Dari Lokal ke Internasional Kulit Ceker Ayam Jadi Sepatu

Kisah Inspiratif Nurman Farieka di Festival Kewirausahaan Astra

Sumber satu indonesia


Kitabahagia.com- Sebagai negeri yang kaya akan talenta dan potensi, Indonesia telah menyaksikan banyak kisah sukses dari wirausahawan muda. Salah satu dari mereka adalah Nurman Farieka Ramadhany, seorang wirausahawan muda yang telah menginspirasi banyak orang melalui perjalanan bisnisnya. Dalam kesempatan Festival Kewirausahaan Astra 2019 lalu, Nurman membagikan kisahnya yang penuh inspirasi, yang bukan hanya tentang sukses bisnis, tetapi juga tentang berkontribusi bagi masyarakat.

 

Nurman Farieka Ramadhany, di bawah bendera Hirka, telah mencapai prestasi luar biasa dengan sepatu buatannya yang menembus pasar internasional seperti Amerika Serikat, Brasil, Hong Kong, Inggris, Jepang, Malaysia, dan Singapura. Tentunya, prestasi yang didapatkan ini bukanlah hal yang mudah didapatkan. Di balik itu semua, ada dedikasi, kerja keras, dan strategi branding yang cerdas. Pengakuan dari media internasional seperti New York Post, Business Insider, dan Reuters menegaskan kualitas dan integritas brand Hirka.

 

Kilas Balik Nurman Farieka Ramadhany

Kita tahu namanya barang-barang bermerek pasti menggunakan bahan unggulan dari reptil atau binatang buas seperti harimau, buaya maupun ular. Bagaimana jika seseorang bisa menggunakan bahan dari kulit ceker ayam? What do you think about this? Aneh bukan? Namun, berbeda dengan Nurman Farieka Ramdhany asal Bandung yang memanfaatkan kaki kulit ayam sebagai bahan baku untuk membuat sepatu.

 

Dia terinspirasi membuat sepatu dari ceker ayam saat dirinya makan mie ayam. Ide itu muncul kembali ketika dirinya menyantap mie ayam. Setelah sebelumnya, ia membaca jurnal terkait penyemakan kulit. Kemudian, pada tahun 2015, Nurman fokus untuk mengembangkan sepatu dari kulit kaki ayam hingga produk menjadi inovasi kekinian. Awal mulanya, ia mengumpulkan modal untuk membuat sepatu dari kulit ceker ayam. Sampai akhirnya, Nurman bisa memproduksi sepatu kulit kasual hingga dikenal oleh para pelanggan.

 

Memang diawal memulai bisnis sepatu dari kulit kaki ayam ini, Nurman hanya mengandalkan promosi dari mulut ke mulut. Hingga produk sepatu dari ceker ayam ini memiliki daya tarik tersendiri dan membuat Nurman menemukan inovasi dalam perawatan kulit kaki ayam supaya menghasilkan warna yang cantik dan unik dengan teknologi penyamakan yang telah diuji coba selama satu tahun. Sepatu berbahan dasar kulit ayam tersebut kemudian diberi nama Hirka.

 

Prestasi Hirka di Panggung Internasional

Sumber tribun jember


Berawal dari semangat untuk menghadirkan produk lokal berkualitas, Nurman dengan brand Hirka-nya berhasil menembus pasar internasional. Prestasinya diperkuat dengan publikasi dari media ternama seperti New York Post, Business Insider, dan Reuters. Namun, apa yang membuat Hirka begitu spesial? Tidak lain adalah dedikasi Nurman, kualitas produk, dan strategi branding yang cerdas.

 

Ditengah peliknya kasus korona, Nurman tetap berupaya untuk mengembangkan ide inovasinya membuat sepatu dari kulit kaki ayam. Jatuh bangun dalam bisnis sudah biasa. Namun, tetap optimis itu luar biasa. Nurman mencoba untuk berpartisipasi dalam pameran internasional di Turki dan berhasil menjual 15 pasang sepatu dalam sehari.

 

Hal ini membuktikan bahwa produk lokal memiliki daya saing yang tinggi di pasar global. Ini adalah bukti nyata bahwa kualitas produk Indonesia mampu bersaing di kancah internasional. Brand Hirka ini mulai dirilis tahun 2017 lalu, ketika hendak mengikuti pameran internasional. Tentunya dengan menggunakan ceker ayam, Nurman berhasil mengubah limbah peternakan ayam dan menjadikannya memiliki nilai ekonomis.

 

Festival Kewirausahaan Astra: Pendorong Kewirausahaan Indonesia

Siapa sangka berkat usaha dan ketekunannya pada tahun 2019 nama Nurman masuk ke acara bergengsi nasional yang diselenggarakan Astra, Festival Kewirausahaan Astra. Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan nyata bagi perkembangan wirausaha di Indonesia yang diselenggarakan setiap tahun.

 

Bahkan kegiatan ini dihadiri pemateri seperti Sigit Kumala dan Arief Muhammad yang menambah wawasan para peserta. Sementara itu, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Teten Masduki, menekankan pentingnya SDM dalam kemajuan bangsa. Dengan kerja sama antara Astra dan Kemenkop UKM, harapannya UMKM di Indonesia semakin berkembang.

 

Memanfaatkan Teknologi Sebagai Tempat Promosi dan Berjualan

Selain mengikuti pameran, Nurman juga aktif mendiversifikasi channel marketing tidak hanya di marketplace. Namun Nurman juga memanfaatkan social media untuk memasarkan produk. Sehingga produk sepatu dari kulit kaki ayam ini dengan brand Hirka semakin dikenal luas oleh masyarakat, khususnya penggemar sepatu kulit.

 

Tidak hanya sekedar post foto sepatu di sosial media, Nurman juga memanfaatkan teknik story telling atau cerita mengenai informasi produk Hirka. Sehingga produk tersebut maksimal dipahami masyarakat dan calon konsumen yang tertarik menggunakan sepatu dari ceker ayam.

 

Terlihat dari sosial media salah satunya Instagram Hirka, produk sepatu kulit kaki ayam ini sangat fashionable dan casual. Cocok digunakan dan sangat stylist. Tidak heran, produk ini langsung diterima di pasar nasional dan juga internasional.

 

kisah Nurman pemilik brand Hirka bukan hanya tentang sukses bisnis, tetapi juga tentang bagaimana seorang wirausahawan muda dapat berkontribusi bagi masyarakat dan bangsa melalui kewirausahaan. Festival Kewirausahaan Astra telah memberikan platform bagi para wirausahawan untuk berbagi inspirasi dan pengetahuan, serta menunjukkan bahwa dengan kerja keras, dedikasi, dan kolaborasi, kita semua dapat mencapai kesuksesan sambil memberikan kontribusi positif bagi bangsa. Apakah kamu salah satunya untuk tahun 2024?

 

Referensi:

https://www.satu-indonesia.com/satu/satuindonesiaawards/finalis/penyulam-sepatu-kulit-kaki-ayam/

https://www.viva.co.id/amp/trending/1646328-kulit-ceker-ayam-berhasil-disulap-jadi-sepatu-keren-pria-ini-mendunia?page=2

https://m.youtube.com/watch?v=RjrfZCYAEI0

https://www.kompas.id/baca/sosok/2019/12/17/nurman-farieka-pemuda-bandung-yang-menyulap-ceker-ayam-jadi-sepatu

https://m.kumparan.com/amp/kumparanbisnis/tangan-dingin-nurman-sulap-kulit-ceker-ayam-jadi-sepatu-keren-1t7lZsrPO3f

 


Salam dan Tetap Bahagia




Temukan Informasi menarik di blog yang dikelola Citra Pandiangan
Kerjasama, Kritik/Saran silahkan kirim ke email di  2travellife@gmail.com

No comments

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia

Cheaper hosting