Percaya Diri dalam 3 Menit, Bisa?

Cara Menimbulkan Rasa Percaya Diri

 

Kitabahagia.com-  Apakah kita sudah percaya diri? Jawablah dengan jujur, karena itu untuk diri sendiri. Soalnya, tidak ada yang tahu juga, kalau kamu berbohong koq. Jika, kamu merasa kurang percaya diri, sepertinya kamu wajib membaca tulisan ini sampai selesai. Apakah kamu termasuk bagian dari orang yang menderita, karena kurangnya kepercayaan diri?


Wah, itu tandanya kamu tidak yakin dengan apa yang kami pikirkan dan yakini. Kamu tidak menyadari bawasanya kamu adalah orang yang kuat; hanya saja tidak menyadarinya.  Perasaan kurang percaya diri membuat kamu menjalani hidup dengan perasaan takut, membela diri, dan bahkan berlebihan untuk menyenangkan orang lain.

 

 Bagaimana membuat kamu merasa percaya diri? Berilah perasaan positif terhadap diri sendiri, ide-ide dan berikan nilai yang bagus untuk diri sendiri, dengan cara melakukan perawatan diri, merasa bangga dengan diri sendiri. Bagaimana pun juga tidak semua orang terlahir dengan penuh percaya diri, tetapi kepercayaan diri bisa dipupuk lho.

 

Kepercayaan diri tumbuh dengan tindakan yang akan meningkatkan kehidupan. Kamu dapat melakukan latihan mental yang menyenangkan ini sendiri, secara pribadi, dan dalam waktu yang sangat singkat. Selain itu juga butuh PROSES.

 

 Dengan latihan membangun kepercayaan diri, bisa menumbuhkan rasa percaya diri. Nah, coba kamu fokus pada tiga hal yang baik yang terjadi pada hari kamu, dan kenapa? Fokus pada tiga keberhasilan baik kecil maupun besar, yang kamu miliki pada hari tertentu.  Tidak ada salahnya meluangkan waktu 3 menit untuk membuat catatan mental atau menuliskan satu sampai tiga keberhasilan kamu pada hari ini.

 

Pasti kamu bingung, tiga goal kemenangan, tidak setiap hari bakalan mendapatkan keberhasilan. Eits, yang Kiba maksud di sini adalah kemenangan kecil yang tanpa kamu sadari, kamu lewatkan setiap hari.

 

Kemenangan seperti apa sih? Kemenangan kamu berhasil mengambil keputusan yang baik. Kamu berhasil meluangkan waktu untuk berolahraga. Jujur, Kiba pun suka mengalami kesulitan untuk meluangkan waktu olahraga, misalnya hari ini kamu berhasil olahraga, itu termasuk keberhasilan yang bisa kamu tulis. Hal ini juga bisa tergolong, kamu berhasil apabila kamu merasa kasihan pada diri sendiri, ketika melakukan kesalahan tanpa menyalahkan diri sendiri.

 

 Ketika kamu berada dalam situasi sulit, dan kamu berhasil menanggapi situasi dengan cara yang lebih baik dari sebelumnya, itu termasuk keberhasilan.  Kamu beristirahat ketika merasa lelah. Kamu menahan diri untuk tidak memperburuk situasi yang buruk.  Kamu membantu seseorang. Nah, itu sebagian kecil contoh keberhasilan yang kamu bisa capai dalam satu hari itu.

Kiba kasih contoh ya, hari ini Kiba berhasil menulis 2000 kata; ketika Kiba merasa sedih, Kiba memikirkan hal-hal yang baik dan membuat rasa sedih hilang; akhirnya Kiba memberikan reward coklat pada diri sendiri. Nah, ini bisa membuat rasa percaya diri kamu tumbuh subur dalam dirimu. Meluangkan waktu tiga menit tidak lah sulit.

 

 Setelah melakukan Tinjauan Sukses Harian secara teratur, kamu dapat belajar mengenali kesuksesan kecil segera setelah itu terjadi. Ketika kamu melihat sedikit kemenangan, kamu bisa memberikan pujian batin kepada diri sendiri, menggunakan kata-kata seperti ini. “Yes, aku bisa menangangi hari ini dengan baik!”  “Aku sudah bekerja keras dengan hasil yang baik.” “Keputusan yang bagus!”

 

Terus, bagaimana dong, jika kamu tidak bisa menemukan kesuksesan di hari kamu. Mungkin kamu terlalu mencari dengan keras untuk pencapaian dengan hasil yang dramatis. Ingat ini untuk kemenangan kecil ya!  Ingat, otak kita tuh tanpa disadari suka fokus pada kegagalan. Makanya itu, jadikan kegagalan sebagai jalan menuju sukses. Beri penghargaan pada diri sendiri! Tidak mudah untuk melihat dengan keras pada kegagalan pribadi kita. Dan jika sepanjang hari adalah satu demi satu kecelakaan, maafkan diri kamu dan lanjutkan.

 

Sebab, membangun kepercayaan diri adalah sebuah proses, bukan sebuah peristiwa. Tetapi jika kamu sudah mencoba latihan ini selama beberapa minggu dan kamu masih merasa sulit untuk memperhatikan kualitas dan tindakan yang baik, temui terapis untuk mendapatkan bantuan.

 

 



Salam dan Tetap Bahagia




Temukan Informasi menarik di blog yang dikelola Citra Pandiangan
Kerjasama, Kritik/Saran silahkan kirim ke email di  2travellife@gmail.com

No comments

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia

Cheaper hosting