Komunikasi Eratkan Persaudaraan

Kitabahagia.com-Jarak jauh bukan berarti menghalangi kita untuk berkomunikasi. Hidup adalah sebuah pilihan termasuk pilihan untuk tetap berkomunikasi. Zaman sekarang lho, masa jarak membuat teman tidak bisa berkomunikasi satu dengan yang lain. That’s impossible, begitu Kiba berpikir. Lha, zaman “now” yang teknologi banyak pilihan dan memberikan kemudahan untuk berkomunikasi. So, let’s keep communication untuk mempererat persaudaraan.

Ingat dong pada masa lalu sebelum ada ponsel, dimana pastinya anak kelahiran tahun 80-an pasti mengenal “telepon kaleng” dimana kita membuat dua kaleng yang terhubung dengan benang sebagai jaringan untuk berkomunikasi. Seru banget bukan? Mungkin anak zaman now beranggapan hal tersebut sudah KUNO tetapi masih asyik dilakukan jika jarak tidak terlalu jauh.



Bicara soal jarak tentunya semakin jarak jauh maka akan susah untuk berkomunikasi dengan baik, benarkah seperti itu? Nah, kali ini Kiba mau membahas mengenai tips #HappyMonday bagaimana menjaga komunikasi di era modern seperti ini. Mau tau dong?



Komunikasi saat ini merupakan komunikasi zaman modern. Dimana jarak yang jauh bisa menjadi lebih dekat dengan adanya alat yang bernama ponsel. Siapa sih yang nggak punya ponsel hari gini? Tentunya semua sudah memiliki ponsel. Namun karena banyaknya teknologi yang menjamur yang dinamakan sosial media dan lain sebagainya. Terkadang kita lupa untuk memberikan komunikasi umum yang layaknya telepon zaman dulu. Dimana kita lebih senang untuk berbicara via suara, kalau sekarang lebih banyak video call bukan? Lebih berasa dekat hahaha.



Namun, tidak semua suka dengan video call, termasuk KIBA. Apalagi jika dilakukan di pagi hari, baru bangun ditelepon dengan video call. Come on! What do you think guys hahaha. Nah, jadi ada namanya etika bertelepon zaman now. Ini merupakan bagian dari tips yang akan Kiba berikan pada teman sekalian.

TIME to CALL

Pemilihan waktu dalam menelepon sangat PENTING. Jika hanya ingin berbasa-basi, jangan nelepon di PAGI hari, apalagi SUBUH dengan menggunakan video call. DIJAMIN, kagak ada yang mau angkat. Lha, wajah masih ngantu, kusut mau nerima telp video call. Baik dalam keluarga maupun hubungan jarak jauh. Dijamin neh orang bakalan buat BETE. Hubungi atau telepon di jam-jam santai seperti jam 10, makan siang atau sesudah makan malam. Nah, biasanya jam segitu tidak terlalu sibuk. Asal, neleponnya jangan lebih dari 10 menit kalau di jam 10. Sebab, mereka harus bekerja jika mereka adalah orang kantoran. Meskipun mereka memiliki warung atau usaha, pastikan juga mereka sedang tidak dalam keadaan sibuk.

NO BASA-BASI
Sudah pasti dong biaya telepon sekarang ini kan MURAH MERIAH. Jadi pengennya nelp bisa berjam-jam gitu, bicara ngelantur kemana saja. Nah, jika kalian tipe orang yang demen berbicara panjang lebar. Pastikan dulu jangan berbasa-basi terlalu lama. Langsung saja ke poin dan kalau mau bicara panjang lebar jangan muter-muter ya. Kalau teman kalian bersedia berbicara panjang lebar ya hati pasti senang. Namun, jangan marah ketika mereka cut pembicaraan karena ada hal urgent yang harus dikerjakan.

KIRIM PHOTO
Mengirim photo ke teman atau kerabat bukan hal TABU lagi zaman now. Bukan berarti ngirim photo itu bertanda kita pamer lagi liburan kemana gitu. Mengirim gambar juga bisa menunjukan bawasanya kita peduli. Dengan catatan di dalam gambar ada sedikit kata, contoh neh. “Ketika aku di Kawah Putih, aku memikirkan kamu. Kapan kita bisa liburan bareng.”  Hal-hal sepele seperti ini akan membuat jarak yang jauh menjadi lebih dekat.


Ponsel harganya MAHAL bo… Apalagi yang smartphone! Dana kagak ada, ponsel aja masih jadul. Nggak perlu kuatir karena sudah ada ponsel yang qualitas O.K Harga nggak buat keder. Namanya adalah  Samsung J1Mini. Harganya berkisar 1 jutaan, harganya sangat murah dan terjangkau dengan spesifikasinya lumayan untuk kamera depannya 3 megapixel dan kamera belakangnya 5 Megapixel. Plus fitur yang mendukung seperti WiFi, GPS Bluetooth, dan jaringan Network nya juga ngikutin jaman now  seperti 4G LTE. Sedangkan layar screennya sebesar 4 inch. Jadi berkomunikasi keluarga akan semakin lebih mudah. Jarak bukan lagi halangan untuk tetap BERKOMUNIKASI dengan keluarga. Dekatkan jarak dengan SMARTPHONE. Nah, itu dia tips menjaga komunikasi dengan baik walau jarak memisahkan Kiba dengan kalian.



Salam dan Tetap Bahagia




Temukan Informasi menarik di blog yang dikelola Citra Pandiangan
Kerjasama, Kritik/Saran silahkan kirim ke email di  2travellife@gmail.com

4 comments

  1. hemm, justru sekarang aneh mbak. semakin kita semakin canggih komunikasi. justru persaudaraan antar keluarga malah longgar :(

    ReplyDelete
  2. teknologi informasi yang luar biasa membuat kita bisa menjajaki beberapa tempat sekaligus dengan hanya telpon atau video call

    seperti tidak ada batasan lagi di dunia ini

    khayalan tentang pintu kemana saja by doraemon

    ReplyDelete
  3. Eh aku setuju loh sama yang komen di atas. Semakin canggih alat komunikasi semakin jauh rasanya ikatan persaudaraan dan tali silaturahim antar keluarga.

    ReplyDelete
  4. alat komunikasi itu memang penting sekali. BTW thanks banget atas foto dua kaleng susu, hahahaha mengingatkan masa kecil. DUlu, saking gilanya pengin merasakan pakai telepon, pasti bikin telepon antik pakai kaleng susu. Rasanya mainan itu sangat menyenangkan...

    ReplyDelete

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia

Cheaper hosting