10 Tips Menggosok Baju Tanpa Stress

Thursday, 17 November 2016 5 comments
Lebih Mudah dan Praktis Tanpa Stress



Kitabahagia.com- Siapa di sini yang suka menyeterika or menggosok baju? Kalau Kiba? Jelas menggosok baju sangat menyebalkan, selain lama bahkan bisa menyebabkan stress. Kalau sudah stress pasti tidak bahagia ujung-ujungnya.

Uring-uringan? Uh sudah pasti ya! Itu dulu, sebelum mengetahui cara menyeterlika yang baik dan benar. Berbicara soal menggosok baju, KiBa jadi ingat alm. Papa yang sering menyeterlikakan baju saat aku masih SMP dan SMA dan suka dibuat garis dibelakang baju, keren abis deh!

Yuk bebaskan stress saat menyeterlika baju yang masih saja kusut padahal sudah diseterlika. Terkadang, apa yang salah? Nah, coba gunakan 10 tips menyeterlika baju dengan mudah, bebas stress!

Tips # 1: Gandakan Panas


Gandakan panas? Bagaimana? Membuat seterlika sampai full heat eh panasnya? Tenang, ternyata yang dimaksudkan double heat ini dengan menggunakan aluminium foil. Caranya seperti apa? Santai temans, Kiba jelaskan ya! Ambil aluminium foil dan letakan di papan seterlika, seperti temans menutup wadah makanan dengan menggunakan aluminium foil ini. Efeknya apa? Tentu saja efeknya jadi menggandakan panas, jadi kita cukup seterlika bagian depan saja karena otomatis bagian bawah juga sudah tergosok dengan sempurna. Sebab, aluminuim ini mencerminkan panas dari besi sehingga sangat efektif untuk menghaluskan bagian bawah  pakaian temans.


Tips # 2: Air Jernih

Meskipun intruksi manual mengatakan kita bisa menggunakan air apa saja (bahkan air kran) untuk mengisi seterlika, tetapi selalu gunakan air yang sudah direbus dan di dinginkan sebentar. Sebab memudahkan kita menggosok baju. Hal ini tentu saja memudahkan jalannya air keluar dari seterlika tanpa tersumbat. Tidak percaya? Buktikan saja sendiri.  



Tip # 3: Inside Out (TERBALIK)

Makin pusing membaca tips no 3 ini? Hihi sebenarnya mudah koq. Maksudnya ini dikhususkan untuk pakaian gelap atau berwarna hitam. Saat menyeterlika baju berwarna hitam atau gelap gunakan sistem bajunya digosok terbalik, yakni bagian dalam yang digosok. Hal ini untuk  menghindari kemilau pada kain dari besi.

Tips # 4: Hitungan Rangka

Saat menggosok pertama yang harus digosok bagian pinggiran, kerah, kemudian dilanjutkan dengan bagian dalam keluar hal ini untuk menjaga pakaian tidak berkerut dan kehilangan bentuknya. 

Baca juga: Bersihkan Wajah

Tip # 5: Dapatkan Lurus

Saat menyeterlika baju harus lurus, bolak-balik tetapi jangan dengan gerekan melingkar. Hal ini untuk tetap menjaga kain agar tidak mudah meregang dan bisa membuat kain lebih panjang umurnya. Sebab jika kain meregang maka  akan memperpendek umur pakaian temans. Alias, baju kita jadi mudah rusak atau longgar.



Tip # 6: Jangan Menggesek Pakaian 

Nah, kalau gaya satu ini khusus baju dengan desain atau bordir tertentu yang ingin dihindari dari seterlika. Caranya sangat mudah dengan menutup bagian yang ingin dihindari dari seterlika panas temans, dengan cara menutupnya dengan handuk atau kain lain. Sehingga bagian tersebut tidak langsung terkena panas.  


Tip # 7: Tetap Bersih

Jangan hanya mau memakai seterlika saja, tetapi kita juga wajib membersihkan seterlika kita secara teratur. Sehingga besi pada bagian bawah seterlika tidak mudah rusak.  Cara membersihkan bagian bawah seterlika sangat mudah koq. Temans tinggal melapnya dengan kain yang sudah dicelupkan dengan laurtan soda kue. Hal itu untuk menghilangkan endapan dari lubang-lubang di bagian besi seterlika.



Tip # 8: Menggantung Pakaian

Cara mudah agar mempertahankan pakaian tetap rapi usai diseterlika dengan menggantung pakaian tersebut. Sehingga pakaian tetap rapi dan bebas dari resiko akan berkerut lagi saat dilipat usai di seterlika.



Tip # 9: Buat Terpisah
Saat menyeterlika pakaian, jangan lupa bagian bawah kain, kita perlu menyelipkan sepotong tipis kain untuk memisahkan bagian bawah dan atas. Hal itu untuk mencegah pakaian jadi kusut saat kita sedang mengosok bagian depan.

Tip # 10: lipatannya Sempurna
Jangan lupa saat melipat pakaian harus benar-benar rapi sesuai dengan lipatan pada pakaian. Sehingga tidak mudah berkerut kembali saat disimpan dalam lemari.  


Nah, ribet ya? Sebenarnya seh tidak juga, tetapi bagi yang tidak suka menyeterlika baju memang terkesannya ribet dan malas banget. Secara pribadi Kiba hanya mempraktekan poin pertama, tiga, empat dan delapan saja hahaha. Tetapi, benar-benar menyenangkan juga.

Sebab pakaian yang rapi mencerminkan kepribadian yang menjaga kebersihan diri. Jadi, mau dikit repot tetapi tetap bahagia saat jalan-jalan dengan pakaian bebas kusut.



Opini KiBa: Kebahagiaan itu tidaklah semudah kita mencarinya tetapi tidak sesulit saat kita melakukannya. Jangan pikirkan, tetapi lakukan, sehingga stress saat melihat pakaian menumpuk yang butuh diseterlika tidak membuat kita terbebani. Kebahagiaan timbul saat kita melakukan pekerjaan dengan sukacita.

Salam Bahagia


5 comments:

  • Wahyu Widyaningrum said...

    Wah, ini penting banget buat laundry ku.
    Tapi kayaknya nggak usah pake alumunium foil tu udah panas, ya. Dan aku suka seterika dengan baju terbalik, nggak hanya warna hitam, Mbak. Tapi juga kain2 yang timbul.
    Tipsnya keceh habis. Tengkyu Mbak Citra :)

  • Citra Pandiangan said...

    @ Mas Yuli
    walah, ternyata bukan hanya masakan saja yang gosong ya mas, pakaian juga bisa hahahaha.... waduh, sayang sekali tuh celana, potong dijadikan celana rumah aja, tips hemat ala kiba

    @ Mas Adhi
    wah, terimakasih sudah mampir kembali mas Adhi yang design info grafisnya okey banget.... Ya dong mas, masa gak ada tips tuk seterlika yang menumpuk yang bisa buat stress jika tidak dilakukan maupun dilakukan hehehe

Post a Comment

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia