Bagaimana Mencintai Diri Sendiri

Melakukan Hal yang Berbeda

Kitabahagia.com- Bagaimana kita bisa bahagia jika kita tidak mencintai diri kita sendiri. Hal sesederhana ini, mungkin dilupakan oleh sebagian dari kita. Sejak #Stayathome akibat corona virus atau covid-19 ini, kita pasti lebih banyak bersantai di rumah nonton youtube atau video singkat di Facebook. Nah, Kiba juga sama dengan teman-teman. Dalam video yang mayoritas dari negeri tembok Cina itu. Kiba suka kesel sendiri nontonnya. Koq ada ya wanita sebodoh itu!



Mau saja direndahkan kaum pria. Kesel kadang kita sebagai wanita menonton video tersebut ya. Apalagi versi tersebut tidak hanya sedikit tetapi banyak versi dan beda pemeran,  tapi jalur ceritanya sama. Ya, pada akhirnya kita harus menyadari bawasanya mencintai diri sendiri itu PENTING. Biar orang lain tidak memandang rendah diri kita! Benar tidak teman?



Terus, bagaimana mencinta diri sendiri? Mungkin kita sudah lupa apa yang paling penting dalam kehidupan kita. Dikarenakan berbagai macam persoalan kehidupan, sosial dan pekerjaan. Sehingga tidak tahu, apakah kita masih menghargai diri sendiri atau tidak. Apakah penting untuk mencintai diri sendiri?

Sejujurnya, kita pasti menjawab IYA, YES! Penting banget, tetapi ya sudah lah mau bagaimana lagi. Ini yang salah! Walau kita pernah mengambil jalan yang salah, tetapi tidak ada salahnya memperbaiki apa yang TIDAK BENAR dan menjadi BENAR. Nah, dikarenakan itulah mencintai diri sendiri adalah hal yang terbaik untuk menjalani kehidupan. Bagaimana caranya? Teman berada di artikel yang tepat, #HappyMonday ala Kiba akan membahas bagaimana cara mencintai diri sendiri. Biar kita tahu betapa berharganya diri kita dan kehidupan yang kita jalani.

Bersenang-senanglah Seorang Diri
 Me Time (waktu untuk diri sendiri) itulah yang disebut zaman now dengan Me Time; meluangkan waktu untuk diri sendiri. Nah, biasanya dalam Me Time tersebut kalau wanita lebih suka menghabiskan waktu ke salon. Kalau kaum pria lebih suka hang out bersama teman-temannya. Ada baiknya bagi kita untuk memiliki beberapa hari untuk diri sendiri. Keluar dari kegiatan atau aktivitas yang membosankan untuk menyenangkan diri sendiri.  



Bersenang-senang itu nggak mesti MAHAL koq, asalkan kita tahu cara untuk bersenang-senang. Kiba kasih tau versi Kiba ya.  Biasanya Kiba suka banget ME TIME dengan menonton film di bioskop. Bahkan Kiba pernah dalam sehari non stop di bioskop nonton dua film yang durasinya panjang. Bahkan Kiba matikan ponsel biar tidak ada gangguan orang yang nelp atau keinginan kepo di sosial media. Kiba benar-benar menikmati waktu Me Time di cinema. Selain nonton bioskop. Teman juga bisa melakukan me time dengan kegiatan atau hal yang baru yang belum pernah dilakukan koq.

Pelesiran Setahun Sekali
 
Tidak semua orang memiliki banyak uang untuk bisa pelesiran beberapa kali dalam setahun. Setidaknya berpergian setahun sekali juga sudah cukup koq untuk mencintai diri sendiri.  Ada baiknya kita keluar dari zona nyaman dan melakukan perjalanan seorang diri. Biasanya, dalam perjalan atau meninggalkan jejakcantik di suatu tempat baru; biasanya kita memahami bagaimana menghargai diri sendiri dan mencintai diri sendiri.



Meskipun ketika kita liburan tidak semua hal menyangkut tentang diri kita. Namun kita dihadapkan untuk mempelajari hal baru maupun budaya lain. Tidak hanya mengenai diri kita seorang saja.  Kegiatan pelesiran setahun sekali ini membantu kita keluar dari zona rutinitas.

Nah, teman sudah merencanakan tahun ini (2020) ingin berpergian kemana? Kalau Kiba masih ingin pergi ke museum angkut sama Jatim Park 2. Pasalnya waktu pergi masih belum puas bersenang-senang di sana. Tentunya, pelesiran bukan mesti naik kapal pesiar atau pergi ke luar negeri. Kalau teman tidak memiliki dana lebih untuk keluar kota. Teman bisa coba staycation beberapa hari di hotel atau di tempat yang indah yang masih berada di satu daerah dengan teman. 
 Maafkan Diri Sendiri Atas Kesalahan

Terkadang tanpa di sadari kita sering sekali berbuat salah, baik itu pada orangtua, teman, kekasih dan bahkan diri sendiri. Namun, bukan berarti kita berhak untuk menghukum diri kita terlalu lama dan hanyut dalam kesalahan yang dibuat. Namanya manusia SALAH ya nggak papa asal jangan diulang kembali. Lupakan kesalahan yang membuat kita menderita, dan apabila kita mampu melupakan kesalahan tersebut tandanya kita sudah berhasil memaafkan diri sendiri dan melupakannya.


Kiba tahu bagaimana rasanya dibayangi kesalahan masa lalu. Namun, bukan berarti kita takut untuk menghadapi dunia masa depan atau hari ini. Kesalahan membuat kita kuat untuk menghadapi hari esok, dan bukan membuat kita semakin terpuruk. Ingat pelajaran yang paling berharga di dunia ini adalah PENGALAMAN DIRI SENDIRI.

Surprise Diri Sendiri
Suka tidak memberi kejutan kepada orang yang dikasihi? Tentu saja ada rasa bahagia waktu mempersiapkan kejutan, dan berharap apa yang kita berikan adalah hal yang terindah yang mereka terima.  Kontek di sini sebenarnya sama, memberikan kejutan untuk diri sendiri sangat membantu untuk kita semakin mencintai diri sendiri.


Bukan memberikan hadiah diri sendiri pertama dan berlian. Namun hal-hal sederhana seperti mengatakan perkataan yang baik, tidak berpikir negatif dan menemukan kegiatan lain yang belum pernah dicoba.  Terkadang kita perlu mencoba keluar dari zona nyaman untuk bisa menghargai diri sendiri.

 Mulai Jurnal

Kiba masih ingat dan sampai sekarang Kiba memiliki buku harian. Nah, jurnal itu bisa juga berupa cerita hal-hal indah dan menyenangkan. Jurnal itu sebenarnya seperti buku harian dimana kita bisa menuliskan pikiran dan perasaan kita. Beberapa teman yang Kiba kenal sudah memiliki jurnal online dimana mereka mengeluarkan pendapat mereka dalam blog. Jadi, tidak ada salahnya membuat jurnal untuk lebih menghargai dan mencintai diri sendiri.

Take a break or rest
 
Robot aja butuh istirahat jika tidak bakalan rusak. Apalagi kita yang manusia, kita juga membutuhkan waktu untuk istirahat agar kita tidak sakit. Jika kita kurang beruntung untuk istirahat berarti teman masih belum memahami mencintai diri sendiri. Kita tidak boleh memaksakan diri sendiri kepada orang lain.


Nah, beristirahat adalah cara yang tepat untuk menghargai diri sendiri dan melakukan kegiatan baru. Tidak tergantung pada seseorang. Sebab, mencintai diri sendiri bakalan memberikan efek yang luar biasa indah dan berbahagia.


Salam dan Tetap Bahagia




Temukan Informasi menarik di blog yang dikelola Citra Pandiangan
Kerjasama, Kritik/Saran silahkan kirim ke email di  2travellife@gmail.com

1 comment

  1. kalo aku justru susahnya mencintai orang lain mbak, haha. btw makasih artikelnya, bermanfaat!

    ReplyDelete

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia

Cheaper hosting