Inilah Beragam Kandungan Yang Terdapat Pada ASI

Kandungan Asi

Kitabahagia.com-Bisa dipastikan bahwa sebagian besar dari kita pernah merasakan air susu ibu alias ASI sewaktu balita. Ya, ASI ini merupakan sumber makanan utama bagi bayi, karena di dalamnya terdapat beragam kandungan nutrisi yang dapat mendukung tumbuh kembangnya bayi.

 

ASi itu sendiri memiliki beberapa istilah yang meliputi ASI ekslusif, ASI predominan, dan ASI parsial. Tak hanya itu, ASI juga terdiri kedalam 3 tahapan yang berbeda, yakni kolostrum, ASI transisi, dan ASI matur (ASI matang). Nah, secara kebetulan juga, pada kesempatan kali ini akan membahas seputar beberapa kandungan yang terdapat pada ASI. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini yang dikutip dari website parenting di indonesia.

 

1. Lemak

Kandungan pertama yang terdapat pada ASI, yakni berupa lemak. Lemak tersebut memiliki sifat yang mudah dicerna dan diserap oleh bayi, karena didalamnya terdapat enzim lipase yang berperan dalam mencerna lemak. Berdasarkan dari hasil penelitian, lemak utama pada ASI itu berupa lemak ikatan panjang yang terdiri dari omega 3, oomega 6, DHA, dan asam karbohidrat yang manfaatnya dapat mendukung pertumbuhan syaraf dan otak bayi.

 

2. Karbohidrat

Selain lemak, ASI juga memiliki kandungan karbohidrat utama yang berupa laktosa (gula). Dibanding dengan susu sapi, ternyata kandungan laktosa pada ASI ini jauh lebih banyak lho. Laktosa itu sendiri berfungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium yang sangat penting bagi pertumbuhan tulang si kecil.

 

3. Protein

Protein utama yang terdapat pada ASI itu berupa whey, yang bersifat mudah dicerna oleh bayi sehingga tidak akan menyebabkan masalah intestinal. Kandungan protein pada ASI mencapai 60%. Bukan hanya itu, ASI juga diperkaya dengan kandungan alfa laktalbumin yang dapat mencegah alergi.

 

4. Immunoglobulin A (IgA)

Tak hanya berperan sebagai imunisasi aktif yang merangsang dalam pembentukan daya tahan tubuh bayi, melanikan juga berperan sebagai imunisasi pasif yang dapat melindungi usus bayi pada minggu pertama kehidupan dari allergen dikarenakan memiliki kandungan immunoglobulin A (IgA).

 

5. Vitamin, Mineral, dan Zat Besi

Kandungan berikutnya yang terdapat pada ASI, yakni terdiri dari vitamin, mineral, dan zat besi. Tentu saja semua kandungan tersebut sangatlah penting, karena fungsinya dapat menudukung perkembangan dan pertumbuhan bayi.

Lantas, Seperti Apakah Manfaat ASI Bagi Bayi?

 

Manfaat ASI untuk bayi:

* Dapat melindungi tubuhnya dari serangan alergi, berkat kandungan IgA

* Dapat meningkatkan daya penglihatan serta kepandaian berbicara pada bayi

* Mampu membantu dalam pembentukan rahang yang bagus

* Mengurangi risiko terkena penyakit kronis seperti diabetes, kanker, hingga penyakit jantung

* Dapat menunjang perkembangan motorik bayi

Selain bermanfaat untuk bayi, ternyata ASi juga bermanfaat bagi ibu yang menyusui lho. Adapun mengenai beragam mafaatnya seperti berikut:

* Mudah, murah, dan tersedia kapan saja

* Mempercepat proses pemulihan pasca persalinan, serta dapat mengurangi pendarahan karena otot-otot di rahim mulai mengerut, sehingga pembuluh darah yang terbuka itu akan terjepit dan pendarahannya pun akan berhenti

* Mencegah kehamilan karena kadar proktalin yang tinggi, sehingga dapat menekan hormone FSH yang membuat ovulasi mencapai 99% (jika ASI diberikan secara terus-menerus tanpa tambahan selain ASI)

* Dapat meningkatkan rasa kasih sayang serta kedekatan antara ibu dan anak

* Dapat mengurangi risiko terkena penyakit kanker

* Membantu ibu dalam menurunkan berat badan pasca melahirkan

* Dapat menurunkan risiko DM tipe 2.

 



Salam dan Tetap Bahagia




Temukan Informasi menarik di blog yang dikelola Citra Pandiangan
Kerjasama, Kritik/Saran silahkan kirim ke email di  2travellife@gmail.com

No comments

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia

Cheaper hosting