Apakah Aku Stress?

Mencari Tahu Gejala Stress Pada Diri Sendiri


Kitabahagia.com-Terkadang timbul pertanyaan pada diri sendiri, apakah aku stress? Namun, aku tidak merasa bawasanya aku stress! Manusia memang memiliki masalahnya sendiri. Bisa dipastikan, aku tidak stress! Pernahkah teman berpikir demikian? Jika benar, tidak ada salahnya berkata BENAR. Sebab, Kiba juga kepikiran begitu. Hidup memang tidak seindah negeri dongeng, hidup juga tidak begitu menyeramkan dalam mimpi buruk berkepanjangan.

Apabila teman merasa stress, tidak ada salahnya. Hidup tidak pernah berjalan mulus, semulus jalan tol yang baru dibangun. Namun, bagi teman yang tidak merasa stress tetapi biasa saja. Apakah teman mengalami tanda-tanda seperti ini? Sering lupa, tidak bisa konsentrasi, hanya melihat yang negatif saja, pikiran cemas dan selalu merasa kuatir? Bahkan teman merasa tidak bahagia secara umum, suasana hati cepat berubah, pemarah, merasa kewalahan, kesepian?



Mungkin, sebagian dari teman yang sudah terbiasa dengan hal yang seperti itu. Padahal itu termasuk tanda-tanda teman sedang masuk ke dalam keadaan stress. Teman tahu, hal yang paling berbahaya tentang stress yaitu stress dapat mudah merayapi teman, dan bahkan teman terbiasa dengannya.  Bahkan stress seperti ini sangat terbiasa dalam kehidupan sehari-hari. Itulah sebabnya penting untuk mengetahui tanda-tanda peringatan umum dan gejala stres yang berlebihan.


Yang diatas adalah gejala emosional. Bagaimana dengan gejala fisik? Teman mau tau tidak? Kiba kasih tau ya gejala fisik, ketika kita sedang stress yakni sSakit dan nyeri; Diare atau sembelit, Mual, pusing,  nyeri dada, detak jantung yang cepat, Hilangnya gairah seks, dan sering masuk angin atau flu. Sedangkan untuk gejala prilaku, teman jadi memiliki nafsu makan berlebihan, bahkan kurang; Tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit;  Mundur dari orang lain,     dan Menunda atau mengabaikan tanggung jawab;  

Kiba tidak bisa mengetahui apakah teman stress atau tidak! Namun, bisa dipastikan jika teman mungkin mengalami dua atau tiga tanda seperti Kiba bilang. Bisa dipastikan teman sedang mengalami stress. Banyak penyebab stress tanpa disadari, persoalan kehidupan, karir, finansial dan sebagainya. Kiba tidak akan menjelaskan secara detail, sebab setiap orang memiliki penyebab stress sendiri. Namun, bagaimana mengatasi stress yang tidak kita sadari ini?



Baiklah Kiba kasih tau caranya untuk meningkatkan kemampuan teman untuk mengatasi stress.

BERGERAK
Meningkatkan tingkat aktivitas teman merupakan salah satu taktik agar teman bisa menghilangkan stress dan mulai merasa lebih baik. Olahraga teratur bisa mengubah suasana hati teman. Yang sebelumnya, teman merasa kuatir, teman bisa jadi lebih merasa tenang.



Latihan ritmis seperti berjalan, berlari, berenang dan menari merupakan aktivitas efektif untuk mengatasi stress. Apalagi jika teman berolahraga dengan sepenuh jiwa. Teman yang berpusat pada sensasi fisik ketika teman bergerak.

Apalagi ketika teman melakukan olahraga dan berjumpa dengan orang yang tidak dikenal, teman bisa menghilangkan stress. Secara tidak langsung bertemu orang lain membantu menenangkan baik itu pikiran maupun saraf tubuh teman.

LIBATKAN INDRA
Nah, cara yang lain mengatasi stress dengan melibatkan satu atau lebih indra teman. Bingung? Awalnya, Kiba juga tidak paham. Namun, indra seperti penglihatan, suara, rasa, bau, sentuhan atau gerakan mampu menemukan input sensorik. Misalnya teman mendengarkan lagu yang membangkitkan semangat, maka teman akan menjadi semangat. Ketika teman mencium aroma kopi. Nah, respon dari indra ini mampu membuat teman merasa tenang. Namun, sensorik setiap orang berbeda, teman bisa menemukan yang terbaik dalam melibatkan indra teman dalam mencari ketenangan.


BELAJAR SANTAI
Teman tidak dapat sepenuhnya menghilangkan stress dalam kehidupan teman, tetapi teman dapat mengontrol seberapa besar stress itu mempengharui teman. Teknik relaksasi seperti meditasi, yoga dan mengatur pernafasan dapat membuat tubuh menjadi tenang dan membantu mengurangi stress.

MAKAN YANG SEHAT
Makanan yang teman makan dapat meningkatkan atau memperburuk suasana hati teman. Makanya, makan yang sehat ya hihi.

ISTIRAHAT
Jangan bekerja terlalu keras teman! Teman juga butuh istirhat agar tidak stress.

 

Nah, itu adalah cara untuk mengatasi stress. Jadi, mari perhatikan tanda-tanda apakah teman stress? Tidak menjadi soal, jika memang teman stress! Asalkan teman tahu caranya untuk mengurangi stress dan jangan terbiasa adanya stress dalam kehidupan teman. Sebab, teman bisa hancur tanpa teman sadari dengan tingkah laku dan gaya hidup yang buruk. Yuk, perhatikan diri sendiri apakah aku stress?

Jika teman merasa artikel ini sangat membantu, yuk share ke sosial media teman agar teman juga bisa membantu teman yang tidak mengetahui kalau diri mereka stress. Sebab, mereka sudah terbiasa dengan kehadiran stress itu sendiri!

 
Salam dan Tetap Bahagia




Temukan Informasi menarik di blog yang dikelola Citra Pandiangan
Kerjasama, Kritik/Saran silahkan kirim ke email di  2travellife@gmail.com

No comments

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia

Cheaper hosting