaran buaya di Medan.

Ada kolam besar dan Kiba pikir itu hanya kolam biasa saja, ternyata Kiba salah! Sebab, di dalam kolam tersebut terdapat banyak sekali buaya rawa. Wah, penasaran pengen lihat buaya yang berenang bebas di rawa. Sayang air rawanya berwarna hijau jadi tidak nampak buaya yang sedang berenang.


Oh ya, konon, driver kami menjelaskan lokasi penangkaran buaya ini luas lahannya sekitar  2 hektare, tempat penangkaran buaya ini menjadi taman buaya terbesar di Asia Tenggara. Namun, sejauh mata memandang tidak terlalu besar. Apa Kiba yang kelelahan ya? Walaupun demikian, sangat menyenangkan menelusuri penangkaran buaya dan melihat beragam jenis buaya. Bahkan, ada buaya yang ekornya bunting tetapi besar banget lho.


Nah, penasaran ingin melihat buaya di penangkaran buaya Medan, langsung saja meluncur di lokasi Jl. Bunga Raya II No. 54, Sunggal.

Maha Vihara Adhi Maitreya
Tidak lengkap ke Medan jika tidak mampir ke Maha vihara Adhi Maitreya lho. Masalahnya, bangunannya itu memiliki arsitektur unik. Bahkan vihara satu ini termasuk vihara terbesar di Indonesia.  Suasana di vihara ini sangat tenang, saat mengelilingi vihara ini terdapat tiga patung suci, yaitu patung Dwi Kwan in, Patung suci Sang Budha dan patung Hakim Bao.

Kiba sangat senang berada di vihara ini, khususnya ketika berada di taman karena menyerupai kota Beijing Cina dengan kolam berisi ikan koi dan patung Dwi Kwan In. Adem banget lho. Lokas vihara ini berada di Jl. Cemara Boulevard Utara No. 8, Medan Estate, Percut Sei Tuan, Deli Serdang.


Usai lelah mengelilingi vihara, makan ice cream tung tung yang dijual di luar vihara. Ini sangat menyenangkan dan asyik juga makan ice cream tung tung pakai roti yang dijual di dekat vihara lho.

Bicara soal ice cream, pasti tidak luput yang namanya kuliner. Apalagi, nggak afdol kalau ke Medan namun nggak nyoba makan durian Medan. Jadilah, ngebolang di Sibolang durian. Wah, banyak sekali durian segar dan manis. Kiba saja sampai makan dua durian dan pancake durian. Enak banget, pengen lagi balik ke Medan untuk menikmati duriannya.


Nah, itu perjalanan singkat pertualangan Kiba ketika liburan ke Medan! Asyik banget menikmati wisata budaya dan kuliner ala Medan, sebenarnya ada banyak kuliner yang kami nikmati ketika liburan ke Medan. Namun, tidak bisa dituliskan semuanya disini, apalagi makan di istana koki. Enak tenan lho. Temans sudah pernah ke Medan, kemana saja? Share dong


Salam dan Tetap Bahagia




Temukan Informasi menarik di blog yang dikelola Citra Pandiangan
Kerjasama, Kritik/Saran silahkan kirim ke email di  2travellife@gmail.com

14 comments

  1. Kakak Kiba, ajakin dedek jalan-jalan lagi dong ke Medan. Medan yg paling disuka adalah makanannya

    ReplyDelete
  2. Betul... Jaman sekarang mah mudah. Mau kemana mana, bisa naik pesawat dengan cepat karena dari laut dan darat bisa berjam-jam. Aku pernah naik kapal kelud, waktunya sampai 24 jam dengan harga yang lebih murah 100 ribu dari tiket pesawat. Padahal kalau naik pesawat, waktunya hanya 1 jam dari Batam ke Medan

    ReplyDelete
  3. Durian medan, durian medan... kalau di semarang, durian medan selalu jadi idola. Apalagi kalau makannya langsung di Medan-nya ya kak.. pasti menyenangkan sekali...

    ReplyDelete
  4. nah aku suka banget pas ke viharanya kak, karena ada foodcourt yang menjual aneka makanan vegetarian

    ReplyDelete
  5. Saya penasaran sama Penangkaran buayanya kak, tapi rada serem-serem juga ya, hampir 2 hektar dipakai untuk buaya..

    ReplyDelete
  6. Aku kbayang gimana jauh dan lamanya perjalanan... Dulu aku pernah dari Batam lewat Dumai ke Payakumbuhh, jauhnyeeeee.... Ke Medan juga jauh yaaa .. Syukurnya skrg bisa lebih ringkes krn ada tiket pesawat ke Medan...

    ReplyDelete
  7. Wah... aku setiap pulang kampung malas ke Medan.. hihihi dari bandara langsung tembak ke Tebing Tinggi. Abis Medan serba macet sih, jadi aku da mual duluan... kwkwkwkwkwk... Asyiklah ke Maimun dan penangkaran buaya ya... Plus makan durian si Bulang, Nyammmmm

    ReplyDelete
  8. mengunjungi tanah di mana ortu kita berasal itu penting
    karena di sana masih ada keluarga besarnya
    silaturahmi itu perlu karena hubungan darah tak akan terputus oleh jarak
    semoga bisa balik kampung lagi ya

    ReplyDelete
  9. nggak ngeri tu cit di penangkaran buaya?

    ReplyDelete
  10. Identik banget durian sama Medan kak. Aku sempat makan duren di acara Festival makan duren, lumayan, sejam bisa makan 3 buah durian bayarnya 60rb aja. Hahahaha, menang banyak pokoknya.

    ReplyDelete
  11. Puas banget ya Cit makan durian gitu. Huhu aku jadi pengen durian. Sudah lama dilarang suami gak boleh makan durian.

    ReplyDelete
  12. Kapan-kapan pengin main ke Medan. Pengin kulineran selain jalan-jalan. Browsing di internet, kulinernya wow juga.

    ReplyDelete
  13. Medan termasuk salah satu wish list saya untuk liburan. Soalnya kalau lihat review youtuber/blogger baik wisata dan kulinernya juara banget. Makasih sharingnya mbak. Horas! ^_^

    ReplyDelete
  14. Medan emang selalu ngangenin. Istana maimun dan mesjid raya itu khas banget, semua orang tau itu di medan. Btw duriannya bikin baper aja :D

    ReplyDelete

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia

Cheaper hosting