Tetap Bugar Meski di Rumah

Jaga Makan dan Tetap Berolahraga

tetap bugar meski di rumah
 

Kitabahagia.com- Happy Monday, meski malam sudah hampir berlalu dan berganti hari. Kiba tetap ucapkan selamat hari senin dan selalu ceria, tetap sehat. Salah satu langkah tetap SEHAT adalah dengan olahraga. Kita harus meluangkan waktu berolahraga, seberapa pun bertanya beban hidup karena covid. Meskipun demikian kesehatan adalah terpenting dari semua materi di dunia ini.

 

 Kita tahu terkadang kita bingung bagaimana tetap fit tanpa harus meninggalkan rumah. Apakah ada cara sehat tanpa harus berolahraga di gym, apalagi di luar rumah. Terkesan serem dan sesak nafas, jika menggunakan masker untuk berolahraga. Jangan kan untuk berolahraga pergi ke swalayan sejenak saja, terasa gerah dan tidak nyaman. Jadi, kita harus tetap fokus untuk berolahraga meski di rumah saja.

 

 Nah, penasaran bagaimana tetap bugar dan sehat meski di rumah saja?

  Hal yang pertama yang wajib kita perhatikan adalah dengan memfokuskan diri kita terhadap nutrisi! Sebab, sangat mudah bagi otak kita untuk berpikir: "Yah, aku tidak bisa berolahraga seperti dulu, siapa yang peduli dengan apa yang aku makan." Bayangkan saja, kita jarang meninggalkan rumah atau berjalan kaki untuk bekerja setiap hari; dan pola makan kita ketika tidak melakukan apa pun sangat menentukan berat badan kita dengan pasti.  Ada baiknya, meski di rumah saja; kita tetap harus memperhatikan pasokan makanan yang kita beli dan konsumsi.

 

Sudah tahu kan kalau sekarang ini sudah ada yang namanya Kalkulator Kalori Harian, di mana kita bisa menghitung jumlah kalori yang kita masukan dalam tubuh dengan cara mengkonsumsi makanan!

 

Pelajari tentang ukuran porsi makanan yang berbeda! Jika kita sebagian besar makan makanan yang terdiri dari nasi, pasta, oatmeal, sereal, dan sebagainya selama karantina. Sudah bisa dipastikan pentingnya untuk mengetahui ukuran porsi yang benar. Sebab, makanan itu adalah makanan yang mudah dikonsumsi, tetapi jika porsi berlebihan tidak baik bagi kesehatan.

 

Nah, tadi itu mengenai nutrisi yang wajib kita perhatikan selama berada di rumah saja! Meski demikian, kita harus ingat untuk memulai menikmati makan sehat. Makanan sehat itu seperti apa sih? Taukah teman menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan adalah hal yang sangat sulit. Sebab itu sangat penting untuk memperhatikan dan mencari tahu makanan sehat yang bisa dikonsumsi.

  Jika kita ingin sehat, kita perlu makan sayuran. Sayuran kaya nutrisi dan rendah kalori, membuatnya ideal untuk hidangan sehat. Kehilangan berat badan terjadi karena makan lebih sedikit kalori daripada yang kita bakar. Jadi pada intinya makanan sehat adalah makanan yang bernama SAYURAN.

 

Latihan berat badan dan senam dapat membangun otot, itu hanya perlu dilakukan dengan niat dan intensitas yang tepat! Berarti kita hanya perlu memiliki rencana yang tepat. Ini ada beberapa latihan yang mudah dan bisa dilakukan di rumah kita lho!

 

Latihan Berat Badan Pemula

Ini adalah Latihan Berat Badan Pemula (3 Sirkuit):

20 jongkok.

10 Push-up.

10 kali Berjalan Menekuk lutut (setiap kaki).

10 kali angkat dumbbell yang bisa kita buat sendiri dari botol susu atau berat lainnya).

15 kali second plank.

30 kali loncat

 

Kiba tahu, kita tidak terbiasa dengan gerakan tersebut. Namun tidak ada salahnya untuk dilakukan setiap hari dengan memulai dari jumlah bilangan kecil terlebih dahulu. Nah, kita coba dulu terapkan latihan ini ya. Jika terasa mudah, maka kita harus sudah memasuki tahap berikutnya. Sebab fit dan bugar tidak bisa instan seperti menyeduh kopi, melainkan intens untuk melakukan olahraga sederhana meski di rumah saja.

 

 



Salam dan Tetap Bahagia




Temukan Informasi menarik di blog yang dikelola Citra Pandiangan
Kerjasama, Kritik/Saran silahkan kirim ke email di  2travellife@gmail.com

No comments

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia

Cheaper hosting