Search This Blog

Monday, 23 January 2017

Tips Tidur Sehat

Nyenyakan Tidur Teman untuk Hidup Sehat
 

Kitabahagia.com- Taukah temans jika kita memiliki kebiasaan tidur sehat bisa membuat perubahaan besar dalam kualitas hidup kita. Nah, bagi yang memiliki kebiasaan tidur larut malam dan sebagainya atau terbangun tengah malam. Keesokan harinya Kiba bangun dengan badan yang pegel dan tidak nyaman.


Taukah, temans memiliki kebiasaan tidur yang sehat  disebut juga  memiliki kebersihan tidur yang baik. Karena itu, temans perlu mencoba dan mempraktikan hidup sehat secara konsisten. Nah, temans tidak salah berkunjung di hari senin ini. Sebab, kita akan masuk dalam #HappyMonday Tips and Trick ala Kiba.


Nah, ada beberapa langkah yang bisa temans dan Kiba praktikan dalam kehidupan kita sehari-hari. Mau tahu? Mau dong! Kiba akan beri tahu caranya untuk mendapatkan tidur nyenyak dan sehat secara rutin.


#JADWAL
Paling penting dalam kehidupan kita untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik yakni dengan membuat jadwal tidur yang rutin. Mulai dari jadwal rutin waktu tidur dan bangun. Bahkan di akhir pekan, kita tidak boleh bermalas-malasan bangun siang. Mau tahu alasannya, hal itu membantu untuk mengatur jam tubuh kita dan dapat membantu kita tertidur dan tetap tidur ketika malam datang.

  

Tidur Nyenyak Kiba: Tahun 2017 Kiba telah membuat rencana tidur sesuai jadwal. Awalnya susah banget, tetapi lama-lama terbiasa. Nah, sempat seminggu tidak dilakukan! Tapi bulan Februari mendatang akan dilaksanakan tidur jam 10.30 malam setiap malam dan bangun tidur sekitar pukul 04.30 pagi. Sebab, menurut pakar penulis handal, menulis pagi itu sangat luar biasa..

#RITUAL TIDUR SANTAI
Tahukah temans kegiatan rutin santai sebelum tidur bisa dilakukan. Caranya santai yakni dengan mematikan lampu-lampu terang agar temans bisa membantu rutinitas jadwal tidur kita. Sebab dengan membuat  waktu tidur terpisah dari berbagai kegiatan akan membantu kita merasa riang. Sebab, stres atau kecemasan dapat membuat kita lebih sulit tertidur.


 Baca juga: Cara mengubah hidupmu

 Tidur Nyenyak Kiba: Saat ini Kiba mulai melakukan ritual tidur santai, rasanya aneh awal mula mencoba. Nah, Kiba mulai dengan mematikan ponsel, matikan lampu, tutup pintu dan pasang AC atau kipas. Ternyata mematikan lampu dan ponsel sangat bermanfaat lho. Sekarang Kiba bisa tidur nyenyak.

#HINDARI TIDUR SIANG
 Jika temans memiliki kesulitan tidur yang wajib temans lakukan yakni hindari tidur siang, terutama di sore hari. Kekuatan tidur siang dapat membantu temans melewati hari, tetapi jika temans menemukan bahwa temans tidak bisa tertidur pada waktu tidur, menghilangkan  NAP singkat di siang hari dapat membantu temans bisa tertidur di malam hari.


Tidur Nyenyak Kiba: Wah, kiba suka tidur siang lho sebab Kiba kan lagi kerja freelance jadi semua kerjaan bisa diatur dan disesuaikan. Tidak ada salahnya lho tidur siang 15 menit saja untuk merecover otak dan badan agar tetap sehat.

#LATIHAN SETIAP HARI
Olahraga berat adalah yang terbaik, tetapi  latihan ringan lebih baik daripada tidak ada kegiatan. Latihan  setiap saat pada waktu siang atau sore hari,  tidak dengan mengorbankan tidur temans.
Tidur Nyenyak Kiba: Terus terang saja, Kiba olahraganya hanya jalan 10 menit saja. Mudahan bulan depan Kiba bisa mendaftar jadwal gym di salah satu gym terbaik di tempat tinggal Kiba. Sebab olahraga itu juga sangat baik. Apalagi Kiba sedang #fatty woman neh.


#EVALUASI KAMAR TIDUR
Taukah temans bahwa desain lingkungan tidur temans bisa untuk membantu kondisi yang temans butuhkan untuk tidur. Kamar tidur temans harus menjadi dingin dengan suhu antara 60 dan 67 derajat. Kamar tidur temans juga harus bebas dari kebisingan yang dapat mengganggu tidur temans. Akhirnya, kamar tidur temans harus bebas dari cahaya. Periksa kamar temans untuk suara atau gangguan lainnya. Sebab, itu  termasuk gangguan tidur  seperti temans tidur mendengkur. 


 #TIDUR DI KASUR DAN BANTAL YANG NYAMAN
Tahukah temans, apabila temans tidur di kasur yang nyaman dan bantal. Pastikan kasur temans nyaman dan mendukung. Yang temans telah menggunakan selama bertahun-tahun mungkin telah melampaui harapan hidupnya, Maka ada baiknya mengganti kasur dan bantal agar bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik.


Tidur Nyenyak Kiba: Kamar Kiba itu kecil banget, meskipun tidak bisa memindahkan posisi atau merecover design kamar tidur. Setidaknya Kiba mengganti seprai seminggu sekali. Memilih bantal yang nyaman tuk kepala kiba dan guling tuk di peluk. Enak deh tidur Kiba.

Nah, diatas adalah tips and trick #HAPPYMONDAY ala Kiba. Tidak terasa ya ini memasuki minggu ke tiga di bula Januari 2017. Semoga temans bisa tidur nyenyak dan sehat pastinya. Sebab, tidur nyenyak memang dibutuhkan bagi kita semua termasuk Kiba.


Salam Bahagia



6 comments:

  1. Ya ampun, tidurku sama asekali nggak terjadwal. Tapi mau tidur semalam atau segasik jamnya. PAgi subuh itu tetap bangun, mau ngantuk, mau semangat, mau capek. Pokoknya pagi selalu bangun pagiii bingit Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi sama mbak dulu gak pernah terjadwal. Skrg sudah mulai terjadwal. Klo mbak mana bisa, lha suami mbak pulang kerja tak menentu hihihi

      Delete
  2. Tidurku sumpah ga teratur banget mbak. Sebenarnya mau terjadwal tapi apa daya tugas-tugas menumpuk. Btw, saya salah fokus sama gambar cowok yang ada di kasur..Haha

    ReplyDelete
  3. Lagi kambuh insomniaa beberapa minggu terakhir ini mbak. Udah dicoba untuk tidur dengan memejamkan mata tp pikiran masoh kemana-mana alhasill susaah buat tdur. Hikss

    ReplyDelete
  4. @ Mbak Ribka
    Dulu aku juga seperti itu mbak, tugas diselesaikan sampai larut malam dan bahkan baru tidur jam 3 malam. Nah, terus berjanji deh dengan diri sendiri harus membuat perubahan dalam hidup di tahun 2017. Jadi, buat jadwal paling lambat kalau banyak kerjaan jam 12 harus sudah tidur hihi paling cepat jam 11.

    @mbak Kucky
    Insomniaaa itu bisa jadi karena ada yang mbak pikirkan lho. Kalau aku susah tidur cara termuda dengan mematikan ponsel, lampu dan setel suara ombak dan mengosongkan pikiran mbak.... langsung deh bisa tidur

    ReplyDelete
  5. Wah tos Kiba! Aku juga lagi nerapin bobo cantik jam 9 nih biar bisa bangun setengah 4an. Mau nulis dengan tenang. Nulis pagi-pagi itu emang joss banget lah. Lancar jaya. Susahnya itu ya bangunnya itu loh. Perjuangan banget. Kudu dibiasain. :D

    ReplyDelete

Hi Terimakasih Sudah bersedia mampir di Kitabahagia.com Tinggalkanlah jejak manis agar kiba bisa berkunjung balik. Asalkan jangan memberikan link hidup dan spam ya... Salam Bahagia


Follow by Email

Teman yang Bahagia

Google+ Followers

Subscribe