Search This Blog

Thursday, 2 February 2017

Apakah Kesepian Berpengaruh pada Kesehatan?

Let’s Find Out Your Feeling

Kitabahagia.com- Mari ucapkan selamat datang di bulan Februari. Berhubung update blog Kitabahagia selalu jatuh pada Senin dan Kamis. Tidak ada salahnya Kiba menyambut hari kedua bulan Februari dengan artikel yang tidak kalah sebelumnya di Bulan Januari. Biasanya, bulan Februari identik dengan penuh cinta. Tapi, Kamis ceria ini Kiba mau membahas yang sedikit melow gitu.


Tahukah temans bahwa manusia adalah makhluk sosial yang mengadalkan keamanan, kenyamanan di dalam kehidupan kita. Walaupun begitu, terkadang sebagai manusia biasa kita kerap merasakan kesepian. Nah, kesepian itu sebenarnya buah dari pemikiran yang berkaitan dengan perasaan sedih ataupun tertekan terhadap diri sendiri dan bahkan merasa terputus dari dunia luar di sekitar kita.


 Kembali lagi Kiba ingatkan, setiap makluk hidup itu berbeda. Baik antara Kiba dan teman sekalian. Nah, level rasa kesepian setiap orang juga berbeda, tetapi patut diketahui kesepian telah menjadi epidemi yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia lho. Untunglah, kita masih tinggal di Indonesia yang tetangganya suka kepo. Jadi, nggak ada tuh rasa kesepian ya.


Namun bagi mereka yang merasakan kesepian di daam kehidupannya, kesepian kronis bisa menimbulkan resiko kesehatan yang serius lho temans. Sungguh nyata ya, pengaruh perasaan kesepian sangat berdampak pada kesehatan kita. So, di sini jika ada teman yang merasakan kesepian Awaiting moderation patut hati-hati ya. Waspadai kesehatan bisa bertambah buruk. Mau tahu, pengaruh dari rasa kesepian  kronis bagi kesehatan? Simak sampai tuntas ya ;)

Ini dia pengaruh kesepian pada kesehatan kita yakni:

Depresi Dan Bunuh Diri


Kesepian selalu dikaitkan dengan depresi, dan dengan demikian, faktor risiko untuk bunuh diri menjadi sangat besar.  Sebab orang yang kesepian merasa telah  terisolasi secara sosial dari masyarakat. Sehingga mempengaruhi kesehatan mentalnya. Apalagi ketika kita membutuhkan suatu  hubungan sosial tetapi tidak terpenuhi. Sehingga  perasaan mental dan bahkan secara fisik bisa mengalami gangguan. Jika kesepian atau merasa terisolasi dalam kehidupan sosial  dan tidak ditangani dapat menyebabkan peningkatan risiko depresi, perasaan tidak berharga, putus asa atau pikiran tentang bunuh diri sebagai pelarian dari situasi


 Kata Kiba: Normal jika kita merasakan kesepian beberapa waktu lalu. Yang biasanya kita memiliki banyak teman, tiba-tiba mereka seperti tidak peduli pada kita. Namun, jangan menutup lingkaran kehidupan karena teman lama tidak lagi mau berkawan. Melainkan buka lembaran baru dengan menjalani kehidupan baru yakni mencari teman baru. Dimana bisa mendapatkan teman? Di kegiatan sosial, komunitas atau bahkan saat jalan-jalan. Jadi, jangan sampai merasa kesepian yang kronis.

Penyakit Kardiovaskular Dan Stroke
Penelitian baru menunjukkan bahwa ada hubungan biologis kesehatan langsung antara menjadi kesepian dan kardiovaskular. Mau tahu apa itu Penyakit kardiovaskular? Kardiovaskular adalah penyakit gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Karena sistem kardiovaskular sangat vital, maka penyakit kardiovaskular sangat berbahaya bagi kesehatan. Ada banyak macam penyakit kardiovaskular, tetapi yang paling umum dan paling terkenal adalah penyakit jantung dan stroke.


 Menurut penelitian, kesepian mengarah pengerasan arteri (yang menyebabkan tekanan darah tinggi) sehingga menyebabkan peradangan jangka panjang dan kerusakan pada jaringan dan pembuluh darah dari jantung. Serta bisa meningkatkan risiko  serangan jantung, stroke, dan penyakit kardiovaskular lainnya. Jangan lupa, rasa kesepian kronis juga memberi peningkatan kadar hormon stres selama kesepian. Sehingga akumulasi endapan kolesterol di hati. Wah serem ya?

Baca juga: arti mimpi buruk


Kata Kiba: Tidak semua serangan jantung atau stroke akibat kesepian ya! Tetapi kebanyakan kasus di luar negeri yang merasakan kesepian bisa berdampak pada hormon stress yang meningkat dan juga endapan kolestrol. Sehingga membuat tubuh terasa lemah dan tidak bergairah untuk melakukan kegiatan apapun. Sehingga stroke dan serangan jantung bisa datang tiba-tiba. So hindari stress dan rasa kesepian akut.

 Gangguan Tidur


Ada hubungan erat antara kesepian dan tidur, dan bahkan satu menit perbedaan tingkat kesepian memiliki efek pada tidur. Orang yang terisolasi secara sosial mengatakan mereka memiliki kualitas tidur yang buruk, dan dengan demikian telah berkurang proses restoratif. Telah terlihat bahwa orang yang kesepian mengalami lebih banyak masalah dengan tidur dan gangguan  pola tidur ini dapat memiliki dampak yang signifikan pada kemampuan untuk berfungsi dalam kehidupan sehari-hari.


Kata Kiba: Jangan sampai tidur teman tertidur karena rasa kesepian. Biasanya ini rasa kesepian di malam hari ini, timbul bagi yang putus cinta atau ditingal pergi orang yang dicintainya baik perceraian maupun perpisahan kematian. Perbedaan malam yang biasanya berdua dan kini sendiri menimbulkan rasa tersisolasi dalam diri sendiri baik secara sadar atau tidak. Jadi, bagaimana menghilangkan rasa kesepian dengan berpikir bahwa esok lebih baik.

 Sistem Kekebalan Tubuh          


 Ada dukungan yang berkembang untuk pandangan bahwa variabel psiko-sosial dapat memiliki efek pada sistem kekebalan tubuh. Kesepian telah terbukti menjadi modulator kuat dari proses kekebalan tubuh. Misalnya, kesepian telah dikaitkan dengan aktivitas sel pembunuh alami lebih rendah (NK) dan tingkat yang lebih tinggi dari antibodi EBV. Dengan kata sederhana, kesepian dapat  menyaring sistem kekebalan tubuh.

Kondisi Kesehatan Mental


Terlepas dari peningkatan risiko depresi, kesepian menyebabkan serangan kecemasan, paranoia, atau panik. Studi penelitian menemukan bahwa kesepian dikaitkan dengan penurunan kognitif dipercepat pada orang dewasa yang lebih tua. Dengan demikian, kesepian juga dapat meningkatkan risiko Alzheimer di kemudian hari.

Baca juga: Filosfi kehidupan

Nah, masih mau merasakan kesepian? Tentu saja tidak bukan. Kamis depan bagaimana mengatasi kesepian yang bisa merusak kesehatanmu. Jangan lupa follow kitabahagia.com untuk mendapatkan info kebahagiaan selalu bersama Kiba tentunya dan tips and trick keren #HappyMonday lho....



Salam dan Tetap Bahagia

 



Jangan lupa berkunjung juga ke kotacinta dan  Blog Rumpi   temukan artikel menarik lainnya

 




2 comments:

  1. Nggak banget kalo sampai bunuh diri :)

    ReplyDelete
  2. kalau kesepian, call mas aja mbak . heheheh (kidding)

    ReplyDelete

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia


Follow by Email

Teman yang Bahagia

Google+ Followers

Subscribe