Pilih Lari atau Jalan?

Monday, 6 March 2017 3 comments
Jalan Lebih Baik dari pada Lari

Kitabahagia.com- Sudahkah temans melakukan olahraga pagi? Pasti biasanya kalau olahraga di pagi hari banyak yang memilih lari pagi atau bahasa kerennya jogging? Benarkan? Senin ceria ini Kiba mau membahas sedikit mengenai perbedaan antara lari dan jalan dalam #HappyMonday Tips and Trick ala Kiba.

Kenapa jalan lebih baik dari pada berlari? Penasaran? Simak aja artikel di bawah ini ya. Siapa tahu sangat bermanfaat bagi kita semua. Tidak heran memang lari menjadi favorite dalam dunia kebugaran. Sebab  mereka menganggapan  sebagai latihan aerobik yang sangat baik yang mendukung masalah penurunan berat badan yang sehat, meningkatkan mood, meningkatkan energi, mengatur tekanan darah dan kadar kolesterol tinggi, dan mengurangi risiko kanker, diabetes, dan penyakit jantung.


 
Setiap langkah yang temans ambil memperkuat sistem kardiovaskular,  otot dan meningkatkan kekuatan  untuk membakar lemak, dan mengurangi kemungkinan berbagai penyakit. Menurut beberapa penelitian mengatakan: Berlari dapat mengurangi risiko penyakit jantung sebesar 4,5%, namun berjalan dapat mengurangi risiko jantung dengan 9,3%.


  • Dari situ terlihat berjalan lebih baik dibading berlari:
  • Berjalan kaki mengurangi risiko pertama kali hipertensi sebesar 7,2% dari pada berlari sebesar 4,2%
  • Berjalan kaki mengurangi risiko kolesterol  sebesar 7% dari pada berlari sebesar 4,3%
  • Kedua berjalan dan berlari mengurangi risiko diabetes sebesar 12%

Perbedaannya adalah dalam intensitas kegiatan ini. Pelari dan pejalan kaki harus menghabiskan jumlah energi yang sama untuk mengalami manfaat yang sama, yang berarti bahwa temans harus berjalan sedikit lebih lama dari yang temans akan harus menjalankan untuk mencapai efek yang sama.

Berjalan adalah kegiatan yang luar biasa untuk pemula. Orang gemuk akan mengekspos tubuh mereka terhadap stres  jika mereka memilih untuk berjalan daripada menjalankan. Karena itu, yuk mulai berjalan sebanyak 10.000 langkah dalam sehari bisa membuat wanita merasa 4,6 tahun lebih muda, sedangkan pada pria akan merasa 4.1 tahun lebih mudah.

Berjalan mudah diimplementasikan dalam jam kerja, sehingga temans dapat mempertimbangkan memiliki pertemuan berjalan atau mendapatkan diri meja treadmill. Apakah temans masih ingin melakukan jogging di pagi hari? Jika iya, lakukanlah di atas rumput dan di jalan hutan. Dengan menggunakan  sepatu berkualitas tinggi dan pastikan temans berjalan dengan baik. Mempertimbangkan untuk meningkatkan jarak tempuh yang temans harus jalankan secara bertahap.



Jadi mari kita mulai melakukan jalan pagi dan sepuluh ribu langkah setiap hari. Berarti, jangan dikit-dikit naik kendaraan ya temans. Jika bisa ditempuh dengan jalan kaki, maka jangan malas untuk berjalan kaki. Sebab, itu sangat baik buat kesehatan.

Salam dan tetap Bahagia


3 comments:

Post a Comment

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia