Apa 7 Hal Prioritas Dalam Hidup Mu?

Tentukan Prioritas dalam Hidup

apa 7 hal priorotas dalam hidup
 

Kitabahagia.com- Senin di bulan Juli sudah tidak terasa datang lagi ya. Pernah tidak kita mencoba untuk menyelesaikan semua tugas kita setiap hari, karena kita merasa setiap hal yang kita tulis dalam to do list semuanya PENTING? Apakah kamu merasa dibatasi oleh waktu untuk menyelesaikan semua tugas tersebut? Jika jawabannya “YES”, maka teman tidak memiliki hal prioritas. Jadi, boleh tidak Kiba tanya, “Apa 7 Hal Prioritas dalam Hidup?”

 

 Dengan mengetahui tujuan prioritas utama, maka kita akan lebih memfokuskan ke prioritas tersebut sehingga bisa mencapai target yang diinginkan. Tentunya, setelah kita memiliki daftar prioritaskita Anda akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk menerapkan perubahan dan keputusan selaras dengan misi hidup kita. Namun perlu kita ingat ya, setiap orang berbeda, dan semua orang peduli tentang hal yang berbeda. Tidak dipungkiri kemungkinan ada beberapa benang umum yang menghubungkan kita semua.

Apa 7 Hal Prioritas Dalam Hidup Mu?
 

 Bisa jadi, teman tidak menemukan bahwa setiap item dalam daftar tersebut sesuai dengan prioritas teman. Namun, Kiba yakin 7 prioritas utama dalam kehidupan hampir sama; apakah itu?


1. Tentukan Misi Hidup  

Bayangkan saja hidup tanpa misi? Tentu saja kita akan tersesat! Makanya, penting banget MISI dalam kehidupan kita ini! Sama halnya dengan nafas kehidupan, misi ini menentukan ingin menjadi apa dan bagaimana membuat misi dalam hidup kita berhasil dijalankan. Teman tidak akan bisa sukses, jika tidak memiliki misi dalam hidup. Jadi, mari tentukan misi hidup agar bisa sukses.

 

Setelah kita mengetahui misi kita dan dengan mudah kita bisa menentukan tujuan agar misi tersebut bisa berhasil. Contoh garis besar saja, teman ingin menjadi seorang blogger sukses. Pastinya untuk mencapai misi. Teman harus mempelajari teori dunia blogging, kemudian menentukan NICHE; dilanjutkan dengan membeli domain dan hosting untuk memposting artikel yang akan ditulis. Tidak sampai di situ saja, misi selanjutnya bagaimana membuat blog bisa menghasilkan. Sehingga bisa dikatakan “SUKSES.”

 

Nah, tanpa misi dalam tujuan hidup kita; kita bisa saja salah mengambil langkah dan tidak tahu mana yang harus menjadi prioritas. Bayangkan saja, jika teman tidak mengetahui dunia perbloggingan seperti apa. Langsung beli domain dan hosting; setelah itu tenggelam karena tidak mengetahui tips dan tricknya.

 

Nah, menentukan misi dalam hidup tujuan jangka pendek, panjang; maka kita bisa   memprioritaskan hal-hal ini tanpa mengorbankan komitmen kita untuk itu, kita bisa mencapai tujuan. Nah, itu hanya gambaran yang Kiba berikan! Teman bisa menentukan misi dalam hidup teman seperti apa. Caranya mudah, tentukan pernyataan misi teman dan mengidentifikasi hal-hal yang perlu teman lakukan untuk mencapai tujuan teman dalam hidup.

 

Setelah kita menentukan misi hidup, mengatur tugas-tugas kita, dan membuat setiap item dalam daftar tugas kita mengungkapkan misi itu. Jika item tidak selaras dengan tujuan hidup kita, maka kita bisa menolak untuk melakukannya. Hal sederhana, teman ingin menurunkan berat badan. Nah buatlah misi menurunkan berat badan, do and don’t, serta komitmen untuk menyelesaikan misi sampai ke tujuan. Ingat! to-do list harus menjadi ekspresi dari tujuan pribadi dan profesional kita pada dasarnya.

 

2. Kesehatan Fisik

Tentunya kita tidak akan bisa menyelesaikan misi apabila kita sakit. Nah, prioritas berikutnya adalah KESEHATAN. Ini harus menjadi pedoman dalam kehidupan untuk tetap SEHAT.  Bayangkan saja, apabila kita memiliki penyakit, tentu saja kita tidak bisa bergerak untuk melakukan aktivitas dengan baik. Sehingga kesehatan fisik itu sangat penting sekali!

 

Sangat sederhana sekali, kesehatan yang buruk merampas kebahagiaan dan mengurangi produktivitas kita secara keseluruhan. Inilah sebabnya mengapa kita perlu untuk memutus siklus kesehatan yang buruk. Bagaimana untuk memutus hubungan dengan kebiasaan buruk? Jika kita mengingat misi kita dan prioritas dalam kehidupan kita, tentunya akan sangat mudah.

 

Sebab, tubuh sehat secara fisik dan rohani di mulai dari mendapatkan kualitas tidur yang baik, selalu memiliki hati yang gembira. Tidak mudah menyerah, semangat pantang mundur untuk menyelesaikan misi.  Nah, prioritas kesehatan ini penting. Jadi lakukan beberapa hal ini agar bisa meningkatkan kesehatan kita yakni  konsumsi makanan yang sehat, olahraga dan tidur cukup.  Mudah banget kan untuk bisa menentukan prioritas hidup sehat?

 

3. Waktu Berkualitas Bersama Keluarga

Taukah teman jika sudah memiliki KELUARGA. Hal paling penting untuk dimasukkan dalam prioritas adalah waktu berkualitas bersama keluarga. Mengapa seperti itu? Kiba kasih gambaran sederhana saja, namanya hidup itu pasang surut; apabila kita mengalami hal yang buruk di tempat kerja, pilar dukungan pertama yang bisa kita dapatkan adalah keluarga.

 

Maka daripada itu, tidak ada salahnya meluangkan waktu bersama keluarga menjadi prioritas utama dalam kehidupan kita! Menghabiskan waktu bersama keluarga itu nggak selamanya identik dengan liburan keluar kota. Teman bisa melakukan kegiatan sehat seperti olahraga bersama, jalan-jalan usai makan malam bersama keluarga, atau hal yang mudah membaca buku bersama, memasak bersama. Ya, lakukan kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga.

 

Sejujurnya, Kiba juga rindu kegiatan sederhana seperti itu makan malam bersama keluarga. Berasa seperti harta karun kalau saat ini untuk makan malam bersama. Jangan sampai, teman yang sudah memiliki anak tidak meluangkan waktu bersama anak (suami-istri) karena sibuk kerja. Teman bisa sukses juga koq baik karir dan keluarga, kenapa tidak!

 

4. Hubungan yang Sehat

Poin ini masih erat sih dengan keluarga. Namanya berkeluarga pastinya harus memiliki hubungan penting untuk menemukan makna dan tujuan hidup. Setelah keluarga, teman-teman, kolega, atau anggota komunitas teman juga memainkan peran penting dalam hidup kita melampaui apa yang dapat kita bayangkan.

 

Taukah teman, dengan memprioritaskan hubungan yang sehat bisa mengurangi produksi hormon stres kortisol yang bertanggung jawab untuk stres. Sehingga, lingkungan kita jika kita dikelilingi oleh orang yang bisa memberikan kita inspirasi setiap hari akan membuat kita semangat dalam menjalani hidup. Sedangkan, jika kita dikelilingi oleh orang-orang yang tidak memiliki misi dalam hidup, maka kita bisa mendapatkan tonic dalam pertemanan itu! Jadi, pilihlah teman yang bisa memberikan motivasi dalam menjalani kehidupan.

5. Kesehatan Mental

Apakah teman selalu sibuk dengan pekerjaan, komitmen sosial, pelajaran, keluarga, dan kegiatan sehari-hari? Jika ya, maka teman perlu memprioritaskan kesehatan mental Anda. Tetapkan rutin untuk menyelidiki bagaimana perasaan kita, ketika kita sibuk atau bekerja terlalu keras.

 

Coba lakukan beberapa hal ini agar menjaga diri teman tetap terkendali yakni Lakukan Audit Mental. Caranya mudah sekali, teman tinggal mengambil kertas dan perhatikan apa yang teman rasakan, pikirkan bahkan katakan. Apabila hal itu mempengaruhi suasana hati teman, baik positif maupun negatif, teman tinggal mengidentifikasikan Bendera Merah.

 

Maksudnya? Sabar dulu teman, kita jelaskan dulu. Bendera merah yang kita buat ini merupakan sinyal peringatan yang menunjukkan ketika teman mengalami perubahan dalam pikiran, perasaan, dan kebiasaan teman. Mereka juga bisa memperingatkan teman ketika reman mengalami kelelahan atau stres. Semakin awal teman tahu apa yang salah dengan teman dan mengembangkan strategi mengatasi untuk menyelesaikan masalah, semakin cepat dan mudah untuk kembali ke jalurnya.

 

Nah, dari analisa ini kita bisa mencari tahu pemicunya teman. Misalnya nih ya, teman

memerhatikan beberapa tugas, peristiwa, kebiasaan, atau pengalaman mempengaruhi kesejahteraan mental, seperti masalah kesehatan, meningkat nya beban kerja, atau tantangan hubungan, termasuk  perawatan diri. Ingat ya, khusus kaum hawa, perawatan diri bukanlah egois. Sebab itu bisa membantu untuk mendapatkan kembali keseimbangan kita, sehingga kita dapat mengambil lebih banyak tugas. Jadi, tidak ada salahnya ME TIME untuk bisa kembali lagi menyelesaikan misi.

 

6. Keuangan

Kiba paling sebel kalau ada yang bilang bahwasanya uang tidak memberikan KEBAHAGIAAN. Namun, uang mungkin tidak membeli kebahagiaan, kita harus mendapatkan setidaknya di atas apa yang kita butuhkan untuk tetap bahagia. Hidup bisa sengsara ketika kita berjuang untuk membayar tagihan atau memberi makan diri sendiri, jadi prioritaskan keuangan kita!

 

Remember quotes ini?  “Hasilkan uang lebih baik untuk Anda daripada bekerja seumur hidup untuk uang.”  Nah, maksud dari quotes ini tidak lain selain bekerja kita juga harus memiliki tujuan dalam hidup seperti memilik buku tabungan yang terisi duit bukan hanya memiliki buku tabungan, tetapi ZERO money di dalamnya hahaha. Bahkan, kita juga bisa melakukan investasi untuk masa depan kita.  

Nah, untuk bisa mendapatkan penghasilan pendapatan, teman bisa menambahkan aset teman dan mengurangi kewajiban teman. Pada dasarnya sih ya MENGHEMAT gitu!  Sehingga teman bisa menikmati hidup di hari tua, tanpa perlu cemas dengan keuangan.

 

7. Peningkatan Diri

Ada cara sederhana untuk meningkatkan diri sendiri. Teman bisa menonton video yang bisa memengaruhi hidup teman secara positif, membaca buku pengembangan pribadi, atau mempelajari keterampilan baru. Bahkan bukan ide yang buruk untuk mempelajari sesuatu di luar bidang kita. Belajar menopang hidup!

Ingin tahu cara meningkatkan diri? Ada beberapa cara agar bisa meningkatkan diri dalam kehidupan kita!

Tentukan Tujuan Hidup, teman!

Tetapkan tujuan kita (daftar umum) dan menjadi lebih spesifik dengan memecah daftar umum teman menjadi item-item spesifik: contoh waktunya diet dan menurunkan berat badan sebanyak 10 kilogram, dapatkan sertifikat, buat blog dari blogspot ke wordpress; dapat dolar dari Adsense.

Teman Fokus pada Kekuatan

Sorot kekuatan teman dan apa yang kita rasa kurang untuk mencapai tujuan spesifik. Kemudian jelaskan mengapa kita ingin melihatnya menjadi kenyataan. Apa manfaatnya bagi diri kita?

Visualisasikan

Visualisasikan diri teman agar mencapai tujuan. Teman bisa merancang papan visi agar teman bisa melihat seperti apa kesuksesan itu nantinya. Ini mungkin termasuk foto-foto teman yang lebih sehat dan lebih bahagia!

Tata Rencana Teman

Tetapkan rencana teman. Bagaimana teman bisa sampai di sana? Apa yang dibutuhkan oleh teman? Bagaimana teman mempelajari keterampilan baru? Berlangganan kursus online? Teman bisa menentukan langkah-langkah yang perlu ditindaklanjuti yang perlu teman ambil untuk meningkatkan rencana teman.

 

 Hidup tanpa pedoman sama halnya menjaring angin! Maknanya kita menjalani kehidupan ini dengan sia-sia. Mari, perbaiki diri untuk menentukan prioritas mana yang ingin kita tetapkan dalam kehidupan ini, menurut teman seperti apa?


Salam dan Tetap Bahagia




Temukan Informasi menarik di blog yang dikelola Citra Pandiangan
Kerjasama, Kritik/Saran silahkan kirim ke email di  2travellife@gmail.com

No comments

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia

Cheaper hosting