Search This Blog

Sunday, 18 September 2016

Rahasia Kebahagiaan Ada Disini


Banyak diantara kita yang masih tetap mencari kebahagiaan. Sebenarnya kebahagiaan itu seperti apa? Makna kebahagiaan setiap orang berbeda, begitu juga dengan tingkat level kebahagiaan yang ada disekitar kita maupun untuk diri kita sendiri. Kitabahagia.com berusaha untuk mencari rahasia kebahagiaan itu sendiri.

Level Kebahagiaan Tiap Orang Berbeda

“Lihatlah, mereka nampak sekali bahagia walaupun hanya makan seadanya.”

Pernah tidak kita mengatakan hal seperti itu? Pasti pernah, walaupun tidak sama persis. Namun, saat melihat orang lain bahagia, rasanya itu sangat menyenangkan bukan? Walaupun kehidupan itu terkadang tidak seindah yang kita bayangkan, namun kebahagiaan adalah sumber dari kehidupan. Sayangnya, banyak dari kita yang tersesat dalam mencari kebahagiaan.

Kembali lagi, kita katakan bahwa level kebahagiaan setiap orang berbeda. So, disini NO Judge, kebahagiaan orang lain seperti apa. Bukan kita yang menilai

A: Belakangan ini, aku merasa tidak bahagia.
B: Kenapa, kamu tidak merasa bahagia?
A: Karena sekarang harga rokok semakin mahal.

C: Hidup ini tidak adil?
D: Kenapa bisa begitu?
C: Lihat saja, aku yang kerja keras tetapi mereka yang menikmatin hasilnya.
D: Iklas saja dah

E: Aku sebel sekali sama keluarga itu.
F: Kenapa kamu tidak suka?
E:  Masa di kasih tempe saja, sudah bahagia sekali. Apalagi di kasih daging.
F: Kenapa jadi kamu yang sewot or tidak bahagia,

Mungkin masih banyak hal yang membuat kita merasa tidak bahagia, karena tingkat kehidupan setiap orang berbeda. Ada yang bisa bahagia karena tindakan kecil, ada yang merasa bahagia karena mendapatkan sesuatu yang sudah lama diidamkan. Bahkan, ada yang bahagia walaupun hidup sederhana. Ada orang kaya tetapi tidak merasa bahagia karena kekayaannya dirasa masih kurang.

Begitulah sirkulasi kehidupan yang terus berjalan. Setiap orang memiliki makna yang berbeda akan kebahagiaan. Sebenarnya, satu saja kunci kebahagiaan yang pantas untuk dipertahankan, namun sayangnya masih banyak yang tidak menganggap hal itu serius yakni BERSYUKUR.

Bersyukur adalah kunci kebahagiaan...

Benarkah dengan bersyukur kita merasa bahagia? Apakah rahasia kebahagiaan adalah bersyukur? Terkesan sepele bukan, rasa syukur. Tetapi, pada kenyataannya mengucapkan rasa syukur tidak gampang diucapkan.

Aku pernah membaca sebuah posting status tetapi aku lupa milik siapa. Satu cerita yang berkesan dan sangat menyentuh aku secara pribadi. Mudahan pembaca kitabahagia.com juga merasakan hal yang sama. Kira-kira seperti ini kisah singkat yang akan aku coba ceritakan kembali, mudahan maknanya masih sama ya.....

Suatu hari, ada seseorang naik ke gedung yang paling tinggi. Lalu, ia membuang uang dalam jumlah yang banyak dengan pecahan atau nominal uang yang berbeda.

Orang-orang yang sedang lalu lalang dibawah gedung tinggi itu, terkejut saat mendapatin uang berterbangan. Dengan semangat empat lima, mereka pun mulai mengumpulkan uang tersebut. Tanpa mencoba mencari tahu dari mana asal uang yang jatuh dari atas gedung itu.

Tidak lama kemudian, orang yang diatas gedung itu kembali menjatuhkan sesuatu. Mereka yang asyik mengumpulkan uang yang berterbangan itu mulai terkejut. Sebab, mereka terkena jatuhan batu dari atas gedung. Setiap orang berbeda terkena lemparan batu kecil tersebut. Namun, mereka semua serempak mencari tahu sumber permasalahan itu dari mana.

Saat persoalan datang kepada kita, kita langsung spontan mengeluh. Namun, saat kebahagiaan datang kepada kita, kita lupa untuk mengucapkan SYUKUR. Begitulah sirkulasi kehidupan.

Secara pribadi, aku terkadang melakukan hal yang sama. Apalagi belakangan ini, persoalan satu-satunya sumber penghasilanku rusak, yakni perangkat mengetik. Bisa dibayangkan, aku yang lagi tidak memiliki pekerjaan tetap saat ini harus merasakan persoalan yang besar bagiku. Aku kerap kali mengeluh dan menyesalkan nasibku. Namun, saat aku merasa bahagia, aku Cuma mengucapkan syukur sesekali saja. Begitulah manusia, saat merasakan kebahagiaan sementara. Terkadang kita lupa mengucapkan syukur.

Salam Bahagia

2 comments:

  1. Artikel ini inspiratip sekali, bener juga kadang datang yang baik kita lupa pada sumbernya, tapi bila datang yang buruk sering-kali kita mencari kambing hitamnya.

    ReplyDelete
  2. benar sekali mas Rusna, terimakasih atas tanggapanya. salam kenal

    ReplyDelete

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia



Follow by Email

Teman yang Bahagia

Google+ Followers

Subscribe