Kebiasaan Meningkatkan Kesehatan Mental

Kebiasaan Sehari-hari untuk Meningkatkan Kesehatan Mental

 

Kitabahagia.com- Ssstss kesehatan mental itu penting atau tidak? Pastinya penting dong ya. Tau tidak kebiasaan sehari-hari juga bisa untuk meningkatkan kesehatan mental lho. Bahkan, beberapa para ahli pun setuju.  Dimana kebiasaan tidur, mengurangi aktivitas di sosial media, berhubungan dengan teman, kegiatan aktivitas fisik, diet yang sehat, dan tahu kapan harus melepaskan sesuatu, serta istirahat yang cukup.

 

Memang, saat ini pembahasan kesehatan mental sangat trend. Namun, banyak yang tidak memahami maksud dari kesehatan mental. Kesehatan mental adalah tentang fungsi otak dan semua yang memengaruhinya. Nah, kesehatan mental mencakup kesejahteraan psikologis dan sosial kita. Termasuk juga kesehatan emosional, atau kemampuan kita untuk menyebutkan, menangani, dan mengatur emosi kita.

 

Banyak faktor yang berperan dalam kesehatan mental, beberapa di antaranya tidak dapat dikendalikan, seperti genetika, pengalaman hidup, dan riwayat keluarga. Namun, kita memiliki pengaruh terhadap sebagian besar kesehatan mental kita. Dimana, kemampuan yang dimiliki untuk mempengaruhi kesehatan mental kita adalah kuncinya, karena kesehatan mental kita sangat penting.

 

Penasaran, kenapa sih kesehatan mental begitu penting?

Kesehatan mental membantu menentukan bagaimana kita dalam menangani stres, berhubungan dengan orang lain, dan membuat pilihan. Sehingga kesehatan mental itu penting untuk menjaga suasana hati yang membaik, membuat kecemasan berkurang, bisa berpikiran jernih, serta meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri. Dengan menjaga kesehatan mental, kita juga membantu diri kita dalam mengelola kondisi kesehatan yang diperburuk oleh stres, seperti penyakit jantung.

 

Kesehatan mental kita sangat memengaruhi segala hal tentang hidup kita, termasuk cara kita memandang dan bergerak di dunia dan kemampuan kita untuk menangani hal-hal yang diberikan kehidupan kepada kita. Itulah mengapa membangun kebiasaan untuk kesehatan mental yang lebih baik dapat membuat perbedaan besar dalam kehidupan sehari-hari.

 

Nah, untuk menjaga kesehatan mental yang baik diperlukan tidur nyenyak dan cukup. Sebab, jam tidur bukan lah hal yang bisa ditawar untuk kesehatan fisik. Tidur cukup memberikan peranan penting dalam kesehatan mental. Beberapa penelitian telah melakukan riset, dimana rata-rata tidur 6 jam atau kurang per malam sekitar 2,5 kali lebih mungkin untuk melaporkan tekanan mental yang sering daripada mereka yang rata-rata tidur lebih dari 6 jam.

 

Itulah sebabnya, kualitas tidur juga sangat penting. Karena itu, ketika tidur jangan sampai terganggu. Sebab, kalau terganggu dapat menyebabkan gejala kesehatan mental. Untuk mendapatkan kualitas tidur yang cukup, coba mulai dengan kebiasaan seperti menghindari minum kafein setelah jam 3 sore. Coba membuat jadwal teratur untuk bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari.  Coba buat kamar tidur kita menjadi ruang yang tenang, santai, dan bebas dari kekacauan. Usahakan untuk menjaga suhu di kamar tidur Anda sekitar 65 ° F (18,3 ° C). Kebiasaan tidur yang sehat bisa lebih sulit untuk dibangun sendiri, jika kita memiliki gangguan tidur.

 

Perlu diketahui bahwa masalah kesehatan mental juga dapat menyebabkan kurang tidur. Jadi, perubahan pada lingkungan tidur dan rutinitas malam, mungkin tidak membuat perbedaan yang bertahan lama. Jika kita tidak melihat banyak peningkatan, terhubung dengan terapis mungkin merupakan langkah selanjutnya yang membantu.

 

Selain tidur cukup, coba mulai sekarang untuk mengurangi penggunaan media sosial. Sebab, terus-menerus mengkonsumsi informasi tentang kehidupan orang lain dapat menyebabkan seseorang membandingkan diri mereka sendiri dan mempromosikan perasaan rendah diri, yang meningkatkan perasaan cemas dan depresi. Apalagi seperti kasus Lesti, KDRT pasti membuat beberapa dari kita ikutan hanyut dengan pemberitaan, dan hasil yang tak sesuai harapan membuat kita jadi ikutan stres.

 

 Ada baiknya untuk kita menyimpan ponsel di laci atau di luar kamar tidur, saat kita hendak tidur. Membuat daftar aktivitas alternatif yang lebih bermakna untuk menggantikan sesi pengguliran yang biasa dilakukan. Coba, matikan notifikasi atau hapus aplikasi sosial dari ponsel kita. Mungkin sulit, tetapi coba membatasi penggunaan smartphone pasti tidak sesulit yang dibayangkan. Sebagai manusia, tentu kita merupakan makhluk sosial. Dimana suatu hubungan yang kuat bisa memberi pengaruh positif pada kesehatan mental kita dalam persahabatan. Dimana dalam persahabatan, kita bisa merasakan meredakan perasaan kesepian, kita mendapatkan dukungan emosional. Ada banyak sekali manfaat, ketika berkomunikasi dengan teman.

 

Sudah tahu dong kalau olahraga menawarkan berbagai manfaat kesehatan mental, seperti menghilangkan stres, membuat suasana hati baik, membantu kita tidur lebih cepat, membantu mengelola gejala depresi. Sebab, gerakan dapat melibatkan sesuatu yang berbeda untuk setiap orang, dan itu tidak harus berarti pergi ke gym — kecuali jika kita benar-benar menginginkannya.

 

Kita tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup olahraga seperti yoga dan sebagainya bisa mendukung kesehatan mental. Yuk, mulai luangkan waktu beberapa menit untuk melakukan peregangan. Meskipun sebentar, hal ini bisa membuat perbedaan besar bagi kesehatan mental kita secara keseluruhan. Sebab, peregangan akan membantu aliran darah dan mendapatkan lebih banyak oksigen melalui tubuh, yang dapat membantu kita merasa lebih santai dan bahagia.

 

Dari kecil, kita selalu mendengarkan lagu mengenai empat sehat, lima sempurna. Memang benar, menikmati makanan kaya nutrisi sangat baik bagi tubuh. Sebab, makanan tertentu juga dapat memengaruhi kesehatan mental. Nah, untuk mendukung peningkatan kesehatan mental, cobalah memperluas diet saat ini dengan memasukkan makanan yang dikemas dengan nutrisi peningkat suasana hati seperti berry, pisang, kacang polong dan bahkan ikan seperti salmon.

 

Selain makan, pastikan juga ya jangan sampai dehidrasi. Coba untuk minum banyak air sepanjang hari juga bisa bermanfaat. Sebab, ketika kita mengalami dehidrasi, kita menyangkal otak dan tubuh kita nutrisi yang dibutuhkan untuk bertahan hidup dan beroperasi pada tingkat yang lebih optimal.


Sebagai orang yang sibuk, kita harus tahu kapan harus santai. Memang, pada hari-hari yang sulit, kita mungkin merasa sulit untuk melakukan salah satu hal di atas, yang mungkin membuat kita merasa lebih buruk. Jadi, coba luangkan waktu untuk istirahat. Istirahat bisa dengan memberikan pikiran dan tubuh kita kesempatan untuk bersantai dan memulihkan diri.


 Nah, simple tapi penting! Tubuh membutuhkan sinar matahari untuk mendapatkan sumber vitamin D yang bagus. Sebab, sunbath dapat meningkatkan sikap dan suasana hati. Waktu di luar ruangan juga tidak harus lama. Cukup Lima menit langit biru dapat membuat pikiran dan hati kita benar-benar baik.

 

Jadi, sudah tahukan, kesehatan mental kita memainkan peran penting dalam kualitas hidup. Banyak faktor yang dapat memengaruhi kesehatan mental tetap berada di luar kendali kita, tetapi menambahkan kebiasaan yang bermanfaat pada hari-hari kita bisa meningkatkan kesehatan yang lebih baik.

 



Salam dan Tetap Bahagia




Temukan Informasi menarik di blog yang dikelola Citra Pandiangan
Kerjasama, Kritik/Saran silahkan kirim ke email di  2travellife@gmail.com

No comments

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia

Cheaper hosting