Search This Blog

Thursday, 24 November 2016

Waspadai Tanda Kita Masuk Zona Depresi

Depresi Membuat Hidup Tak Bahagia

Kitabahagia.com- Tidak ada diantara kita yang ingin merasakan kesedihan dan bahkan mengalami depresi dalam kehidupan. Tetapi, siapa yang bisa menebak kehidupan kita? Temans, pernah berpikir ke mbah “Dukun” untuk mendapatkan kebahagiaan sejati? Waduh, jangan dong. Karena kebahagiaan itu bisa didapat oleh diri kita sendiri.

Banyak kasus depresi yang berakhir buruk bukan? “Orang Pintar” belum tentu bisa memberikan kebahagiaan pada kita. Yuk, perhatikan diri kita sendiri. Apakah kita sudah mulai memasuki tahap depresi di dalam kehidupan kita? Penyebab depresi bagi setiap orang beragam, Kiba tahu itu. Tetapi, yang pasti KIBA yakin, tidak ada satu pun diatara kita yang ingin larut dalam kesedihan yang mengakibatkan depresi dalam kehidupan bukan?

 Hal normal jika kita merasa sedih temans, tetapi jika sedihnya tidak hilang-hilang... berarti, itu adalah tanda bahwa temans sudah memasuki area “DEPRESI”. Diperkirakan 7% dari orang dewasa akan mengalami hal itu, menurut National Institute of Mental Health, gejala depresi bisa dialami setiap manusia dan bisa terlihat dari tingkah laku kita.  Waspadailah jika temans sudah masuk ke zona dibawah ini:

Baca juga: Rahasia kebahagiaan ada Di sini

#DEPRESI Makan Berlebih
Temans siapa yang lebih mengetahui pribadi kita? Tentu saja, kita sendiri bukan. Jika temans tiba-tiba memiliki nafsu makan yang over dari biasanya atau bahkan tidak nafsu makan. Berarti temans sudah berada di zona depresi. Sebab, salah satu tanda depresi bisa dilihat dari pola makan kita lho.  Orang yang mengalami depresi maka kita bisa memiliki nafsu makan berlebihan dan bahkan tidak nafsu makan. Hal itu dikarenakan  otak teman sedang sibuk dengan pikiran negatif, sehingga temans mungkin saja lupa untuk makan atau kehilangan minat untuk masak maupun makan.  

Sedangkan di sisi lainnya, kadang-temans merasakan lapar dan dan makan berlebihan. Hal itu dikarenakan, campuran emosi yang cenderung untuk menemani depresi-kesedihan, pesimisme tentang masa depan, dan rendah diri-bisa memaksa temans untuk mencoba untuk menenangkan perasaan Anda dengan makanan.

Baca juga: Filosopi Kehidupan Pandan

#DEPRESI TIDUR


Temans merasakan kurang tidur atau tidur berlebihan?  Beberapa orang mengenali tanda depresi dengan menemukan dirinya tidur berlebihan karena berasa lelah sepanjang waktu. Sebab, tidur berlebih  merupakan cara orang depresi melarikan diri dari kesedihan mereka, bagi mereka yang sedang depresi tidur adalah  tempat perlindungan. Di sisi lainnya, pelaku sepresi bisa digambarkan sebagai orang yang  tidur gelisah atau terganggu atau bahkan susah tidur.  Berarti, temans sudah masuk zona depresi.

 #DEPRESI MENGOMEL (GRUMPY)
 Temans sadar atau tidak sadar, ketika kita mulai merasa terganggu dengan hal-hal kecil.  Bahkan bisa membuat emosi kita tidak bisa terbendung, lebih mudah mengomel, bahkan lekas marah. Hal ini menandakan kita sudah memasuki zona depresi. Hal-hal kecil menyebabkan temans uring-uringan dan bahkan membuat temans tidak sabar, wah temans harus memperhatikan tanda ini berarti tanpa temans sadari bahwa temans sedang mengalami depresi.

 #DEPRESI SELALU BERMIMPI OR MELAMUN
Temans tidak bisa  berkonsentrasi atau fokus,  dan ketidakjelasan saat mengambil pilihan dan membuat keputusan? Hal itu karena otak temans sedang  depresi. Sedang sibuk dengan pikiran kesedihan dan kekosongan yang ada di dalam pemikiran temans. Sehingga temans tidak bisa fokus pada  pekerjaan, memori, dan keterampilan membuat keputusan temans tidak benar.  Nah, jika temans sudah gagal fokus dan sering melamun, pikiran kosong. Yuk, hati-hati temans sudah memasuki zona depresi.

Baca juga: Persoalan Rambut bisa menyebabkan stress

#DEPRESI MENGHINDARI KEGIATAN
 Temans tidak lagi  menikmati hal-hal yang pernah membuat temans bahagia. Biasanya, temans sangat menyukai waktu luang #happyhours dengan rekan kerja, sahabat tetapi beberapa minggu terakhir. Temans ogah melakukannya. Wah, berarti temans sudah memasuki zona depresi lho.

Sebenarnya, banyak sekali tanda-tanda kita mengalami depresi. Hal itu membuat kehidupan kita berasa berat dan bahkan tidak lagi merasa bahagia. Terus, apa yang harus kita lakukan saat mengalami depresi? Just simpe way, get out from the depression feeling. Tell your best friends about this one, go to doctor to get advice and help.

Jika depresinya masih skala ringan, cara KIBA mengatasi depresi yang sedang Kiba hadapi dalam kehidupan dengan cara sederhana:


 => BERDOA. Doa adalah kunci dari segala beban problema kehidupan berasa ringan. Kiba bisa berdoa apa saja dalam keluh kesah kiba kepada sang pencipta. Walaupun tidak seratus persen berasa damai, tetapi ketenangan sudah mengeluarkan kepedihan merasa lega.
  •  => Rethink. Memikirkan kembali, apa yang menyebabkan depresi dan kemudian mencari solusi dari persoalan tersebut.
  •  => Me Time. Mencoba menenangkan diri dengan pergi ke SPA dan mendapatkan perawatan dan menyegarkan tubuh yang lelah. Sehingga, perasaan beban berat bisa berkurang dengan pijatan dan perawatan di SPA.
  •  => Curhat. Mengeluarkan unek-unek kepada sahabat sangat penting untuk mendapatkan penghiburan. Asalkan, sahabat tersebut orang yang bisa dipercaya memegang perkataan tidak ember. Bagaimana, jika tidak memiliki sabahat untuk diajak curhat. Gampang, next time Kiba kasih tau ya.
 
Salam Bahagia
 

Image Credit – Featured, 1, 2

6 comments:

  1. Kalau aku mejelang pms, ngomel mulu pinginnya hihi. Tapi masih wajar ya nggak kategori depresi di atas Mbak :)

    ReplyDelete
  2. hahahambak wahyu iki, kalo iku beda yo mbak, karena pengaruh hormon

    ReplyDelete
  3. Aku seringnya nafsu makan jadi membengkak sampai tiga kali lipat.

    ReplyDelete
  4. kalau saya sih kalau mulai tanda2 depresi keluar cari hiburan wkwkw

    ReplyDelete
  5. @ Mbak Anisa
    wah, sama dong mbak, tetapi aku makanan makanan manis atau ice cream....

    @ mas Teguh
    ya, kalau ada duit ekstra enak tuk holiday mas

    ReplyDelete
  6. keren tuh bro,pasti kegiatan apa yang kita suka sangat berarti bagi kita sehingga bye bye zona stress

    ReplyDelete

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia



Follow by Email

Teman yang Bahagia

Google+ Followers

Subscribe