Kebiasaan Pagi yang Mengganggu Tidur

Tidur dan Kebiasaan Pagi Hari Harus Seirama

 

Kitabahagia.com- Ayo siapa di sini yang bangun tidur, bukannya tambah semangat, malah loyo? Itu Kiba dulu! Rupanya kebiasaan pagi kita juga mempengaruhi tidur kita lho. Lha, koq bisa ya? Jadi kita harus seperti apa ya? Jujur, kita semua tahu bawasanya tidur yang cukup sangat penting bagi kita. Ya penting untuk menyeimbangkan fisik dan emosional, namun tak banyak diantara kita yang GAGAL untuk bisa tidur cantik.

 

Pastinya, kita tidak bisa menghakimi satu dengan yang lain. Sebab, ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan seseorang agar bisa istirahat cukup, mulai dari jadwal pekerjaan, keluarga bahkan kebersihan kamar tidur.  Apa saja sih kebiasaan yang mempengaruhi kita yang membuat kita tak bisa tidur?

 

1. Minum Terlalu Banyak Kafein

Tanpa disadari terkadang kita membutuhkan kopi agar kita tetap segar dan semangat bekerja di pagi, siang dan sore hari. Ayo jujur, berapa banyak cangkir kopi yang kamu minum di pagi hari?  Tadi pagi, Kiba sarapan di hotel (Kiba kan lagi liburan nih). Di Meja sebelah kiba, ada sepasang tamu hotel, begitu duduk langsung yang dipesan black coffee. Dalam hitungan 4 menit, dia order lagi coffee. Wah, masih pagi aja dah dua cangkir kopi ya!

 

Nah, bisa dong dibayangkan minum terlalu banyak kafein di pagi hari dapat membuat seluruh rutinitas tidur kita keluar jalur. Nah, apakah kita tahu, efek dari kafein umumnya muncul dalam waktu 15 menit dan mencapai puncaknya sekitar satu jam kemudian. Bahkan, berdasarkan penelitian enam jam setelah mengkonsumsi kafein, setengahnya masih ada did alam tubuh kita. Untuk mencerna semuanya dibutuhkan hingga 10 jam untuk benar-benar bisa membersihkan kafein dari aliran tubuh kita.  Nah, maksudnya, minum kopi di pagi hari, tubuh kita masih bisa merasakan saat malam hari. Bayangkan saja, siang, sore kita meminum lagi secangkir kopi. Sehingga membuat kita mengalami kesulitan untuk tidur!

 

 

2. Bangun Tidur di Jam yang Berbeda Setiap Hari

Stssss apakah kamu tahu, bawasanya jam tidur dan bangun tidur itu harus konsisten. Kita harus membuat pola jam tidur dan bangun, Kiba baru tahu lho. Rupanya, pola tidur kita harus sama setiap harinya, termasuk pada hari libur. Lha, koq bisa dan mengapa harus membuat pola?

 

Alasannya, jika kita tidur selama beberapa jam ekstra pada hari Minggu, misalnya, kita mungkin tidak akan lelah lagi sampai lebih lama dari biasanya — yang berarti waktu tidur kita terganggu dan kemungkinan kita akan sangat lelah ketika bangun pagi untuk waktu yang lama, seperti bekerja pada hari Senin.

 

Jadwal tidur yang tidak teratur juga dapat meningkatkan risiko yang membuat ritme jadwal tidur secara alami terganggu. Sehingga bisa mempengaruhi kesehatan dan bahkan memiliki resiko depresi yang sangat tinggi.

 

Memang, jujur, Kiba pun rasanya kalau akhir pekan ingin BALAS DENDAM, bangun tidur lebih lama dari biasanya, rupanya hal tersebut tidak baik bagi tubuh! Ya sudah, karena sudah tahu hal ini sangat tidak baik. Bagusnya kita menetapkan ritme pola tidur kita, misalnya tidur jam 11 dan bangun jam 6 pagi (8 jam tidur), harus terus dilakukan setiap hari.

 

3. Jangan mengekspos diri pada cahaya alami

Memang tidur kita telah diatur, rupanya cahaya alami seperti sinar matahari mempengaruhi pola tidur kita lho. Bayangkan saja siklus matahari memiliki dampak besar pada ritme tidur kita dari waktu ke waktu. Apalagi jika tubuh kita sangat sensitif dengan sinar matahari. Hal itu akan mempengaruhi tubuh secara alami  mengantuk dan siap untuk tidur.

 

Maksudnya, memaparkan diri pada banyak cahaya terang di pagi hari dapat membantu menggeser waktu tidur kita lebih awal; pada malam hari, sehingga kita akan cenderung mengantuk dan siap untuk istirahat.

 

4. Tidak membuat daftar tugas

Membuat daftar tugas adalah salah satu hal paling ampuh yang dapat kita lakukan untuk tetap berada di jalur yang benar sepanjang hari. Ini juga bisa menjadi cara yang efektif untuk memerangi kecemasan yang sering muncul pada waktu tidur dan membuatnya sulit untuk tertidur.

 

Namun, tidak semua daftar tugas dibuat sama. Pertama dan terpenting, ada baiknya untuk menuliskannya. Apakah kamu tahu ketika kita menuliskan hal-hal prioritas yang hendak kita lakukan, hal itu membantu kita untuk mengingatnya. Jadi, tidak ada salahnya untuk menuliskan list what to do to make life better.

 

5. Ponsel can be worse

Terkadang tanpa kita sadari, bangun tidur yang kita lakukan adalah MEMERIKSA ponsel. Rupanya, hal ini tidak bagus lho. Ada baiknya, bangun tidur, jangan langsung melihat ponsel, at least mematikan alarm boleh dong. Jangan langsung buka whatsapp, email atau sebagainya apalagi yang menyangkut urusan pekerjaan.

 

Biar lah, pagi kita tenang terlebih dahulu, melalukan aktivitas tanpa harus ada yang mendikte. Nah, setelah beres. Baru deh buka ponsel dan baca pesan-pesan penting.  Jadi, bebaskan ponsel dari hidup, setidaknya satu jam sebelum tidur dan satu jam sesudah bangun tidur.

 

Menurut kamu apakah kita bisa melakukannya dan membuat hidup menjadi lebih baik?

.

 

 



Salam dan Tetap Bahagia




Temukan Informasi menarik di blog yang dikelola Citra Pandiangan
Kerjasama, Kritik/Saran silahkan kirim ke email di  2travellife@gmail.com

No comments

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia

Cheaper hosting