Cara Ampuh Mengatasi Tekanan di Tempat Kerja

Nikmati Hidup dan Tekanannya

 Cara Ampuh Mengatasi Tekanan di Tempat Kerja


Kitabahagia.com- Hai teman, apa kabar? Pasti hidup semakin tertekan dengan keadaan pekerjaan dan juga kondisi dunia yang sedang menghadapi permasalahan yang pelik. Siapa di sini yang tidak pernah merasa tertekan dalam hidupnya! Kiba bisa katakan, teman adalah orang yang paling beruntung di dunia. Sebab, selama Kiba hidup dari kecil, selalu saja ada tekanan dalam kehidupan, including ketika Kiba sudah besar.

 

Kita tahu bawasanya hidup tidak pernah seindah negeri dongeng. Namun, kita bisa belajar dari kisah dongeng, dimana setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya. Tinggal bagaimana mengatasi persoalan tersebut, apakah terus maju atau menyerah. Kita tahu setiap hidup, baik pertemanan, keluarga dan juga di lingkungan tempat bekerja selalu saja ada TEKANAN.  Namun, yang paling penting adalah apakah kita mampu menghadapi tekanan di tempat kerja?

Sebab, kemampuan yang baik bagi seorang pekerja adalah bisa menghadapi tekanan di tempat kerja. Namanya, pekerjaan pasti akan selalu menemukan persoalan, dan bahkan tekanan yang berat! Itu normal, karena kita bekerja dengan orang lain. Bahkan, ketika kita memiliki usaha sendiri, tekanan yang kita akan alami juga berbeda. Sebab itu, tidak heran jika di mana saja akan selalu ada tekanan. Namun yang paling penting adalah menemukan kunci untuk mengatasi tekanan di mana pun kita berada.

 

 Kita tahu dengan pasti di tempat kita bekerja, hampir semua orang mengalami perasaan yang sama yakni TERTEKAN. Nah, tindakan apa yang akan teman lakukan ketika menghadapi tekanan di tempat kerja?

 

Kiba tidak memiliki banyak pengalaman mengenai hal tersebut, namun bisa kita pastikan selalu ada jalan keluar dari setiap persoalan dan tekanan dalam hidup.  Ketika menghadapi tekanan di tempat kerja, hal yang pertama harus dilakukan adalah TETAP TENANG! Ya, sikap tenang adalah cara terbaik untuk menghadapi persoalan. Jangan panik! Memang untuk bersikap tetap tenang itu tidak bisa instan.

 

Namun, kita bisa melatih sikap tenang. Semakin banyak latihan, maka bisa dipastikan kita akan semakin baik dalam bersikap tenang. Ketika persoalan pekerjaan datang tiba-tiba. Ya, namanya tekanan tidak bisa dipastikan kapan datangnya, bukan? Kenapa kita harus memiliki sikap tenang? Sebab, itu merupakan langkah yang baik untuk menyelesaikan tugas teman, bahkan ketika dalam menghadapi keadaan yang sulit.

 

Setelah bisa menentukan sikap tenang. Teman bisa tetap fokus pada apa yang harus dicapai. Ya, bisa dipastikan hari itu pasti membuat kita semakin stres. Tentunya akan semakin sukar untuk bisa mempertahankan FOKUS dalam menyelesaikan tanggung jawab. Namun, teman ketika kita bisa bertenang, berpikir dan kemudian kita pun bisa fokus terhadap pekerjaan penting yang harus diutamakan terlebih dahulu. Menentukan prioritas pekerjaan itu sangat PENTING.  

 

Ketika kita sudah berhasil menyelesaikan pekerjaan utama kita, dan melihat teman kita sedang mengalami kesulitan dalam melakukan pekerjaan. Tidak ada salahnya, kita turut membantu mereka. Tahukan teman, sikap seperti itu merupakan sikap pemimpin sejati. Memang terkadang membantu rekan dalam pekerjaan, terkadang ada saja drama yang terjadi.

 

Namun, kita harus sebisa mungkin untuk menghindari drama dan tetap berpikir POSITIVE. Memang, ada sikap yang baik ketika kita menolak untuk terlibat dalam argumen maupun opini A dan B yang tidak ada hubungan dengan pekerjaan. Sebab itu, ada baiknya apabila kita tetap sibuk, namun pikiran tetap berfokus pada pekerjaan dan tetap positif.  

 

Ketika teman lelah, tidak ada salahnya jika kita beristirahat. Sebab, istirahat membantu kita untuk melepaskan stres yang ada di dalam pikiran. Serta, istirahat mampu membuat kita merasa segar dan kembali produktif. Istilah orang Jawa, jangan ngoyo, kali ya!  Bagaimana cara istirahat? Nah, tidak mungkinkan NAP di kantor! Namun, teman bisa melakukan seperti berdiri sejenak dari meja kerja dan menggerakan badan. Bahkan teman juga bisa pergi ke kamar mandi sejenak untuk menyegarkan tubuh.

 

 Nah itu merupakan beberapa cara untuk menghadapi tekanan di tempat kerja. Memang terkesan nggak ada artinya, ketika masalah datang. Namun, mengatasi tekanan dalam bekerja merupakan cara ampuh untuk kita tetap bekerja dengan semangat dan mengurangi stres dikarenakan TEKANAN dalam bekerja.



Salam dan Tetap Bahagia




Temukan Informasi menarik di blog yang dikelola Citra Pandiangan
Kerjasama, Kritik/Saran silahkan kirim ke email di  2travellife@gmail.com

No comments

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia

Cheaper hosting